Sabtu, 04 November 2023

PEER LEARNING MEETING NASIONAL 2023 DISELENGGARAKAN DI YOGYAKARTA DAN YOGYAKARTA MENERIMA ENAM PENGHARGAAN

NusaNTaRa.Com

byFarhaMTukirmaN,      J  u  m  a  t,    2   2     S  e  p  t  e  m  b  e  r     2   0   2   3

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Yogyakarta raih enam penghargaan pada
Peer Learning Meeting (PLM) Nasional 2023
 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta raih enam penghargaan pada Peer Learning Meeting (PLM) Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) pada Kamis (21/9) di Hotel Alana Yogyakarta.   Enam penghargaan tersebut diraih pada kategori Lomba Video Promosi Produk Lapak Literasi, Library Virtual Tour, Menulis Cerita Dampak, Inovasi Promosi Layanan Perpustakaan Terbaik, Inovasi dan Kreasi Perlibatan Masyarakat Terbaik, juga Inovasi Layanan Digital Terbaik Perpustakaan Kelurahan Gunungketur.

Peer  Learning Meeting  Nasional 2023 merupakan kegiatan berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yang dilaksanakan rutin tiap tahun,  diharapkan akan menambah pengalaman dan pengetahuan dalam pengelolaan Perpustakaan,   dan untuk tahun ini aktibiti ini mengusung  thema   “ Menguatkan Literasi  menuju  Masyarakat Sejahtera melalui Perpustakaan Kreatif dan Inovatif “,  diikuti 1.100 peserta yang merupakan perwakilan perpustakaan daerah dan perpustakaan mitra di seluruh Indonesia.

Menurut Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Perpusnas Nanik Suryani, PLM Nasional menjadi satu kegiatan penting untuk terus menguatkan komitmen perpustakaan di seluruh Indonesia dalam melaksanakan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.     Melalui Literasi Terapan dalam program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial sejak 2018, masyarakat yang termarjinalkan bisa meningkatkan kualitas hidupnya, baik dari pengetahuan juga kesejahteraannya, dengan belajar secara kontekstual di pada ruang-ruang literasi terapan  ”,   Ujar SiGaluH Nanik Suryani.

Kegiatan ini menjadi  media transper knowledge  juga bisa menjadi role model dan juga pendamping literasi bagi masyarakat Bahkan diharapkan dapat mengatasi persoalan kemiskinan ekstrem dan persoalan gizi buruk dan stunting.   Dia menyatakan, persoalan gizi buruk, stunting, kemiskinan, tidak hanya pada faktor kemiskinan ekonomi, tetapi banyak juga ditimbulkan karena persoalan ketidaktahuan masyarakat.     Di sinilah hadir literasi. Persoalan bangsa bisa diurai oleh mereka dengan pendekatan literasi  ”,   Ujar SiDin  Adin Bondar Deputi Bid Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan.

  Melalui kegiatan ini (TPBIS), dampak yang dirasakan masyarakat sudah sangat jelas sekali, karena meningkatkan kesejahteraan masyarakat   ”,   Ujar SiDin Adin Bondar dengan Sppengernya (Jumawanya), usai penutupan PLM Nasional 2023, di Yogyakarta, Kamis (21/09/2023).   Dia menerangkan, melalui literasi terapan yang dilakukan melalui transformasi perpustakaan dari 2018-2023, masyarakat yang termarjinalkan telah mendapatkan inside baru dalam kualitas hidupnya. Sehingga banyak yang mendapatkan pekerjaan baru dan juga usaha baru.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha  berujar  bahwa  dengan diraihnya penghargaan tersebut,  diharapkan prestasi yang didapatkan menjadi satu motivasi untuk terus meningkatkan kreativitas dan inovasi, dalam bertugas  untuk  pengembangan perpustakaan dan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat untuk pengembangan ilmu pengetahuan sebagai langkah menuju masyarakat Indonesia yang maju dan sejahtera.

  Capaian yang telah diperoleh bukanlah suatu akhir tetapi  adalah awal untuk memulai pencapaian  berikutnya, untuk terus berinovasi menjadikan perpustakaan sebagai wadah meningkatkan kemampuan dan keterampilan untuk mengubah kualitas hidup menjadi lebih baik, selaras dengan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial  ”,   Ucap SiGaluH Nunun Zulaikha dengan Plabomoranya  (Hebatnya).

Sementara,  Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Nani Suryani berharap, setelah acara ini nantinya,  para peserta yang berasal dari seluruh pelosok nusantara bisa melanjutkan hasil dari proses self-assessment guna mengetahui performa implementasi program dan proses mentoring yang dijalankan.   Sehingga kegiatan  Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS)  di perpustakaan yang dikelola meningkat dan lebih bermanfaat dalam meningkatkan literasi untuk kesejahteraan masyarakat.

   Kami juga berharap Bapak/Ibu mengingat, meresapi, dan menerapkan wawasan baru tentang praktik terbaik dalam pengelolaan perpustakaan yang penting bagi keberlanjutan transformasi perpustakaan. Dan dalam semangat membangun negeri, segera menyusun dan menerapkan rencana tindak lanjut implementasi program perpustakaan masing-masing    ”,  Ujar SiGaluH Nani Suryani menjelaskan.

Penutupan Peer Learning Meeting Nasional 2023 Perpusnas,
di Yogyakarta, Kamis (21/09/2023).

 

PLM Nasional 2023 berbagi pengetahuan  dalam program TPBIS.

Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial atau TPBIS.

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...