Sabtu, 18 April 2020

RAISA ROBOT PELAYANAN PASIEN CORONA HASIL PRODUKSI ITS DAN RSU AIRLANGGGA.


NusanTaRa.Com
byPakeLEE,   18/04/2020


RAISA diserahterimakan kepada RS Universitas Airlangga (RSUA) di Gedung Pusat Robotika ITS, Selasa (14/4/2020) kemarin,   "  Robot ini mampu memberikan pelayanan kepada pasien yang sedang diisolasi seperti mengantar makanan, pakaian, maupun obat-obatan  ", Ujar SiDin Muhtadin,  tim peneliti RAISA, dari ITS Surabaya.     Raisa  (Robot medical Assiastant ITS-Airlangga) merupakan produk kolaborasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA),  yang bisa digunakan untuk meminimalkan kontak tenaga medis dengan pasien COVID-19 serta mengurangi pemakaian Alat Pelindung Diri (APD). 

Operasional RAISA bergantung pada koneksi WiFi karena   "  RAISA ini dikendalikan menggunakan remote control dari jarak jauh dengan joystick  ",  Ujar SiDin Muhtadin.   Robot setinggi 1,5 meter  ini dilengkapi dengan empat rak secara bersusun diproduksi dengan biaya sekitar Rp 100 juta per unit itu memiliki spesifikasi baterai 0,85 kWh, dan mampu bertahan sekitar 8-10 jam,   mampu membawa  barang maksimal 50 kilogram.

RAISA juga dilengkapi monitor untuk komunikasi dua arah antara tenaga medis dengan pasien menggunakan multimedia, diharapkan pengoperasian Robot ini dapat meminimalisir kontak antara petugas  medis dengan pasien Covid-19.   "  Uji coba operasional sudah dilakukan, sedang untuk menjaga kesterilannya juga bisa dilakukan dengan menggunakan disinfektan  ",  Ujar SiDin Laji.

"  Hari ini kami berharap kontribusi yang diberikan dapat memberikan manfaat untuk para tenaga medis maupun masyarakat  ",  Ujar SiDin M Ashari Rektor ITS.    Rektor ITS Mochamad Ashari mengatakan proyek itu telah dilakukan bersama dengan Unair dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menyelesaikan permasalahan yang ditimbulkan pandemi virus corona atau COVID-19 ini. 

Rektor ITS  menjelaskan terkait proyek RAISA, bersyukur tim telah turut mendukung pemerintah dalam menyelesaikan satu persatu permasalahan yang ditimbulkan oleh adanya pandemi virus corona atau Covid-19  di tanah air.     Hari ini kami berharap kontribusi yang diberikan dapat memberikan manfaat untuk para tenaga medis maupun masyarakat  ”,  Ujarnya dengan semangat.

RAISA dirancang oleh orang-orang yang handal dan tim robot ITS yang  memenangkan berbagai lomba di mancanegara,  "  Dengan menggandeng orang-orang medis dari RSUA, semakin melengkapi fitur pada robot yang akan dibutuhkan pasien nantinya  ",  Ujar SiDin M Ashari.   Nasronudin Direktut Utama  RSUA menambahkan, walaupun ada robot, pasien tetap memerlukan perawat, setidaknya intensitas interaksinya menjadi berkurang,   "  Perlunya sentuhan hati dan interaksi langsung dibutuhkan juga sesekali untuk mendukung psikologi dari pasien COVID-19 sendiri  ”,  Ujar SiDin Nasronudin.

Emil Elistiano Dardak Wakil Gubernur Jawa Timu mengharapkan agar robot RAISA ini dipercepat produksinya untuk kebutuhan yang mendesak sekarang terlebih telah melewati uji kelayakan, apabila sudah dioperasikan dengan baik di RSUA, diharapkan bisa segera dioperasikan secara massal.      Karena kami (Pemprov Jatim, red) sudah menyiapkan dana dari APBD yang khusus untuk mengembangkan riset dan teknologi  ”, Ujar SiDin Emil dengan Plabomoranya (hebatnya).

"  RAISA ini menarik, selain penampilan interface yang cute, juga bisa menghubungkan pasien dengan perawat yang ada di luar melalui layar  ",  Ujar SiDin  Emil  E Dardak Wagub Jatim.    Dia berharap agar robot RAISA dipercepat produksinya, jika sudah dioperasikan dengan baik di RSUA, maka harus bisa segera dioperasikan secara massal.    Karena kami sudah menyiapkan dana dari APBD yang khusus untuk mengembangkan riset dan teknologi  ",  Ujar Emil.

Hj. Kopipah Indar Parawangsa Gubernur Jatim
Robot manusia bakri saja ada,

RAISA Robot mendukung pelayanan pasien Corona.

1 komentar:

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...