Selasa, 14 Maret 2023

IKAN PIRANHA PREDATOR YANG SANGAT GANAS DAN MAMPU MENCABIK DAGING DIPERAIRAN SUNGAI AMAZON BRASIL

NusaNTaRa.Com

byIrkaBPiranhA,     K  a  m  i  s,    2   2     D  e  s  e  m  b  e  r     2  0  2 

Koloni  IKAN PIRANHA

Ikan piranha  dengan nama latin Pygocentrus nattereri sp adalah ikan air tawar yang hidup di sungai, danau  dan daratan Amerika Selatan, termasuk Sungai Amazon,  para peneliti mengatakan, terdapat 38 hingga 39 spesies yang bisa dikenali.  Piranha   bersifat karnivora, kanibal, predator, agresif, memiliki rahang yang kuat dan susunan gigi unik dan tajam,  Ikan Karnivora pemakan Daging  dengan cara mencabik mangsanya.  Ikan yang hidup  berkoloni  ini memiliki warna kebiruan di bagian punggung dan kekuningan atau orange dibagian perut, dengan bintik hitam diseluruh tubuh.

Ikan piranha dianggap ganas ini sering memangsa  ikan-ikan dan hewan  disekitarnya,  namun perlu diketahui ikan ini juga  omnivora yang  memakan tumbuh-tumbuhan.  Piranha memiliki kepala tumpul dan pipih  dengan  bentuk tubuh piranha yang  oval dengan sirip yang tidak terlalu mengembang, dengan warna abu-abu, biru, kuning, merah dan hitam tergantung spesiesnya. Ikan ini memiliki kepala besar dan mirip seperti anjing jenis bulldog sehingga sangat kuat  memangsa binatang  yang ada di sekitar perairannya.

Giginya yang  tajam, kecil dan kuat  terdapat di kedua bagian rahangnya yang tumbuh rapat, serta saling mengunci dengan  bentuk gigi sedang,   segitiga,  runcing dam tajam   bak sebilah pisau.  Keganasan ikan ini terlihat dari  Rahangnya yang besar dan kemampuan menggigitnya   yang mampu mengoyak daging dan termasuk dalam  penggigit  terkuat di antara jenis ikan lainnya.   Mata  berada di bagian samping tubuh  disaat  masih muda mata ikan piranha kecil berwarna gelap, sementara saat dewasa matanya akan berubah warna menjadi merah menyala,  Ukuran tubuh kecil berkisar  12-35 cm dan  tumbuh lebih besar  hingga   50 cm.

Piranha umumnya memiliki sekitar 20 gigi yang dapat tumbuh hingga sepanjang 4 mm. Gigi bawah mereka biasanya lebih besar dari gigi atasnya, dan mereka memiliki underbite yang menonjol, sehingga giginya tampak menonjol seperti rahang bawah hiu.   Piranha, seperti banyak ikan bergigi lainnya, adalah polyphyodonts – artinya mereka terus-menerus mengganti gigi yang patah atau hilang sepanjang hidup mereka. Tapi, tidak seperti hiu yang mengganti satu gigi pada satu waktu, piranha mengganti seluruh sisi gigi sekaligus.

Piranha termasuk jenis  ikan  yang hidup  di  air tawar,   sungai, danau, rawa dan waduk dan tak dapat hidup di air asin.  Sejauh ini, diketahui habitat aslinya  adalah Sungai Amazon, Orinoco, Sao Francisco, Paraguay, Sungai Parana di Argentina,  Danau Kaptai (Bangladesh tenggara) dan Sungai Lijiang (China).  Meski  terdapat kasus tertentu di daerah lain.   Di Indonesia tahun 1990-an ditemukan di Kali Brantas Suroboyo  sejumlah ikan Piranha yang mengancam keberadaan ikan endemic disana  sehingga pihak Dinas Perikanan dan Lingkungan Hidup Suroboyo mengadakan pengamanan pembersihan di Kali Brantas dari spesies Piranha,  diperkirakan dibawa  dari LN untuk ikan hias tapi nyelonom ke sungai Brantas.

Suhu air habitat asli piranha diperkirakan berkisar antara 24-30 O C,  suhu  yang cenderung lebih hangat dalam kondisi stabil dibutuhkan ikan piranha untuk bertahan hidup karena ikan ini termasuk berdarah dingin.   Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, ikan piranha Amazon adalah ikan karnivora yang ganas seperti yang diceritakan di film-film  dari hasil  penelitian ikan ini menjadi buas ketika musim kering dan mangsa semakin sedikit.   Di musim kering  mereka  memakan daging  bahkan ikan sejenis  serta menggigit manusia  dengan  giginya yang tajam dan kuat,  dibeberapa eksiden ditemukan mereka memangsa  sapi secara bergerombol bahkan manusia,  sehingga ikan ini sangat terlarang dihidupkan diperairan umum,  GawaK !!.

Berdasarkan informasi dari Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)  RI  ikan Piranha termasuk ikan yang terlarang di pelihara  dan dibudidayakan  di tanah air  bahkan yang dijadikan ikan Hias di Aquariumpun sangat berbahaya.  Ikan ganas ini semakin terkenal sejak adanya film berjudul  “Piranha”  pada tahun 1978,  di dalam film tersebut ditengokan piranha memakan bangkai manusia  bukan manusia hidup.  Hindari  memancing dan memanaskan ikan piranha ia mudah menjadi  agresip saat itu,   Adapun piranha hitam dan piranha merah adalah jenis yang harus dihindari karena mereka dianggap piranha yang paling berbahaya dan agresif terhadap manusia.

Melansir The Whole Portion, ikan piranha aman dan bisa dimakan,  meski bagi beberapa orang rasanya tidak terlalu enak dan cenderung berbau amis, ikan piranha dianggap sebagai makanan lezat di daerah tertentu di Amerika Serikat, khusunya di kalangan masyarakat adat di sekitar sungai Amazon.   Meskipun daging piranha tak mengandung racun tertentu, pastikan untuk mencuci dan membersihkan piranha sebelum memakannya, kemudian memasaknya dengan tingkat kematangan yang sempurna. Ini untuk menyingkirkan kemungkinan adanya parasit serta polutan lain dalam ikan piranha.

Berikut ini adalah taksonomi ikan Piranha atau yang bernama ilmiah Pygocentrus nattereri,   yaitu  :    Kingdom  ;  Animalia,  Filum :  Chordata,  Subfilum :   Vertebrata,  Kelas  :  Teleostei,   Superordo   :  Ostariophysi,  Ordo  :  Characiformes,  Famili : Characidae,  Genus :  Pygocentrus  dam  Species  :  Pygocentrus nattereri.




Tulisan Piranha di  Buletin  Piranha Unhas HIMARIN.

Ikan Piranha Ikan ganas Endemik di Brasil Sungai Amazon.

 

 


 NusaNTaRa.Com  Adverstesment 

                   Melayani pemasangan Iklan 

                                            Sila Dail Talian  0821 5385 8932 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...