Jumat, 24 November 2023

YOUTUBE USTAD ADI HIDAYAT, HENTIKAN CERAMAH SAAT MANTRAM HINDU TERDENGAR JADI VIRAL

NusaNTaRa.Com

byMuhammaDBakkaranG,     J  u  m  a  t,    0   3     N  o  v  e  m  b  e  r     2   0   2   3

Cuplikan ceramah Ustaz Adi Hidayat saat mengisi Tabligh Akbar di Masjid Baitul Makmur,
Denpasar, Bali, viral di TikTok

Ustad Adi Hidayat menjadi popular dan menerima pujian dari  Warganet  ketika ia mengisi ceramah tabligh Akbar di Masjid Baitul Makmur, Denpasar, Bali, viral di TikTok dan ketika lamat-lamat terdengar panggilan Ibadah Puja Tri Sandya bagi ummat Hindu dari luar mosjid,  ia menghentikan sejonak ceramahnya.    Melalui unggahan akun TikTok @haiilana, dalam video tampak ustaz Adi Hidayat menghentikan ceramahnya ketika mendengar Puja Trisandya, panggilan ibadah untuk umat Hindu,   "  Sabar ya sabar, gantian. Tadi mereka mendengarkan kita, sekarang giliran kita yang mendengarkan mereka  ",  Ujar SiDin Ust Adi Hidayat ke para jemaah Tabligh Akbar.

Dalam agama Hindu di Bali Puji Tri Sandya merupakan mantram  yang dilaksanakan dalam tiga waktu  yakni pagi,  siang hari   dan sore hari,  panggilan Puja Tri Sandya akan terdengar di beberapa wilayah di Bali atau disiarkan oleh sejumlah stasiun televisi lokal di Pulau Dewata.   Momen Ustaz Adi Hidayat menghentikan sejenak ceramahnya di hadapan ratusan jemaah itu diunggah oleh akun TikTok haiilana pada 21 Oktober lalu. Sikap Ustaz Adi Hidayat tersebut mendapat tanggapan positif dari warganet,   "  Masha Allah, indahnya toleransi  ",   Tulis akun tersebut.

Sejumlah warganet menilai sikap Ustaz Adi Hidayat itu mencerminkan rasa toleransi beragama. Sebab, Ustaz Adi Hidayat bersedia menunda melanjutkan ceramahnya hingga panggilan ibadah untuk umat Hindu itu berakhir.   "  Sabar, sabar. Gantian, kan tadi di luar mereka juga mendengarkan kita, sekarang giliran kita mendengarkan mereka  ",   Ujar SiDin Ustaz Adi Hidayat dengan Ahmadernya (Manisnya) di hadapan para jemaah sebagaimana tertengo dalam  video yang beredar tersebut.

Dimedia terlihat,  "  Matur suksma. Inilah keindahan hidup beragama yang sebenarnya. Terima kasih ustaz  " komentar @widi***,   "  Matur suksma. Terima kasih Ustadz Adi Hidayat sudah memberi pelajaran dan contoh nyata toleransi. Sehat selalu  ",   Sambung akun @asta***,     "  Inilah penerapan toleransi beragama yang sebenarnya  ",   sambung akun @dhani***  dan  "  Kalau begini, rasanya adem.  Saling menghargai keyakinan dan keimanan seseorang, serta tidak egois  ",  pungkas akun @surya***.

Hidup di bumi ini dengan berbagai keragaman manusia tentunya akan menemui berbagai keragaman sikap, Budaya dan adat sehingga diperlukan saling pengertian untuk setiap warga agar dapat tercipta kehidupan yang positip dan damai.   Sebagaimana Bali meski mayoritas beragama Hindu tapi takalah banyak juga yang beragama lain yang bermukim disana terlebih sebegai daerah wisata tentunya akan banyak dikunjungi manusia yang beragam dengan berbagai keyakinan atau agama yang berbeda.

Meski sulit dihubungi untuk kompormasi  NusaNTaRa.Com pada Ust Adi Hidayat dan pemilik akun Haiilana,  tapi Ustaz Adi Hidayat sempat mengunggah poster tabligh akbar di Masjid Baitul Makmur, Denpasar, Bali. Safari dakwah bertajuk     Cinta dan Kasih Orang Beriman Laksana Tubuh yang Satu     itu digelar pada 21 Oktober 2023 lalu.   Diketahui, Puja Trisandya adalah mantram dalam agama Hindu khususnya para umat yang ada di Bali dan Indonesia,  manfaatnya bagi umat Hindu bisa memberikan rasa ikhlas yang dibutuhkan oleh jiwa juga menumbuhkan rasa aman dan tentram.

Sebagai informasi, sikap toleransi beragama memang mudah ditemui di Bali. Pada suatu waktu, adzan maghrib untuk umat Muslim terdengar bergantian dengan panggilan Puja Tri Sandya untuk umat Hindu.   Sesaat kemudian, lonceng gereja terdengar berdenting disambut nyanyian umat Kristiani yang sedang beribadah,  semua berjalan dengan tenteram dan
kesadaran rukun dari semua ummat yang mendongarnya.

Suasana cermah Ustad Adi Hidayat di mesjid Denpasar



Toleransi satu jaminan Kerukunan hidup suatu masyarakat.

Saat mantram bali terdengar ceramah dihentikan Ustad Adi Hidayat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...