Senin, 06 April 2020

SPIDERMAN PARE-PARE PAHLAWAN KEBERSIHAN SAMPAH PLASTIK DI PANTAI.


NusanTaRa.Com
byLaDollaHBantA,   20/02/2020


“  Weeeee Spiderman tongeng okko wiring tasieee  “, Ujar Orang Ramai dalam bahasa bugis di pantai Lumpue Pare-pare yang kemudian datang mengerumuninya yang sedang membersihkan sampah plastik yang banyak berserakan di sepanjang pantai.   Rudi Hartono  adalah sosok dibalik penampilan berpakaian ala Spiderman tersebut yang sehari-hari bekerja di sebuah kafe,   ia melakukan hal unik ini untuk membujuk warga sekitar pesisir pantai Pare-pare agar mau mengambil sampah-sampah yang berserakan alias care to Clean BeacH.

Tentunya penampilan ini sangat beda dengan penampakannya di film yang berindak sebagai jagoan pembela kebenaran dan penolong orang lemah., kemudian tiba-tiba masyarakat Pare-Pare melihatnya berkeliaran disepanjang pantai kota kedua di Sulawesi Solata  itu.  Jagoan tersebut muncul di pantai seorang diri sedang mengumpulkan sampah plastik yang banyak beserakan dan mengotori keindahnnya agar  dapat  tampak sehat dan bersih bagi kota yang digelar juga sebagai kota Habibie. 

Ternyata peran yang ia lakoni tersebut tidak melorot jauh dari  watak tokoh film layar itu yaitu “ Pahlawan kebersihan “ dengan mengajak masyarakat untuk peduli akan pantainya.    " Awalnya, saya melakukan kegiatan yang sama tanpa mengenakan kostum.  Namun, itu tidak menarik perhatian publik untuk bergabung dan membantu mengambil sampah  ", Ujar SiDin Spiderman Pare-pare pria 36 tahun. 

"  Setelah mengenakan kostum, ternyata respons publik sangat luar biasa  ", Ujar SiDin Spiderman Pare-pare menambahkan.    Berdasarkan data KLHK bahwa  populasi Parepare sebesar 142.000 jiwa  menghasilkan sekitar 2,7 ton/hari limbah yang tidak dikelola dan Indonesia yang merupakan negara berpenduduk terbanyak keempat di dunia memiliki andil sebesar 3,2 juta ton limbah per tahun,  hampir setengahnya berakhir di laut tandasnya, ini membuatnya sangat prihatin akan kondisi kebersihan.

Kepedulian Rudi dalam  “ mengumpul “  sampah dengan busana  Spider-Man sebelum pekerjaan kafe dimulai pukul 7 malam. Upayanya ini telah membantu menyorot masalah sampah secara nasional sehingga Rudi telah diwawancarai oleh sejumlah surat kabar asing dan nasional diantaranya NusanTaRa.Com  dan muncul di acara obrolan televisi mengenakan kostum pahlawan super Marvel Comics untuk menceritakan motivasinya dalam gerakan  Spiderman bersihkan sampah plastik. 

 Awalnya, ia mengaku membeli
pakaian Spiderman hanya untuk menghibur keponakannya, namun seiring kebiasaannya yang suka membersihkan pantai yang kebetulan ngga jauh-jauh amat dari  rumahnya,  mulai Februari 2019 ia mencoba berbusana Spiderman sambil mengitari kawasan pantai dan memunguti sampah plastik.  Awalnya satu dua orang tertarik akan hal tersebut tapi semakin lama semakin banyak dan lebih Plabomoranya (hebatnya) mereka mengikuti saya disepanjang pantai sambil memungut sampah plastik dan menjadi gerakan kebersihan.

Di Kota Parepare, sosok Spiderman sudah dikenal sejak Februari 2019 lalu. Aksinya membersihkan sampah di kawasan ekowisata Salo Karajae, bahkan viral di media sosial.   "  Saya memang berniat untuk menarik perhatian warga, karena sebelumnya saya pernah melakukan hal yang sama tapi tidak mendapat respons yang baik, malah dibilang orang gila. Sayapun memutuskan memakai kostum Spiderman  ", Ujar SiDin Rudi.  NusanTaRa.Com menemui Rudi  saat memilah dan memungut sampah plastik di kawasan Pantai Cempae, Kelurahan Wattang Soreang, Kota Parepare, Sulawesi selatan bersama ditemani seorang bocah berpakaian superhero “ The Flash “,  Jumat (18/2/2020)

Dalam kesempatan dialog bersama  NusanTaRa.Com, Rudi berharap pemerintah Indonesia memberikan upaya yang lebih serius untuk membersihkan sampah dan memperketat peraturan tentang pengelolaan limbah, termasuk kantung plastik sekali pakai.   "  Meminimalkan sampah plastik adalah hal yang paling penting untuk dilakukan, karena plastik sulit terurai  ", Ujar SiDin Rudi Hartono or Spideman Pare-pare itu.



Spiderman tokoh film penolong manusia, 
Spiderman Pare-pare menolong kebersihan Pantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...