Senin, 13 April 2020

KENDARAAN " FIRE FIGHTING ", TANK MERAH PEMADAM KEBAKARAN HUTAN BUATAN INDONESIA.

NusanTaRa.Com
byMuhammaDNunukaN,  20/12/2019


PT Pindad perusahaan BUMN  Indonesia siap memproduksi kendaraan tank yang diperuntukkan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang memiliki daya angkut air sebanyak 3,000 liter. Tank ini dibangun dengan tujuan untuk memudahkan proses pemadaman kebakaran di lahan hutan hingga titik lokasi yang sulit dijangkau oleh kendaraan biasa.

Tank baja ini diberi nama "Fire Fighting" yang memiliki kelebihan mampu memadamkan api di kawasan hutan yang sulit dijangkau manusia atau kendaraan biasa.  Tank tersebut, lanjut dia, dibuat bersama dengan Rusia yang memiliki alat penyemprot air di bagian atas dan di sekeliling badan tank dengan kapasitas tampung air sebanyak 3.000 liter dan daya semprot sejauh 50 meter. Selain tahan tembakan, tank ini juga kuat tahan panas hingga bisa menembus lokasi yang kebakaran. Ada lubang-lubang air di sejumlah sudut tank yang bisa menyemprot air yang efeknya seperti tameng tank dari api.

Bagian riset dan pengembangan kendaraan khusus PT Pindad mengungkapkan, tank pemadam kebakaran sebetulnya adalah kendaraan tank Rusia jenis GPM yang biasa digunakan untuk mengangkut personel dan dimodifikasi.   “  Nanti..pengembangannya semua bagian tank akan dibuat di Pindad, ini masih prototype dalam tahap ujicoba  ”,  Ujar SiDin Sakiman,  Selasa (26/11/2019).

Pengembangan tank pemadam kebakaran yang merupakan hasil kerjasama dengan Rusia tersebut, menggunakan tank pengangkut personel militer yang dibuat oleh Rusia dengan jenis GPM. Rencananya, PT Pindad akan memproduksi secara massal dan dijual tank tersebut ke pasaran pada awal tahun 2020.  Pindad berkoordinasi dengan BNPB akan melakukan demo penggunaan tank baja ini di Sumatera pada bulan maret 2020.

PT Pindad sendiri sejauh ini sudah berhasil mengembangkan 3 unit kendaraan khusus untuk pemadam kebakaran dan yang terakhir ini sangat sesuai untuk kebakaran medan hutan yang sulit sekalipun.   Sebelum tank baja  "Fire Fighting " yang saat ini diujicobakan,  Pindad telah mengembangkan mobil pemadam api berbasic truk dan satu mobil pemadam api lainnya pada tahun 2010 lalu.

Tank Pemadam Kebakaran buatan Muromteplovoz asal Rusia, MT-LBu-GPM-10 saat uji coba kendaraan lapis baja di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Jakarta, Rabu. (24/7/2019).   Tank MT-LBu-GPM-10 dapat menampung 3.000 liter air, berkemampuan penyemprotan hingga 50 Meter lebih, dapat mengevakuasi korban bisa 8 sampai 10 orang, berkapasitas 13 petugas dan 3 orang Navigasi.

Sebenarnya kendaraan ini sudah siap diproduksi secara massal mulai tahun depan kalau saja sudah ada pemesanannya,  Tank pemadam api berwarna merah ini diperkirakan harganya mencapai Rp 30 miliar. Kendaraan ini telah siap diproduksi banyak untuk memenuhi kebutuhan pasar karena baru saja berhasil melalui ujicoba untuk prototype pertama dan diakui performanya.

Api merambat merusak lingkungan,
Fire Figting Tank Merah pemadam kebakaran Hutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...