Minggu, 21 April 2019

SEPUTAR PENYELENGGARAAN PEMILU 2019 DI LUAR NEGERI.

NusanTaRa.Com
byPakeLee, 20/04/2019

Situasi pemilu 2019 di Selangor Malaysia

Pesta demokrasi tentunya tidak saja dirasakan warga Negara Indonesia yang ada di dalam negeri,  untuk menentukan Presiden dan wakil Presiden 2019-2024 tapi juga  dirasakan warga Indonesia yang ada di luar negeri yang tentunya pengelolaannya di bawah Kedutaan Besar RI di negara masing-masing.    Kronik persoalan seputar pemungutan suara di luar negeri diwarnai sejumlah persoalan, sperti,  ratusan orang tak bisa ikut Pemilu di Sydney, Australia,  Kertas pemilu yang telah tercoblos sebelum pemilu di Selangor, Malaysia,  Ahok marah-marah di Osaka, hingga pengurangan TPS di Malaysia.

Pemungutan suara di luar negeri ditetapkan mulai 8 – 14 April 2019  lebih cepat dari pemungutan suara di Indonesia pada 17 April 2019 sebagaimana ketetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pemungutan suara di luar negeri dihelat sejak 8-14 April 2019.  Tapi penyelenggaraan  penghitungan suara hasil pemilu di luar negeri tetap dilakukan serentak pada 17 April 2019.

Pemilu 2019 yang di selenggarakan di Luar Negeri diikuti 2.086.285 pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap hasil perbaikan tahap 3 (DPThp 3) yang disusun KPU.   Penyelenggaraan pemilu 2019 di luar negeri diselenggarakan di 98 negara dan pihak KPU telah membentuk 130 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan PPLN menyediakan tiga opsi pemungutan suara yaitu ;   Pertama lewat 789 TPS luar negeri yang dibuka satu hari saja. Kedua, melalui 2.326 Kotak Suara Keliling (KSK). Ketiga, pemungutan suara lewat 426 jalur pos,  yaitu setelah dicoblos pemilih bisa mengirimkan surat suara ke alamat PPLN di negara masing-masing.


SBY memilih di Singapura
 Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo- Ma'ruf Amin unggul di 35 negara dari  98 negara yang menyelenggarakan Pemilu 2019 RI,  data tersebut diungkapkan Ketua Kelompok  Kerja Pemilu Luar Negeri  (Pokja PLN) Wajid Fauzi namun masih berupa data sementoro.    "  Data ini belum termasuk hasil kotak suara keliling (ksk) dan pos  ", Ujar SiDin Wajid, Rabu (17/4/2019) dan ia merinci secara rinci  angka  sebagai Jokowi meraup 14.550 suara  sementara  Prabowo 4.376 suara.

Ke 35 negara penyelenggara yang  di rekab tersebut adalah ;  Addis Ababa, Beijing, Cape Town, Ho Chi Minh, Moskow, Mumbai, Osaka, San Francisko USA, Paris, Oslo, Melbourne, Pyong Yang, Roma, Iran, Malaysia, Taiwan dan lainnya.  Di TPS Melbourne, Australia  Jokowi-Ma’ruf Amin berhasil meraih kemenangan telak dengan berhasil mengumpulkan 6573 suara sementara saingannya Nomor 02 hanya sukses meraih  802 suara.


Pemungutan suara di Malaysia diwarnai beberapa peristiwa,  Pertama soal ditemukannya surat suara tercoblos di  rumah toko (ruko) kosong di Selangor, Malaysia.   KPU memastikan surat suara itu tidak akan dihitung,   "  Dianggap tidak ada. Sampai sekarang (surat suara) tidak dihitung. Itu saja. Itu juga tidak tahu surat suara siapa. Kami tidak diberi akses oleh Polis Diraja Malaysia  ",  Ujar SiDin Ilham Saputra  komisioner KPU.  


Kedua pengurangan jumlah TPS karena persoalan izin berakibat antrean panjang saat pemilu.   Semula ada 255 TPS di Malaysia, KPU lalu menguranginya menjadi 89 lokasi dan sehari sebelum pemungutan suara KPU merubahnya menjadi hanya tiga yaitu  di KBRI Kuala Lumpur, Wisma Duta, dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL).   "  Pembuatan TPS di luar negeri itu tidak segampang di Indonesia. Di LN (luar negeri) kita membuat TPS di perwakilan Indonesia dan tempat lain yang bisa mendapatkan izin dari pemerintah setempat di LN  ", Ujar SiDin Evi Novida anggota KPU, Evi Novida.

WNI di San Fransisco bahkan mengikuti pemilu sampai 100 persen,   "  Hingga selesainya pemilihan, jumlah pemilih yang telah memilih melalui TPS di KJRI San Francisco berjumlah 423 orang dengan rincian DPT sebanyak 199 orang; DPTbLN sebanyak 87 orang dan DPK sebanyak 137 orang. Pemungutan suara oleh DPK dilaksanakan dari pukul 17.30 hingga surat suara habis. Sehingga surat suara terpakai 100%  ", Ujar Susapto Anggoro Broto Kepala Sekretariat PPLN San Francisco.

Di Osaka Japang, Ahok sudah tercatat dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), sempat terjadi insiden beliau dikabarkan marah-marah di TPS, menurut ketua PPLN Osaka, Anung Wibowo, itu lantaran salah paham.  Mantan Presiden RI,  Susilo Bambang Yudhoyono melaksanakan pemilihan 2019 di Sangapura setelah terdaftar sebagai peserta pemilih tambahan, keberadaan beliau disana tentunya sehubungan dengan kesehatan isteri beliau ibu Ani Yudoyono yang lagi berobat disana.   "  Ibu telah melakukan pemilihan di rumah sakit dengan didatangi petugas pemilu di Singapura  ", Ujar SiDin SB Yudoyono.

Untuk daerah pemilihan IRAN pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin meraup 90,91 persen suara, unggul telak atas paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang hanya memperoleh 9,09 persen dari total suara sah, Rabu 17/4/2019 pukul 11.30 Waktu setempat or 13.30 WIB.  Partisipasi WNI di Iran dalam mengikuti Pemilu 20119 sangat tinggi,     Tingkat partisipasinya 97,7 persen yaitu 259 daftar pemilih tetap (DPT) yang menggunakan hak pilihnya dari total 265 pemilih  ”, Ujar SiDin  Herry Supryono Ketua PPLN  Teheran. 
  
Markonah jadi  TKI  Pembantu,

WNI di Luar Negeri tahun 2019 ikut Pemilu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...