Kamis, 09 November 2023

FILIPINA BERANI MEMBUKA TALI PENGAPUNG CHINA DAN MENDESAK NELAYANNYA BERLAYAR DI LAGUNA SCARBOROUGH SHOAL

NusaNTaRa.Com

byBatiSKambinG,      R   a   b   u,    1   1     O  k  t  o  b  e  r     2   0   2   3     

Militer Filipina membuka Tali Pelampung China di sekitar Laguna Sacrborought Shoal

Penjaga pantai Filipina mendesak para nelayan di negara itu untuk tetap beroperasi di Scarborough Shoal yang disengketakan dan lokasi lain di Laut Cina Selatan, mereka  meyakinkan bahwa  untuk meningkatkan patroli di sana meskipun ada kehadiran militer China yang makin intensif.    "  Kapal-kapal Filipina tidak dapat mempertahankan kehadirannya secara konstan tetapi berkomitmen untuk melindungi hak-hak nelayan di dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) negara tersebut  ",   Ujar Juru Cakap penjaga pantai Komodor Jay Tarriela,   Rabu   (27/09/2023).

  Kami akan meningkatkan patroli  di  Bajo de Masinloc dan daerah lain di mana para nelayan Filipina berada  ”,  Ujarnya Laji di Rediu DZRH.   Itu mengacu pada dangkalan tersebut merupakan  salah satu fitur maritim yang paling diperebutkan di Asia, dengan nama  negara Filipina.   Pada hari Senin, penjaga pantai memotong penghalang terapung sepanjang 300 m yang dipasang  oleh China yang memblokir akses ke Scarborough Shoal.   Itu merupakan respons yang berani di wilayah yang telah dikuasai Beijing selama lebih dari satu dekade dengan kapal penjaga pantai dan armada besar.

Respons China telah terukur  dan Kementerian Luar Negeri Beijing sudah memperingatkan Manila untuk menghindari provokasi dan tidak menimbulkan masalah.   Namun demikian, Menteri Pertahanan Filipina Gilbert Teodoro mengatakan pemotongan tali tanda penjagaan pembatasan  oleh Filipina bukanlah sebuah provokasi,     Kami bereaksi terhadap tindakan mereka  ”,  Ujarnya dan    Mereka bergerak lebih dulu, mereka menghalangi nelayan kami  “.

  Singkapan berbatu di tengah laut ini merupakan lokasi berbagai pertikaian diplomatik.  Kedua negara mengklaim kedaulatan atas perairan dangkal tersebut,  yang merupakan tempat penangkapan ikan utama sekitar 200 km dari Filipina dan 850 km dari daratan China dan pulau Hainan di selatan.   Dekat dengan jalur pelayaran yang mengangkut perdagangan tahunan senilai USD3,4 triliun, kendali atas perairan dangkal tersebut sangat strategis bagi Beijing, yang mengklaim kedaulatan atas sebagian besar Laut China Selatan.

Terkait dengan kondisi yang semakin menegang di sekitar Scarborough Shoal  "  Filipina akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menghilangkan hambatan  ",  di wilayah sengketa Laut China Selatan  ",   Ujar SiDin Eduardo Ano penasihat keamanan nasional Filipina.   Sebelumnya, Filipina pada Minggu membagikan gambar penghalang mengambang yang menghalangi akses kapal penangkap ikan di Scarborough Shoal dengan kapal penjaga pantai Tiongkok di dekatnya. 

Filipina mengklaim pihaknya akan melindungi hak-hak para nelayannya,     Kami mengutuk pemasangan penghalang terapung yang dilakukan penjaga pantai Tiongkok  ”,   Cakap Besar Eduaardo Ano.     Penempatan penghalang oleh Republik Rakyat China melanggar hak penangkapan ikan tradisional para nelayan kami  ”,  Ujar SiDin  Kementerian Luar Negeri Filipina dan  menyatakan bahwa hambatan tersebut merupakan pelanggaran hukum internasional. Mereka mengungkapkan Filipina akan mengambil semua tindakan yang tepat untuk melindungi kedaulatan negara dan penghidupan para nelayan.

Namun klaim tersebut mempersulit kegiatan perikanan dan minyak dan gas lepas pantai oleh negara-negara tetangganya di Asia Tenggara.   Tarriela mengatakan biro perikanan Filipina telah berhasil menambatkan sebuah kapal hanya 300 m dari laguna Scarborough Shoal, titik terdekat sejak China merebutnya pada tahun 2012.   Tidak jelas apakah penggunaan penghalang oleh China mewakili perubahan status quo yang telah ada sejak tahun 2017 di mana penjaga pantai Beijing mengizinkan warga Filipina beroperasi di sana, meskipun dalam skala yang jauh lebih kecil daripada China.

Hal ini terjadi di tengah hubungan yang memburuk, dengan Filipina yang semakin tegas atas perilaku penjaga pantai China di ZEE-nya, seiring dengan penguatan hubungan militer dengan sekutunya Amerika Serikat dengan memperluas akses ke pangkalan-pangkalannya.     Dangkalan Scarborough lebih dekat ke Filipina  ”,  Ujar SiDin  PepitoFabros  dengan Plabomoranya (hebatnya) seorang  nelayan  yang mendarat di provinsi Zambales di sela-sela perjalanan melaut    Mengapa mereka melarang kita masuk ?  ”.

Militer Filipina mendesak Nelayannya untuk tetap berlayar
di perairan sekitar Laguna Scarborought Shoal


 

Filipina  membuka pengapung China melindungi Nelayannya.

Nelayan Filipina ke Laguna Scarborough Shoal desakan militernya.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...