Kamis, 09 Maret 2023

TURIS WARGA NEGARA ASING (WNA) MAKIN LIAR BERKENDARAAN DI BALI, PELAT NOMOR MOTOR DIGANTI NAMA ORANG.

NusaNTaRa.Com

byBakrIRoYMarteN,   J  u  m  a  t,   0  3   M  a  r  e  t   2  0  2  3

Turis Asing banyak melakukan pelanggaran dalam berkendaraan motor

Turis Warga Negara Asing (WNA)  akhir-akhir ini dalam berkendaraan motor  di Bali berkelakuan  semakin menjadi-jadi  dan kali  ini yang jadi bahan perbincangan masyarakat karena banyak WNA mengendarai motor sewaan dengan pelat nomor palsu.   Sejumlah netizen mengungkap ada pelat motor  yang  dipakai WNA tertangkap kamera memakai pelat nomor yang tidak diterbitkan resmi oleh kepolisian  karena  pelat nomor itu tampak berupa susunan huruf menyerupai nama seseorang, Gundul banget.

Sebagaimana yang ditunjukkan akun @moscow _cabang _Bali, motor Yamaha Xmax terlihat ditempel pelat nomor latar belakang putih bertuliskan 'TSYPLINOV',  dan  akun yang sama juga mengunggah foto-foto lainnya motor memakai pelat nomor 'ANA_BUKAI'  berwarna merah-putih dan 'EDWARD'  warna hitam-putih.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto, merespons pelat nomor kendaraan tidak resmi yang digunakan turis di Bali.   "  Kami berharap kepada pemilik rental pelat kendaraan itu jangan dirubah, disesuaikan dengan aturan yang ada, sesuai dengan STNK. Karena itu, menyalahi aturan itu nanti bisa dilakukan tindakan kepolisian terutama dari pihak Satuan Lalu lintas  ",  Ujar SiDin Stefanus Satake  BS, saat ditemui di Kuta, Kabupaten Badung, Bali,  Jumat   (03/03/2023).

Stefanus Sataka BS  juga mengimbau kepada pemilik rental agar tidak mengubah pelat nomor tersebut dan melarang WNA mengganti pelat nomor resmi dan iapun  mengatakan pihaknya masih menelusuri motor memakai pelat nomor palsu tersebut dan akan menertibkan pelanggaran tersebut untuk kemanan bersama.   "  Kita baru lihat di instagram di media sosial, tetapi kita belum tau nanti kita cek pemiliknya siapa saja, kita bisa memberikan imbauan kepada yang bersangkutan  ",  Cakap SiDin Stefanus Sataka BS dengan Soppenernya (Jumawanya). 

Terkait banyaknya pelanggaran berkendaraan motor oleh Turis Warga Negara Asing (WMA) di Bali maka Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali akan memasang  Spanduk peringatan memakai bahasa Rusia dan Ukraina akan dipasang di sepanjang jalan yang mudah dibaca para pengendara di Pulau Dewata.   Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun, mengatakan, billboard atau spanduk yang dipasang selain berbahasa Rusia dan Ukraina, juga menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris.

Alasan Dispar Bali menggunakan bahasa Rusia dan Ukraina di spanduk karena dari data yang disampaikan Polda Bali warga Rusia dan Ukraina paling banyak melanggar lalu lintas di Bali.   "  Kemarin itu, ada beberapa data yang disampaikan dari Polda yang memang ada beberapa dari Rusia dan Ukraina dalam angka-angka itu (tidak) menggunakan helm dan sebagainya. Sehingga, kita mencoba mungkin dari Rusia dan Ukraina itu dalam sisi komunikasi bahasa Inggrisnya kurang, kita coba pasang itu  ", Ujar Tjok Bagus Pemayun Laji.

"  Makanya, ada bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Ukraina dan Rusia dan menyusul lagi bahasa yang lain, kalau seandainya kita lihat datanya seperti apa  ",  Cakap Tjok Bagus Pemanyun menambahkan.   "  Ketua GIPI (Bali Tourism Board atau Gabungan Industri Pariwisata Indonesia)akan memasang billboard atau spanduk-spanduk di tempat strategis di kawasan strategis, baik itu bahasa Indonesia, bahasa Inggris bahasa Rusia dan Ukraina yang akan dipasang  ",  Ujar Tjok Bagus Pemayun, di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat  (03/03/2023).

Stefanus Satake BS  juga menegaskan kalau  pihaknya untuk tahap awal akan memberi imbauan kepada WNA, namun bila tetap tidak mematuhi peraturan akan ditindak lebih tegas.   "  Setidaknya nanti dari pihak pemilik kendaraan tersebut terutama rentalnya intinya diimbau jangan melakukan pergantian pelat itu kan identitas dari kendaraan  ",  Cakap SiDin Stefanus  Satake BS  Laji dan  "  Nanti kita beri imbauan kepada mereka dan kendaraan kalau berjalan di jalan umum harus mematuhi aturan yang berlaku  ",  Ujarnya menambahkan.

Kelakuan aneh WNA berkendara di Bali terus-terusan jadi sorotan.  Sebelumnya telah viral WNA pengendara Yamaha Nmax tanpa helm menggendong depan wanita,  selain itu pada Januari 2023 lalu ada dua WNA tewas karena kecelakaan lalu lintas. Satu WNA Ukraina tewas karena kecelakaan di Jembatan Shortcut Canggu dan satu WNA Rusia tewas karena kecelakaan jatuh ke jurang di Ubud.




 

Naik motor terlihat bagai manusia lari dikejar. 

Turis Asing di Bali berkendaraan makin liar.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...