Selasa, 28 Maret 2023

VIRAL ! KAWASAN EDELWEIS RAWA DI RANCA UPA RUSAK OLEH EVENT MOTOR TRAIL

NusaNTaRa.Com

byBakrIRoYMarteN,     J u m a t,    1  0    M  a  r  e  t    2  0  2  3

Cai Ranca Upas kawasan Bunga  EDELWEIS RAWA

Event motor trail yang diselenggarakan di Kampung  Cai Ranca Upas, Kabupaten Bandung,  Jawa Barat  mendadak  menjadi perbincangan hangat warganet karena dituding menyebabkan kerusakan bagi habitat  Bunga edelweis rawa.   Menurut informasi yang beredar,  tempat  acara  tersebut diselenggarakan diketahui  merupakan habitatnya  dan  terdapat lahan yang ditanami ribuan bunga edelweis langka,  sehingga aktipitas tersebut menghadirkan penonton dan atraksi  motor  yang melintasi kawasan Edelwis dan merusaknya.

Menanggapi kejadian tersebut, pihak panitia pun menyampaikan permohonan maaf,  demikian dengan pengelola kawasan wisata dan komunitas motor trail juga ikut memberikan pernyataan mohon maafnya.   Lantas bagaimana sebenarnya kronologi bunga edelweis rawa menjadi rusak akibat event motor trail  ?. Beberapa waktu lalu beredar video yang menunjukkan kerusakan lahan bunga edelweis rawa,  dilansir Suara.com, video yang diunggah oleh akun TikTok bernama @mang_uprit_mangprang79,  disini terlihat   kondisi lahan yang sudah rusak setelah diselenggarakan event motor trail di lokasi tersebut pada Minggu (05/03/2023) lalu dan lokasi itu  kawasan wisata Kampung Cai Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Masih dalam video yang sama, seorang pria yang belakangan diketahui bernama Supriatna alias Mang Uprit mengungkapkan kekecewaannya melihat bunga edelweis rawa yang ditanamnya menjadi rusak karena event motor trail tersebut.   Padahal menurutnya, ia sudah memasang plang peringatan agar pengunjung yang datang ke kawasan tersebut tidak menginjak lahan yang ditanami bunga edelweis rawa,      Buat temen-temen semuanya ya, panitia di acara event trail di Ranca Upas ya, khususnya buat orang Perhutani yang memberikan kebijakan, memberikan izin terkait acara tersebut, lihat nih dampaknya. Seperti ini, hancur   ”,  Ujar SiDin Mang Uprit yang  berkemeja hitam  dan    Lihat nih. Tumbuh lagi nggak? Susah! Menghijaukan lokasi ini juga kapan mau hijau lagi. Lama !    imbuhna.

Akibat kerusakan itu,  dalam video  terlihat tiga orang pria menyampaikan permohonan maaf atas kerugian yang disebabkan oleh acara yang mereka selenggarakan. Meski begitu mereka tidak secara gamblang menyebutkan dampak kegiatan tersebut terhadap rusaknya bunga edelweis di lokasi acara.     Saya mewakili seluruh panitia event Ranca Upas 5 Maret 2023 Saya meminta maaf atas kejadian yang telah terjadi dan kelalaian panitia sehingga merugikan semua pihak, termasuk para sponsor PMK … dan penyedia tempat Ranca Upas. Saya sangat menyesali kejadian ini dan sekali mohon maaf untuk semua pihak yang telah dirugikan, terutama para peserta event Ranca Upas 5 Maret 2023  ”,  Ujar Event Orginaiser Trail.

Secara terpisah, Dirut Perum Perhutani Wahyu Kuncoro juga memberikan pernyataannya terkait kabar viral event motor trail rusak bunga edelweis rawa. Ia menyampaikan permohonan maaf sekaligus menyatakan akan melakukan evaluasi terhadap acara yang berlangsung di kawasan yang dikelola oleh Perhutani tersebut.     Kami terus berkoordinasi dengan tim yang di lapangan terkait kejadian di atas ya, sekaligus kami sampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut  ”,  Ujar SiDin Wahyu  dilansir CNBC Indonesia dan menambahkan     Kami akan tindaklanjuti dengan me-review seluruh prosedur kerja kami apabila akan ada kegiatan serupa di masa mendatang  ”.

Edelweis Rawa

Secara terpisah, pihak pengelola kawasan wisata Kampung Cai Ranca Upas juga turut memberikan klarifikasi mengenai kabar viral yang menyeret nama lokasi tersebut.   Menurut Site Manager Kampung Cai Ranca Upas Argo Wibowo, rusaknya lahan bunga edelweis rawa itu disebabkan karena peserta motor trail melintas di jalur yang tidak seharusnya meski tolah dipasangngi “Race Line”.     Karena tidak adanya panitia di jalur, peserta motor trail jadi mabal (menyimpang) dari jalur dan memasuki kawasan savana yang mana di sana ada bunga rawa itu  ”,  Ujar SiDin Argo Wibowo.

Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan bahwa jumlah peserta yang mengikuti event motor trail melebihi jumlah yang diajukan panitia saat mengurus perizinan yang hanya berjumlah  700 orang  kenyataannya   peserta yang hadir mencapai 1.600 orang.   Menjawab tudingan tersebut, perwakilan Komunitas Motor Trail Gatett Costem, Rian menceritakan kekacauan acara  di Ranca Upas penyebab i kerusakan pada lahan yang  bunga edelweis rawa. Ia mengungkapkan bahwa para peserta terpaksa melewati jalur yang tidak seharusnya lantaran jalur yang disediakan panitia hancur.

    Betul (menginjak edelweis) karena jalur yang disediakan oleh panitia udah pada hancur dan dalam. Kita sebagai peserta mau nggak mau injak apa yang bisa kita injak   ”,  Ujar SiDin Rian.   Di sisi lain, Rian juga mengungkapkan bahwa saat acara berlangsung sempat terjadi kekacauan akibat ketersediaan logistik yang tidak memadai. Sementara para peserta juga mengalami kelelahan.     “Banyak yang masukin ke rawa lagi. Banyak yang lewat jalur kebun warga. Jadi banyak peserta yang lewat mana saja agar bisa sampe start lagi. Karena semua peserta kecapean dan kelelahan ga ada logistik. Kehabisan air minum dan makanan   ”,  Ujar Rian menembahkan.

Bunga Edelweis Rawa , nama latiennya/spesiesnya  Syngonathus flavidulus  nama lainnya Yellow Hatpins,   Tanaman ini memiliki ciri khas berupa bunga berwarna putih kekuningan dan bentuknya menyerupai payung.   Tanaman bunga ini kemudian umum disebut sebagai edelweis rawa lantaran memiliki karakteristik yang mirip dengan bunga edelweis namun hidup di daerah rawa.   Identipikasinya  :   Kingdom :   Plantae,  Filum : Anthophyta,  Kelas :  Monocotyledoneae,   Ordo :   Poales,  Famili : Eriocaulaceae,   Genus : Syngonanthus,  Spesies :  Syngonanthus flavidulus  dan  Nama popular : Yellow hatpins, yellow pipewort.    Tanaman  Edelweis rawa berasal dari Alabama, Florida, Georgia, North Carolina, South Carolina.

Edelweis Rawa -  Syngonathus flavidulus

 

Cinta Abadi disimbolkan dengan  Bunga Edelweis.

Edelweis Rawa banyak Tumbuh di Cai Ranca Upas.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...