Kamis, 30 Maret 2023

BURJ KHALIFA GEDUNG TERTINGGI DI DUNIA DAN 5 GEDUNG TERTINGGI DI DUNIA HINGGA 2023

NusaNTaRa.Com

by,RyaNSyaHPutrA,    S  e  l  a  s  a,   1  4    M  a  r  e  t    2  0  2  3  

Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab, gedung pencakar langit tertinggi di dunia 160 lantai dan tinggi 828 m. 

Pencakar langit atau  Bangun tinggi hingga ribuan meter atau pencakar langit  saat ini menghiasi kota-kota dunia dengan megahnya menjulang keangkasa  dan  desain bangunan  yang menarik  bahkan menjadi  kemegahan atau mascot suatu negara yang mengkagumkan.    Bangunan Pencakar langit inipun tak ayal menjadi idaman para traveler untuk mengunjungi nya   dan bagi negara itu menjadi satu sumber pemasukan melalui  penarikan kedatangan para  wisatawan yang ekorannya  berdampak pada sektor lain menjadi satu geliat perekonomian. 

Mungkin pernah  terlintas di pikiran Anda saat mendengar tentang gedung tertinggi di dunia  untuk menengoknya  ?.    Seperti  bangunan BURJ KHALIFA,  ya ia memang tercatat bangunan tertinggi di dunia  hingga tahun 2022  dengan  keunikan arsiteknya yang terletak di negara Uni Emirat Arab.   Bangunan tertinggi di negara teluk Persia ini  setiap  tahun  di kunjungi  jutaan wisatawan   untuk menikmati  keindahan alam disana  yang tentunya utama sekali  untuk menikmati  keagungan bangunan Burj Khalifa yang berdiri megah di sana

Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) mengembangkan standar internasional untuk mengukur dan mendefinisikan gedung-gedung tinggi.   Mengeluarkan  penetepan  Lima gedung tertinggi di dunia yang masuk dalam daftar CTBUH yaitu  Burj Khalifa – Emirat Arab,  Merdeka 118 - Malaysia,  Shanghai Tower – Sanghai China, Makkah Royal Clock -  Arab Saudi   dan Ping An Finance Center – Shenzhen China.   Berikut di bawah ini digambarkan profil singkat tersebut  yang  dikutip  NusaNTaRa.Com  dari berbagai sumber     : 

Merdeka 118 atau Megatall Malaysia


01. Burj Khalifa

Burj Khalifa yang terdapat di Uni Emirat Arab (UEA)  dengan ketinggian mencapai  828 meter menjadi   gedung pencakar langit tertinggi di dunia 2022. Gedung ini dinamai berdasarkan nama Khalifa bin Zayed Al Nahyan dari Uni Emirat Arab (UEA)  tapi  sebelum diresmikan  gedung ini disebut Burj Dubai. Bangunan setinggi 162 lantai ini mulai dibangun pada 2004 dan resmi dibuka pada 4 Januari 2010 dengan arsitek bangunan ini dapat di putar-putar ke berbagai arah  dengan  perkiraan biaya konstruksi 1,5 miliar dolar Amerika Serikat  (AS)  atau Rp 2,4 trilliun.

Selain menjadi bangunan tertinggi, gedung ini mencatatkan rekor sebagai struktur tertinggi yang dibangun oleh manusia di dunia,  ketinggian  bangunan ini lebih tinggi 300 meter dari Taipei 101.  Taipei 101 adalah bangunan tertinggi hingga 2010 dan Menara Kembar Petronas Malaysia tertinggi di dunia 1996  keduanya  sebelum Burj Khalifa.

2. Merdeka 118

Negara Melayu Malaysia  dengan  Gedung Merdeka  116 Kuala Lumpur di Malaysia   tercatat  sebagai  Gedung tertinggi kedua di dunia 2022,   Merdeka 118  juga dikenal sebagai  bangunan  Merdeka PNB 118, Menara Warisan Merdeka, Menara 118 dan KL 118 merupakan gedung pencakar langit megatall setinggi 118 lantai .   Tingginya mencapai 678,9 meter, melampaui gedung tertinggi kedua di dunia sebelumnya, Menara Shanghai.     Bangunan ini tertinggi di Malaysia sebelumnya  Bangunan Menara kembar Petronas Malaysia  dan  Bangunan ini selesai dibangun pada pertengahan 2022 dan belum masuk daftar CTBUH. Tapi itu tak mengubah fakta bahwa gedung ini tertinggi kedua di dunia.

3. Shanghai Tower
Shanghai Tower

Bangunan tertinggi ketiha di dunia  yaitu Shanghai Tower,  sebelumnya   masih menduduki posisi kedua sebagai gedung tertinggi di dunia hingga pertengahan 2022,  dan  kini  gedung dengan 128 lantai yang terletak di Lujiazui, Pudong, Shanghai ini lengser di posisi ketiga setelah Merdeka 118 diresmikan.  Jarak ketinggian Shanghai Tower 632 meter,  meski  bangunan  lebih rendah  tapi  bangunan ini memiliki 10 lantai lebih banyak dari bangunan Merdeka 118.

Gedung ini merupakan bagian dari perencanaan Distrik Finansial Lujiazui sejak 1993  yang terdiri  tiga gedung pencakar langit supersert yang direncanakan.  Pertama, Menara Jin Mao, selesai dibangun pada 1999. Kedua, Shanghai World Financial Center (SWFC) yang berdekatan dibuka pada 2008.   Ketiga, Shanghai Tower yang diresmikan pada 2015 dan jadi gedung tertinggi kedua di dunia hingga 2022. Menara ini diperkirakan menelan biaya konstruksi sebesar 2,4 miliar dolar AS  atau  sekitar  Rp 4,4 trilliun.

4. Makkah Royal Clock
Makkah Royal Clock

Berdiri megah di depan pusat peribadatan Haji ummat Islam Mekkah,  Makkah Royal Clock Tower  sebagai   bangunan tertinggi keempat di dunia 2022  dengan  ketinggian  mencapai 601 meter dan lantai sebanyak 120.  Bangunan ini terletak di Abraj Al-Bait, yaitu kompleks tujuh gedung pencakar langit milik negara di Mekah, Arab Saudi. Menara-menara ini adalah bagian dari Proyek Wakaf Raja Abdulaziz, yang bertujuan untuk memodernisasi katering para peziarah di kota tersebut. Perkiraan biaya konstruksi seluruh bangunan di kompleks mencapai 15 miliar dolar AS  atau  Rp  23 trilliun.

5. Ping An International Finance Center

Ping An International Finance Center dengan ketinggian sekitar 599 meter,   gedung pencakar langit setinggi memiliki  115 lantai.  Angka tersebut menempatkan gedung yang terletak di Shenzhen, Guangdong, Cina ini di posisi kelima gedung tertinggi di dunia 2022.  Ping An International Finance Center selesai pada 2017. Gedung ini menjadi gedung tertinggi di Shenzhen dan gedung tertinggi kedua di Cina. Bangunan ini juga memecahkan rekor sebagai dek observasi tertinggi di gedung 562 meter. Perkiraan biaya konstruksi 1,5 miliar dolar AS  atau  Rp 2,4  trilliun.

Ping An International Finance Center, Guangdong China

 

Menjulang kelangit  bak menetap di langit ke 3.

Bangunan megah Burj Khalifa Gedung tertinggi di dunia 2023.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...