Senin, 13 April 2020

WARGA BANJARBARU, MAULANA RAHMAN JADI YOUTUBER DI GABON AFRIKA TENGAH.


NusanTaRa.Com
byBakkaranGNunukaN,      04/02/2020

Youtuber merupakan seseorang yang mempunyai kegiatan atau keahlian mengumpulkan berbagai berita  dalam bentuk  video yang memuat kisah pendek yang dapat dpat disaksikan umum di dunia maya atau Internet dalam laman YouTube  dan mereka biasa disebut Creator video.   YouTuber Indonesiapun tak  ketinggalan dlam dunia ini bahkan kita temukan  YouTuber Indonesia dengan pemberitaan dunia  seperti  Maulana Rahman Pemuda asal Banjarbaru, Kalimantan Solata,  yang justru malah sukses menjadi youtuber dengan  membagikan aktifitas kesehariannya saja  di Afrika.

Topatnya di negara GABON,  Afrika tengah tempat sekarang ia menetap  dan  bekerja di salah satu  perusahaan Pengelolaan Kolapa Sawit di Gabon,  SiDin berujar awalnya dahulu tahun 2015 sewaktu bekerja di perusahaan Kelapa Sawit di daerah Sampit Kotawaaringin Timur ia mendapat tawaran dari seorang pengusaha untuk bekerja di negara Gabon Afrika tengah  pada perusahaan Pabrik Kelapa Sawit yang kemuian ia terima.   Bekerja selama ompat tahun di luar negeri dengan rutinitas yang hampir membuatnya bosan sehinggalah ia menemukan kegiatan Pendokumentasian kegiatan kesehariannya di sana dan membaginya di dunia maya awal tahun 2019, untuk  mengatasi kekosongan, alhamdulillah hidup lebih punya arti.

Salah satu Video yang dapat kita putar dari YouTube Nomadprostory ketika ia berkunjung kesebuah pasar rakyat di kota Conggua Gabon, di situ kita akan terheran menyaksikan dia menyajikan tayangan  penjual di pasar-pasar sayur tersebut terdiri beberapa orang Jawa dengan bahasa Indonesia,  aksen bahasa Jawa dan berdialoh cukup akrab sambil membeli beberapa keperluan sayurnya (alpokat).    Dalam tayangan itu juga tampak bagaimana ia bergaul cukup ramah dengan seorang penjual dari Etnis lokal (Afrika/terlihat hitam) dan mungkin Islam karena terlihat dari busananya berhijab dan namanya Aisyah serta mereka bersua dengan bahasa Indonesia seadanya.

  Beberapa lama tinggal di Gabon seperti perasaan bosan, terutama karena jauh dari keluarga. Waktu itu saya berpikir untuk mendokumentasikan segala aktifitas di Afrika usai bekerja. Kemudian beberapa video tersebut aku oploud  ke youtube dengan nama NOMADPROSTORY. Namun tidak disangka video saya menjadi viral dan ditonton jutaan penikmat youtube. Bahkan dari komentar yang masuk meminta saya membuat lebih banyak konten lagi  ”,   Ujar SiDin Rahman bujang si julak.     Maulana Rahman jadi menjadi lebih aktip membuat konten seputar kehidupannya  di Afrika  seiring respon yang antusias atas kontennya.  Mulai dari video percakapannya dengan masyarakat Afrika, penampakan anak-anak Gabon hingga yang paling viral yakni video saat anak-anak asli Afrika makan mie khas Indonesia, video tersebut bahkan ditonton hingga 1,8 juta orang sejak di oploudnya 5 bulan lalu, subscribenya pun kini di angka 205 ribu.

Diakui  Maulana Rahman tinggal jauh dari keluarga hingga berttahun-tahun lamanya kadang menjadi kesedihan tersendiri bagi dirinya yang harus diisinya dengan kegiatan positip seperti membuat YouTube.    Untungnya jaringan sinyal yang bagus membuat ia mampu selalu berkomunikasi dengan orang tuanya, di kuala Kuayan Sampit serta teman-temannya yang ada di Kalimantan Tengah dan juga keluarga besar yang juga ada di Banjarbaru Kalimantan Selatan.   Iapun  sempat di penjara oleh pemerintah Gabon meski  hanya beberapa jam karena ijin Kitas-nya yang sudah mati atas bantuan  pihak perusahaan yang langsung mengurus akhirnya menyelamatkan dirinya.

Maulana Rahman  sebelumnya  sempat beberapa kali berpindah tempat tinggal  seperti Martapura (tempat kelahirannya),  ia juga lama tinggal di daerah Banjarbaru  dan  sempat mondok di Pesantren Al Falah landasan Ulin Banjarbaru, Kalimantan Selatan.   Kemudian saat usia SMA hingga bekerja justru juga lama dihabiskan di daerah Sampit, Kalimantan tengah. Tidak heran selain fasih bahasa banjar, Maulana juga bisa berbahasa Dayak Ngaju.

  Meski begitu hal yang paling berharga yang saya dapatkan ketika bekerja di Afrika yaitu selain penghasilan yang cukup besar, kini saya juga mulai bisa berbahasa Inggris dan Perancis, kebetulan bahasa Perancis memang dipakai warga Gabon. Selain itu yang paling dirasakan sekarang saya bisa menjadi youtuber dengan subscribe yang terus meningkat, artinya konten yang saya buat memang disukai orang  ”,   Ujar SiDin Maulana Rahman

Anggapan banyak orang selama ini tentang orang Afrika yang disebut kasar dan identik dengan kejahatan menurut Maulana tidaklah benar,   karakter masyarakat di Afrika  dikatakannya sama dengan masyarakat di Indonesia, ada yang ramah dan juga kasar.   Hal itu dapat disaksikan dari rekaman-rekaman video yang saya unggah di YouTube semuanya hampir spontanitas dan kejadian dikeseharian kami selama di Gaabon dan  terbukti sekitar 4 tahun tinggal di Gabon, ia mengaku belum pernah menerima perlakuan yang kasar dari masyarakat sana.

Biodata
Nama/TTL    : Maulana Rahman/Martapura, 25 Juni 1992.
Alamat : Kuala Kuayan kecamatan Mentaya Hulu, Kotawaringin Timur – Kalimantan Tengah.
Status  : Belum kawin
Pekerjaan : Pegawai asing di Afrika
Hobi. : Di bidang Seni & Olahraga
Pendidikan : SMANSA Mentaya Hulu.
Bahasa : Banjar, Dayak Ngaju, Indonesia, Inggris & Perancis.
Akun  : Youtube,  NOMADPROSTORY dan IG Erachman.er


Gersang tandus dan Panas negeri Afrika.

Maulana Rahman YouTuber Indonesia di Gabon Afrika.

3 komentar:

  1. Mantap kada sangka pang ada juapang bubuhan di negeti Afrika (blackland) tetap maju dan sukses

    BalasHapus
  2. Tolong Share lebih banyak about Indonesiam People at Congo ..... kerren

    BalasHapus
  3. Ikam bikin urang Kalimantan kehiranan bepergian jauhhh jua

    BalasHapus

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...