Selasa, 21 Maret 2023

MICHELLE YEOH KELAHIRAN MALAYSIA MENJADI ARTIS ASIA PERTAMA PERAIH PIALA OSCAR BEST ACTRESS

NusaNTaRa.Com

byAsnISamandaK,   S e l a s a,   1  4    M  a  r  e  t     2  0  2  3   

Michelle Yeoh Peraih Oscar Best Actress  2023

Michelle Yeoh aktris asal Malaysia berdarah Tionghoa, membawa kebanggan bagi perfileman Asia tenggara  setelah berhasil memenangkan Piala Oscar 2023 untuk kategori  “Aktris Terbaik”.   Aktingnya di dalam film Everything Everywhere at All Once  berhasil meraih Piala Oscar 2023 yang baru saja dihelat pada 13 Maret 2023,  kemenangan tersebut mencetak sejarah baru pada gelaran Academy Awards ke-95 yang diselenggarakan di Long Angeles.  Pasalnya, selain menjadi Piala Oscar pertama bagi Michelle Yeoh, ia juga menjadi perempuan Asia pertama yang berhasil meraih kemenangan dalam kategori Best Actress.

Atas pencapaiannya itu, wanita berusia 60 tahun kolahiran  06 Agustus 1962  itu tak kuasa menahan haru  dan ia juga menyampaikan pesan yang powerfull lewat pidatonya di atas panggung Oscar.   Michelle Yeoh berpesan kepada anak-anak, terutama para keturunan Asia, bahwa mereka juga berhak untuk merawat harapan serta cita-cita mereka,   "  Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang terlihat seperti saya dan menonton malam ini, ini adalah bukti nyata dari sebuah mimpi   ",   Ucap SiGaluH Michellle  Yeoh,  Senin   (13/03/2023).

Nah, jika kamu penasaran seperti apa profil aktris Asia pertama peraih Piala Oscar ini, berikut ini  rangkum profil Michelle Yeoh dari berbagai sumber:   Michelle Yeoh lahir di Ipoh, Malaysia pada 6 Agustus 1962. Yeoh memiliki nama asli Yeoh Choo Kheng yang lahir dari keluarga yang terbilang berada. Ia diketahui memiliki keturunan Hokkian, berbicara bahasa Ingris dan Melayu sebelum bahasa Mandarin.   Sebelum dikenal sebagai aktris yang kerap memainkan film aksi, M Yeoh juga  memiliki segudang aktivitas fisik  seperti  dilansir dari Britannica, Selasa (14/3/2023), Yeoh aktif di berbagai kegiatan seperti berenang, basket, dan memiliki ketertarikan pada balet.

Dia kemudian menerima gelar sarjana dalam seni kreatif dengan minor di bidang drama. Pada tahun 1983, saat baru berusia 20 tahun, Yeoh memenangi kontes kecantikan Miss Malaysia.   M Yeoh  kemudian menjalani casting di Hong Kong dan sukses mendapatkan kontrak tersebut lalu sejarah pun dimulai. Dari sana, ia tampil dalam iklan televisi bersama Jackie Chan.

Saat remaja, ia belajar di Royal Academy of Dance di London, namun ia mengalami cedera punggung yang membuat mimpinya untuk menjadi pebalet profesional kandas.  Di tahun 1983, sang ibu memasukkan Yeoh ke dalam kontes Miss Malaysia. Setelah memenangkan kontes tersebut, ia muncul dalam iklan bersama Jackie Chan,  Kemunculan Michelle Yeoh dalam iklan bersama Jackie Chan menarik perhatian perusahaan produksi film Hong Kong, D&B Films

Pada tahun 1997  Michelle Yeoh terpilih oleh People sebagai satu dari  "50 Wanita Paling Cantik di Dunia".   Ia dikenal di dunia barat berkat perannya dalam film  “James Bond 1997 Tomorrow Never Dies”, sebagai Wai Lin, dan film bela diri berbahasa Mandarin 'Crouching Tiger, Hidden Dragon', yang karenanya ia dinominasikan sebagai penghargaan BAFTA untuk aktris terbaik pada tahun 2000.   Terlahir dari orang tuanya yaitu  Janet Yeoh dan Yeoh Kian Teik, seorang pengacara dan politisi MCA. Pada usia 15 tahun, ia pindah bersama orang tuanya ke Inggris, di mana ia terdaftar di sekolah asrama.

Yeoh memulai karier filmnya berakting dalam film aksi dan seni bela diri seperti 'Yes, Madam' pada tahun 1985, di mana ia melakukan sendiri adegan-adegan berbahaya tersebut.  Tidak pernah menjadi seniman bela diri yang terlatih, Michelle mengandalkan kemampuan tariannya yang siap untuk mempersiapkan adegan aksi seni bela diri. Dia menggunakan banyak gerakan tarian dalam filmnya dan melakukan sebagian besar aksinya sendiri.   Pada tahun 1988, Michelle menikah dengan Dikson Poon, direktur D&B Group di Hong Kong dan ia memutuskan berhenti dari dunia peran. Sayangnya, pernikahannya itu tak bertahan lama dan keduanya bercerai pada 1992.

Usai perceraian tersebut, Michelle kembali di dunia hiburan dan membintangi film 'Police Story: Supercop'. Nama Michelle kemudian dikenal oleh penonton Barat melalui peran dalam film James Bond Tomorrow Never Dies (1997) dan Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000) yang sukses secara fenomenal.  Setelah ia debut berakting di Hong Kong, ia menikah dengan pengusaha Dickson Poon pada tahun 1988.   Pernikahan itu tidak berlangsung lama dan hanya bertahan sampai 1992. Kemudian, ia bertunangan dengan ahli jantung di Amerika, Alan Heldman  dan   kembali berkencan dengan Jean Todt, seorang eksekutif motor sport asal Prancis pada 2004. Keduanya mengumumkan pertunangan pada 2005. Hingga kini, Todt dan Michelle masih menjalin hubungan pertunangan.

Michelle Yeoh menampilkan look angelic  pipi merona merah muda. Serta lipstik serasi
dan bulu mata berkibar. Kulit mulusnya terhidrasi dan bercahaya. Cantik!

 

Berdarah Mandarin dengan segudang pengalaman

Michelle Yeoh peraih Piala OSCAR  pertama dari artis Asia.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...