Kamis, 11 Januari 2024

BERSIAP PANDEMI JILID 2, COVID-19 KOMBALI MENYERANG DIAM – DIAM !!!

NusaNTaRa.Com   

byIndaHPalloranG,       J  u  m  a  t,    1   5     D  e  s  e  m  b  e  r     2  0  2  3       

Masyarakat Indonesia di anjurkan bermasker saat keluar Pandemi akan kembali

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melaporkan kasus aktif penularan virus COVID-19 siri ke dua saat ini di Indonesia mencapai 1.499 kasus aktif,  sebagaimana diketahui  dari data Kemenkes di laman Infeksi Emerging per Kamis, 14 Desember 2023 pukul 16.00 WIB.   Ternyata pemerintah sudah menyiapkan tindakan preventif terkait serangan COVID-19 siri ke dua ini. Meningkatnya tren COVID-19 di Indonesia sejak pekan ke-41 atau periode 8-14 Oktober 2023, Kemenkes pun mulai bergerak dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Lonjakan Kasus COVID-19.

Siti Nadia Tarmizi, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI  mengatakan, surat edaran ini berisi tentang imbauan kepada seluruh fasilitas kesehatan masyarakat mulai dari Puskesmas, Laboratorium, hingga Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Kepala, Direktur RS, Kepala Puskesmas, serta Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di seluruh Indonesia.   "  Surat edaran untuk meningkatkan kewaspadaan bagi pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, laboratorium kesehatan masyarakat, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan para pemangku kepentingan terkait peningkatan kewaspadaan lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia  ",   Ujar SiGaluH dr Nadia keterangan tertulis,  Kamis (14/12/2023).

Sementara,  Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan meminta masyarakat DKI Jakarta, khususnya lanjut usia (lansia) untuk mewaspadai penyebaran COVID-19 menyusul meningkatnya kasus akibat virus tersebut.   "  Kalau kita bicara soal peningkatan kasus ini tentunya perlu kewaspadaan kepada masyarakat, khususnya pada kelompok - kelompok yang resiko tinggi  ",   Ujar SiDin Agus Dwi Susanto Direktur Utama RSUP Persahabatan  di Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis   (14/12/2023).

Hal itu, lanjut dia, lantaran kelompok risiko tinggi ini memiliki potensi terjadinya pemburukan dari gejala pernapasan yang bisa terjadi pada pasien tersebut.   Namun, bila kena COVID-19 bisa menjadi lebih berat.   "  Pada usia lanjut, yang telah memiliki komorbid penyakit dasar, penyakit jantung, penyakit paru dan penyakit lainnya. Biasanya akan memperburuk kondisi kalau terkena COVID  ",  Cakap SoDin Agus Dwi Susanto menambahkan.

Jumlah pasien COVID-19 di RSUP Persahabatan belum signifikan kenaikannya. Pihaknya masih mampu mengatasinya.   "  Kalau data di RSUP Persahabatan, ada perawatan (pasien COVID) tapi belum signifikan, untuk pasien COVID-19 di bulan Desember ini kemarin sempat merawat tiga pasien dengan COVID derajat sedang  ",  Tandas SiDin Laji.

Meski peningkatan tren kasus ini tak diikuti dengan kenaikan rawat inap atau kematian, pemerintah tetap mendorong masyarakat untuk kembali mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.  Tidak hanya itu, dengan mempertimbangkan lonjakan kasus yang ada, pemerintah pun merencanakan vaksinasi COVID-19 booster ketiga.

Mayoritas pasien COVID-19 yang tertular 90 persen mengeluhkan gejala ringan, Direktur Jenderal Pelayanan Kementerian Kesehatan RI Azhar Jaya menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan survei antibodi untuk melihat tingkat imunitas masyarakat usai lepasnya PPKM tahun lalu.   "  Kita sudah bersiap membuka vaksinasi massal kepada masyarakat, lagi proses juga vaksinasi lagi, untuk booster ketiga  ",   Ujar SiDin Azhar Jaya pada NusaNTaRa.Com,   Selasa (12/12/2023).

Selain informasi di atas,   hari ini juga akan dibahas mengenai promotor konser yang diminta pemerintah untuk tidak menggelar konser atau festival musik di Jakarta pada bulan Februari dan Juni 2024.   Alasannya, pada periode tersebut, rangkaian jadwal pemilu menginjak masa hari tenang dan pencoblosan.   Merujuk pada peraturan sebelumnya, permintaan 'libur' konser dan festival musik ini hanya berlangsung selama dua bulan saja. Setelah itu, pelaku industri dibebaskan menggelar acara besar.

Awal tahun 2024 beberapa konser tunggal dan festival musik sudah menanti,   diantaranya  adalah konser musisi asal Inggris, Ed Sheeran pada Maret 2024.

Dirut Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Agus Dwi Susanto (kanan) memberikan
keterangan pers di RSUP Persahabatan, Rawamangun, Kamis (14/12/2023).

 

Covid-19 penyakit pernapasan menghebohkan dunia.

Pandemi kembali,  Masyarakat dianjurkan bermasker semula.

 

 


1 komentar:

  1. MasyaAllah semoga cupat berlalu bencana bagi ummat bangsa2 di danien

    BalasHapus

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...