Sabtu, 27 April 2019

FESTIVAL BORDERFEST NUNUKAN 2019, MENGUATKAN KUNJUNGAN WISATA DAN EKONOMI KERAKYATAN.

NusanTaRa.Com
byLaSikUAgaY, 28/04/2019



Dengan mengucap    Bismillah hirrahmanirrahim, Festival Bordefest Nunukan  27 – 28 April 2019  saya nyatakan resmi dibuka  “, Ujar SiDin Drs, Servianus Sekda Kabupaten Nunukan mewakili Bupati Nunukan.    Pembukaan Festival BorderFest Nunukan 2019 yang dipusatkan di Stadion Dwi Kora SeiSembilang Nunukan dihadiri  Bapak Prof. I Gede Pitana MSi dari staff ahli Kementerian Pariwisata dan Budaya RI, Majelis Perbandaran Tawau Malaysia, Staf Konsulat RI Tawau, Kepala Dinas Pariwisata Prov. Kalimantan Utara, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Nunukan, Kepala Dinas SKPD Nunukan dan dihadiri sekitar 1.500 orang warga Nunukan.

Festival BorderFest  Nunukan 2019 bagian dari Program “ Wonderfull Indonesia “ yang dikelola Kementerian Pariwisata RI bertujuan untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan manca Negara dan Wisata Domistik yang mengunjungi objek wisata di daerah dan Indonesia bagi peningkatan pendapatan Negara.     Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan yang terkait wisata dan mengukuhkan ekonomi rakyat   “, Ujar SiDin I Gede Pitana dalam sambutannya.


Fitria Caroline
Penyelenggaraan Festival BorderFest Nunukan 2019 mengangkat ekonomi kreatif dan Budaya masyarakat Nunukan sebagai sarana pengembangan ekonomi masyarakat yang disajikan dalam pameran dan pementasan yang diikuti dari berbagai etnis dan kelompok masyarakat.   Dalam acara ini diselenggarakan Kesenian daerah, Pameran berbagai kerajinan, Pertandingan Olah raga (Putsal, Basket), Pentas Hiburan, Pertunjukan musik daerah dan Kuliner-kuliner Daerah.

Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Sekda,  mengucapkan terima kasih pada pihak Kementerian Pariwisata dan Budaya RI yang telah mempercayakannya untuk menyelenggarakan Festival ini yang kedua kalinya, karena kegiatan ini bagian dari kegiatan Wonderfull Indonesia yang dilaksanakan di beberapa titik di Indonesia, dengan harapan kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan daerah dan mengukuhkan ekonomi kerakyatan khususnya ekonomi kreatip.   Penyelenggaraan didaerah perbatasan di anggap sangat startegis dalam menggali potensi Wisatawan dari negeri Jiran dan Wisatawan Domistik yang ada diwilayah perbatasan serta Nunukan mememiliki banyak titik perbatasan yang strategis.

Kementerian Pariwisata dan Budaya RI dalam penyelenggaraan  “ Wonderfull Indonesia “ diseluru Indonesia sekitar 146 titik dan sebagian berada di wilayah perbatasan yang dianggap potensi dalam menggali devisa Negara dan mengukuhan kesatuan Negara Indonesia dengan meningkatkan rasa cinta pada NKRI.   Beberapa daerah peratasan Indonesia yang turut memeriahkan penyelenggaraan Wonderfull Indonesia Kota Sabang, Pangkal Pinang, Natuna, Sambas, Entikong, Nunukan, Sangihe, Skow, Merauke, Atambua dan lain-lainnya.

 Festival selama dua hari ini menyelenggarakan Panggung gembira yang diadakan di Stadion Dwi Kora Nunukan dengan di hibur artis ibukota Fitria Carolina dan Lilis Darawangi yang didatangkan langsung Pihak Keementerian.   Malam 27 April 2019 semalam Panggung gembira dihibur artis Fitria Carolina yang sempat nyanyi bareng dengan segenap jajaran Penyelenggara dari Kementerian dan Pemkab Nunukan, hal menjadi sangat semarak ketika Goyang dua jari dan Maumere menghentak pentas di ikuti para penonton yang turut berjoget.

Sejatinya acara ini hanya berjalan dua hari yaitu 27 – 28 April 2019, tapi sebelumnya sejak tanggal 20 April 2019 acara ini telah berjalan yang dirangkaikan dengan beberapa kegiatan diantaranya ;  -Festival Musik Rock se Kaltara piala Kapolres, -NTT Night perform,  -Turnamen Futsal  CrossBorder Nunukan 2019,  -Turnamen Bola Basket Crossborde Nunukan 2019,  -Festifall panggung hiburan,  - Jalan sehat (Hardiknas 2 mei 2019),  -Pentas Musik Daerah 2019,  -Zumba Dance,  -Bazzar food and Clothing UMKM Nunukan,  -Stand Kuliner Nunukan,  -Tarian Daerah  dan  -PUSAKA NIGHT Perform.




Sampe dipetik anak Lembudut,

BorderFest Nunukan 2019 memajukan wisata ekonomi rakyat.

1 komentar:

  1. Peta budaya menuju kesatuan sikap mencapai kesuksesan bersama ......... Nunukkan Boleh bahhh

    BalasHapus

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...