Sabtu, 13 April 2019

DEBAT KELIMA CAPRES-CAWAPRES TAHUN 2019 MELAHIRKAN GAGASAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN YANG MERATA.

NusanTaRa.Com
byKariTaLa  LA, 14/04/2019



Debat Kelima Capres – Cawapres Pemilu 2019 yang berlangsung Sabtu, 13 April 2019 Jam 20.00 antara pasangan No. 01 – Jokowi-Ma’ruf Amin dengan No. 02 – Prabowo-Sandiaga, berlangsung seru dan sukses,  masing-masing kubu beradu gagasan atau ide sesuai thema yang ditetapkan panitia.   Debat pemilu 2019 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia tersebut sebagai satu wujut kampanye bagi peserta pemilu dengan mengadu gagasan dan ide setiap peserta jika terpilih nanti, dan ini tentunya juga bagi pemilih menjadi satu ukuran bagi mereka untuk memilih siapa nanti, berdasarkan gagasan dan ide yang sesuai dengan mereka.



Babak pertama debat Capres-Cawapres 2019 dimulai dengan pemaparan Visi dan Misi di pandu pembawa acara Tony Restanto dan Balques Manisang, bagi setiap peserta selama menjalankan pemerintahan jika terpilih menjadi pemenang dipemilu tersebut.   Pasangan No. 02 Menginginkan agar kekayaan bangsa yang melimpah tidak seenaknya dinikmati bangsa asing dan dibawa keluar negeri tapi sepenuhnya dinikmati  bangsa Indonesia  dengan pemandirian pengolahan dan Industri dalam negeri diikuti dengan pembukaan lapangan kerja bagi rakyat yang akan meningkatkan kesejahteraan rakyat.   Sedang Panelis 01 memaparkan Visi dan Misinya, Pembangunan yang ingin dicapai tidak hanya pada pertumbuhaan ekonoomi yang tinggi tapi terciptanya pemerataan pertumbuhan yang dapat dinikmati para petani, Nelayan, Buruh, Usaha kecil dan seluruh komponen bangsa  sehingga Kemandirian bangsa, kesejahteraan dan keadilan social dapat terwujut.



Menanggapi pertanyaan Panelis pada babak ke dua  terkait semakin menurunnya tingkat kesejahteraan para petani dan nelayan sehubungan dengan semakin menurunnya produk dan nilai produk mereka, Apa strategi saudara untk menjaga produk dan harga produk mereka dapat semakinn membaik ?.   Strategi kedepan ekonomi hilir dan industrialisasi dikembangkan yang banyak melibatkan pelaku ekonomi dan meningkatnya produk ekspor bahan olahan jadi dan setengah jadi dan penggalakan ekonomi digital yang memudahkan komunikasi bagi pelaku usaha dan konsumen secara luas ujar Jokowi-Ma’rup pada sesi pertama.  



Prabowo menanggapi strategi Pasangan No. 01,  Realita dari program pemerintah hingga  Bapak Jokowi selama memerintah empat tahun lebih yang bertujuan untuk meningkatkan Industrialisasi bagi mencapai kesejahteraan bangsa, namun nyatanya bahwa pengembangan Infrastrukturlah dengan berbiaya tinggi yang selama ini bapak kembangkan, yang terasa belum effisien, hasil kurang dinikmati rakyat dan terkesan pemboronsan.    Bagi Jokowi Pembangunan Ekonomi dan pemerataan kesejahteraan social bukan sesuatu yang bisa diwujutkan dalam satu atau dua hari saja alias Instant, karena pembangunan ekonomi itu meliputi Ekonomi makro dan ekonomi mikro.  Pembangunan ekonomi mikro mungkin saja bisa dipenuh dalam program singkat terkait pemasaran, produksisasi barang dsbgnya tapi ekonomi makro melayani pertumbuhan skala besar dan panjang yang tentunya membutuhkan pengembangan persiapan jangka panjang menyongsong ekonomi erra kedepan sehingga infrastruktur jalan diharapkan dapat mendukung arus ekonomi dimasa depan yang harus dibenahi mulai sekarang.    



Menanggapi pertanyaan Panelis, Bagaimana strategis bapak terhadap  peran wanita  dalam mendukung pertumbuhan ekonomi sehingga pembangunan dapat tercapai ?.   Bagi Prabowo peran wanita dalam pembangunan sangat penting dan pital sehingga peran wanita perlu diberdayakan sebagai penyuplai angkatan kerja yang cukup tinggi dan penyokong ekonomi keluarga yang besar, Sandiaga, menambahkan kesetaraan gender harus lebih dikembangkan agar wanita lebih berpeluang dalam pembangunan yang memiliki angkatan kerja 4,5-11 juta jiwa.  Bagi Sandiaga ada tujuh langkah pemberdayaan wanita 1. Mendapatkan kerja, 2.  Pelatihan,  3.  Pendampingan,  4.  Perizinan,  5.  Pemasaran,   6.  Administrasi keuangan dan  7. Akses permodalan.



Menanggapi tingkat Keuangan dan investasi dan pendapatan yang masih beraada di teks rasio sekitaran 10 %,    mengurangi tingkat kebocoran penerimaan Negara yang berkisar 16 % dengan komputerisasi sehingga informatika, technologi dan keterbukaan ditingkatkan, meningkatkan rasio pajak tapi mengurangi pajak usaha kecil dan menggalang investasi dengan produk minimal setengah jadi untuk pasar LN Ujar Pasangan 02.   Bagi pasangan Jokowi, Tex Amnesti tentunya akan menjadi kebijakan yang akan menguatkan keuangan Negara dengan kembalinya uang dari luar negeri kedalam negeri, peningkatan reformasi pajak sebagai sumber keuangan Negara dan menggalakkan Investasi dari pengusaha dalam negeri.


 Cukup menark pada pembahasan perdagangan dan Industrialisasi yang banyak mengarahkan pada produk usaha Syariah yang sangat trend saat ini.   Pembentukan usaha dan keuangan syariah terus ditingkatkan dengan sekmen pasar Indonesia yang terbilang besar di dunia dengan pematangan Kelembagaan, Pelayanan dan dipersifikasi produk yang islamik sehingga membentuk market friendly serta standart halal yang semakin terakreditasi dibidang keuangan, asuransi, jasa wisata dan barang Ujar jawaban pasangan No. 01.   Kami berusaha menjadi Negara pengekspor produk syariah terbesar bukannya pengimpor seperti saat ini serta meningkatkan daya dukung ekosistem syariah yang kuat sehingga pemasukkan sekitar 3,6 trilliun sector ini terwujut, serta penyeraapan tenaga kerja dan pematangan ekosistem yang mumpuni.


Dalam sesi Debat Terbuka pasangan No. 01 mempertanyakan Apa yang bapak Prabowo lakukan dalam rangka pengembangan Ekonomi Digital  ?.   Escort dalam ekonomi digital kita kembangkan menjadi ekonomi dunia dengan stratei Transpafaransi dan dorong kuat dari romorentah melaluii Fasilitasi, Pelatihan dan pemantapan Ekosistem berujung lapangan kerja bagi anak muda,  dan produk digital ini harus diarahkan ke ekonomi Petani, Nelayan, Buruh, Usaha kecil dan Honor meningkatkan ekonomi mereka.  Ketika giliran pasangan No. 02 bertanya denganpertanyaan, Ekonomi digital dan neraca perdagangan Indonesia masih tekor dan banyak dibanjiri barang luar negeri, Bagaimana strategi saudara Jokowi agar neraca perdagangan kembali sempurna ?.   Singkatnya kita harus merebut substantip peluang itu melalui memproduksi sendiri barang Import tersebut, Repritisiasi perusahan seperti Minyak dan gas menjadi lebih besar kepemilikann Indonesia sehingga mengurangi deficit perdagangan untuk kita serta pengembangan Industri hilir dari bidang Gas, Minyak dan pertambangan lain.



Kemajuan Ekonomi dan Kesejahteraan  masyarakat dengan reformasi structural  dan lebih meningkatkan substantip pembangunan infrastruktur yang mendukung kesejahteraan dn jaminan social jadi ungkapan pasangan Prabowo-Sandiaga di sesi  pernyataan pada penutup.  Pasangan Jokowi-Ma’ruf Untuk menjadi Negara maju kita jangan kufur nikmat, jangan takut pada tantangan dan kesulitan tapi kita harus terus menantang semua itu bersama-sama seluruh rakyat Indonesia menuju sukses, menutup acara Debat kelima Capres-Cawapres tahun 2019.


Ma’ruf Amin-Sandiaga para cawakil 2019 yang keren,

Debat kelima Capres-Cawapres tahun 2019 dengan gagasan brellien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...