Rabu, 08 November 2023

UNTUK MENDAUR SUARA, MEDIA ASING SOROT MENGAPA PRABOWO PILIH GIBRAN

NusaNTaRa.Com

byIndaHPalloranG,     K   a   m   i   s,    2   6     O  k  t  o  b  e  r     2   0   2   3   

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Pasangan di Pemilu 2024
Menhan Prabowo dan Wali Kota Solo Gibran hadiri Hari Veteran Nasional di UNS.

Pemilihan presiden (Pilpres) RI masih menjadi sorotan media asing,  terutama berita Mengapa Prabowo Subianto Calon Presiden (Capres) memilih Gibran Rakabuming Raka mendadi Pasangannya.   Al-Jazeera misalnya memuat judul "Prabowo picks Jokowi's son as running mate in Indonesia presidential bid",  memuat bagaimana Prabowo S memilih Gibran agar mendapatkan massa pendukung Presiden Jokowi.    "  Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo S  telah mengumumkan  putra sulung Presiden Joko Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi, akan menjadi pasangannya pada pemilu tahun depan  ",  Cakap Besar Tulisan Al-Jazeera Qatar,  Rabu  (24/10/2023).

"  Terpilihnya Gibran, 36 tahun, yang saat ini menjabat Wali Kota Surakarta,  Jawa Tengah, dapat membantu meningkatkan kampanye mantan jenderal tersebut......  ",  Lanjutan bunyi tulisan,   "  Aliansi dengan Gibran dapat mengalihkan sebagian basis dukungan presiden yang akan segera berakhir ini kepada Prabowo  ",   muat Al-Jazeera laji.   Senada yang dimuat media Hong Kong, South China Morning Post (SCMP).  Dengan judul  "Indonesia election 2024: Prabowo's VP pick of Jokowi's son could be double-edged sword, analysts warn"  disebutkan bagaimana pilihan Prabowo ke Gibran sebenarnya untuk memanfaatkan popularitas Jokowi.

"  Upaya calon presiden Indonesia, Prabowo Subianto, untuk memanfaatkan popularitas pemimpin petahana Joko Widodo dengan memilih putranya sebagai calon wakil presiden  ",  Tulis media SCMP.   Namun SCMP mengutip pengamat, ini mungkin menjadi pedang bermata dua dalam upaya ketiganya untuk menduduki jabatan "puncak",   terutama dijadikan alat kampanye untuk menjatuhkan pasangan tersebut.

"  Menteri Pertahanan Prabowo baru-baru ini unggul tipis dalam survei opini untuk pemilihan presiden Februari 2024. Meskipun mencalonkan diri bersama putra presiden yang populer, Gibran Rakabuming Raka, dapat membantu meningkatkan peluang kemenangan Prabowo, langkah tersebut juga dapat menjadi bumerang baginya  ",   Muat media SCMP mengutip peneliti tentang Indonesia di Rajaratnam School of International Studies, Singapura.

"  PDI-P sendiri awalnya merupakan partai di mana Presiden dan sang putra bernaung. Karena partai tersebut dapat memanfaatkan keputusan tersebut dan kelemahan Gibran terutama soal pengalaman berpolitik sebagai 'senjata melawan kampanye Prabowo'  ",  Tulisnya Laji.   "  Tagline cegah dinasti politik dan jaga demokrasi Indonesia bisa jadi merupakan slogan yang sangat kuat yang berasal dari PDI-P yang memiliki sejarah panjang sebagai partai oposisi di era Soeharto  ",   Ujar SiDin Alexander R Arifianto Peneliti senior dikutip SCMP, menggaitkan dengan pemerintahan orde baru.

Di sisi lain, Reuters memuat artikel dengan judul  "Indonesia presidential candidate Prabowo picks Jokowi's son as running mate",  disebutkan  bagaimana Prabowo memilih Gibran di tengah "kemarahan" yang belum reda di dalam negeri karena keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).  Terkait hal serupa pun dimuat Associated Press (AP) yang dikutip pula oleh ABC News.   Keduanya memuat artikel dengan judul "Indonesia's leading presidential hopeful picks Widodo's son to run for VP in 2024 election".

"  Dia tidak memenuhi persyaratan usia untuk mencalonkan diri pada usia 40 tahun, namun MK yang dipimpin oleh saudara ipar Presiden- membuat pengecualian dalam keputusannya minggu lalu. Kini, mereka yang menjabat atau terpilih sebagai pemimpin daerah bisa mencalonkan diri pada usia yang lebih muda  ",  Dimuat kedua media itu.   "  Keputusan kontroversial tersebut, yang membuka jalan bagi Gibran untuk mencalonkan diri dalam pemilu, telah banyak dikritik karena bersifat nepotis, dan para analis memperingatkan bahwa keputusan tersebut dapat merusak proses demokrasi  ",  Tambah Cakap kedua media itu.


Gibran Rakabuming Wali Kota Solo putra Jokowi pertama.

Prabowo Subianto Capres memilih Gibran dadi pasangannya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...