Senin, 01 April 2019

PELABUHAN SIBOLGA URAT NADI PELAYARAN DI PERAIRAN SUMUT.

NusanTaRa.Com
byMcDonalDBiunG, 20/03/2019



"  Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga pada hari ini, terima kasih wasallamuallaikum warrahmatullah wabarokatuh  ",  Ujar  SiDin Jokowi  dalam pidato peresmian  Pelabuhan Sibolga, Minggu (17/3/2019).


Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Sibolga, Sumatera Utara, pada Minggu (17/3),  secara langsung meresmikan operasional terminal penumpang dan dermaga Pelabuhan Sibolga yang digadang-gadang menjadi pelabuhan terbesar di Pantai Barat Sumatera Utara.    Pengembangan pelabuhan Sibolga yang telah di mulai sejak Agustus 2016,  menurut Jokowi digadang untuk mendorong percepatan konektivitas antar pulau dan pemerataan ekonomi  melalui transportasi laut yang menggunakan pelabuhan ini. 

"  Saat saya ke Sibolga tahun 2016, jalan-jalan masih berlubang dan fasilitas pelabuhan belum memadai. Sekarang sudah berubah signifikan. Saya menyambut baik penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga, terutama kapasitas angkutnya yang naik signifikan sehingga kapal besar sudah bisa sandar  ",   Ujar SiDin Jokowi.   Jokowipun mengatakan bahwa,   "  Selain itu, Ferry dan Kargo juga terpisah. Ini tentu sangat efisien. Semoga perekonomian Sibolga dan Sumatera Utara terus tumbuh  ".  

Pembangunan ini telah meningkatkan Pelabuhan Sibolga  dari “ Kapasitas kontainer yard nya sekarang mencapai 20 ribu TEUs per tahun meningkat sangat drastis sekali dari tahun-tahun sebelumnya.  Kalau dulu ukuran kapal yang dapat sandar hanya sampai 2 ribu GT tapi sekarang telah ditingkatkan sampai kapasitas ke 6 ribu GT yang bermakna bahwa kapal-kapal besarpun  telah bisa bersandar di sini.   "  Terminal penumpang, dulu hanya 80 orang sekarang bisa menampung 500 orang, Alhamdulillah  ", Ujar SiDin Jokowi. 

Pelabuhan Sibolga setelah pembangunan ini diharapkan dapat meningkatkan perannya dalam meningkatkan pungsi Tol Laut di kawasan tersebut, dengan adanya peningkatan kapasitas yang meliputi,  Terminal penumpang di Pelabuhan Sibolga memiliki luas 2.786 m2 dengan kapasitas sekitar 500 orang,   Dermaga Multipurpose memiliki panjang 153 m dengan lebar 33,5 m dan Panjang tambatan 250 meter dan  untuk Dermaga Ferry, panjang tambatan 198 meter serta ditambah dengan fixed crane kapasitas 40 ton.

Banyak fasilitas lain yang dibangun turut memanjakan penumpang juga tersedia di pelabuhan yang bercitarasa bandar udara (bandara) ini, seperti adanya skybridge yang menghubungkan terminal penumpang menuju dermaga.  Serta tersedianya ruang tunggu yang luas,  ruang menyusui,  karantina,  imigrasi, serta ruang VIP dan sejumlah fasilitas lainnya.  Adapula rooftop di bagian atas pelabuhan, yang dialasi dengan rumput sintetik dan dari sana kita bisa menikmati  pemandangan yang indah disekitarnya.

Jokowi dalam acara peresmian pengembangan Pelabuhan Sibolga  untuk mengakomodir peningkatan jalur Logistik barang dan Jasa, didampingi Ibu Negara Iriana, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wali Kota Sibolga, dan Tokoh Sibolga Akbar Tanjung, serta jajaran PT Pelindo.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno meminta kepada semua BUMN untuk terus meningatkan perannya dalam hal peningkatan pemerataan ekonomi melalui ketersediaan infrastruktur yang memadai.     Saya bangga pengembangan pelabuhan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi telah dilakukan oleh Pelindo I. Pelabuhan Sibolga saat ini sudah jauh lebih bagus dibandingkan dengan sebelumnya, fasilitas sudah memadai.  Ini yang terus saya dorong bagaimana BUMN terus meningkatkan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.  Semoga ini dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna jasa  ", Ujar SiGaluh Menteri Rini.   Pengembangan dan pembangunan Pelabuhan Sibolga ini meliputi  perluasan dermaga peti kemas dan general cargo, perluasan dermaga ferry 400 m2, pembangunan container yard, perkuatan dermaga, trestle dan breasting dolpin , serta pemasangan crane dermaga kata SiGaluh Rini.

  Sudah 100 % siap dioperasikan. Kami optimistis, ke depannya, Pelabuhan Sibolga ini mampu membawa multiplier effect yang luar biasa bagi perekonomian sekaligus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara  “, Ujar SiDin Bambang Eka Cahyana Direktur Utama Pelindo I dan menurutnya juga bahwa Pelabuhan Sibolga ini bisa memberikan multiplier effect.

    
Hang Jebat berdiri tegak di Haluan,
Pelabuhan Sibolga di pantai barat jadi pusat pelayaran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...