Senin, 06 April 2020

SETELAH TERTUNDA SEKITAR SETAHUN, AHMAD RIZA PATRIA DITETAPKAN SEBAGAI WAGUB DKI JUKARTA.


NusanTaRa.Com
byBambanGNunukaN,   06/04/2020 



 Ahmad  Riza Patria  dari Partai Gerindra Calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta  akhirnya  terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.   Ia  menumbangkan  cawagub DKI  Nurmansyah Lubis  dari PKS   melalui  proses pemungutan suara secara tertutup saat sidang paripurna DPRD  DKI dengan agenda pemilihan wagub DKI, Senin (6/4), di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih.

Anggota DPRD  DKI berjumlah 106 orang namun dalam proses pemilihan dilakukan oleh 100 anggota DPRD.   Ahmad Riza Patria mendapatkan 81 suara   sedangkan Nurmansjah Lubis hanya memperoleh  17 suara dengan  suara  sah sebanyak 98 suara, sedangkan suara tidak sah sebanyak dua suara sehinggah  Jumlah total suara pemilih adalah 100 suara.

Ketua panitia pemilihan (panlih) Farazandi Fidinansyah mengatakan, dari hasil pemilihan suara tersebut, Ahmad Riza Patria mendapatkan suara terbanyak dibandingkan Nurmansjah Lubis.  "  Dengan hasil ini maka Ahmad Riza Patria terpilih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta untuk kemudian mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  ", Ujar SiDin Farazandi F, Senin (6/4).

Riza dan Nurmansjah merupakan cawagub  yang  baru diusulkan Gerindra dan PKS  menggantikan dua nama cawagub sebelumnya, yakni kader PKS Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.    Gerindra dan PKS mengganti nama cawagub  sebelumnya karena nama Agung dan Syaikhu tak kunjung diproses oleh DPRD DKI Jakarta,  meski  kedua nama itu sudah diserahkan ke DPRD pada Maret 2019.   Ahmad Riza Patria lahir di Banjarmasin pada 17 Desember 1969,  Dia merupakan putra dari Amidhan Shaberah yang menjabat sebagai Ketua MUI periode 1995 sampai 2015.

Proses pemilihan tersebut dilanjutkan ke penetapan hasil pemilihan suara dengan penandatanganan berita acara oleh Ketua DPRD DKI Jakarta dan Gubernur DKI Jakarta serta panlih dan saksi.  Kemudian, hasil penetapan pemilihan suara wagub DKI ini akan diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapat penetapan atau persetujuan.


Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi mengucapkan selamat kepada wagub DKI terpilih Ahmad Riza Patria. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia pemilihan, anggota dewan, dan saksi.    "  Berdasarkan hasil pemilihan suara wagub DKI sisa masa jabatan 2017-2022, dengan demikian Ahmad Riza Patria ditetapkan sebagai wagub DKI terpilih sisa masa jabatan 2017-2022  ", Ujar SiDin Prasetio. 

Prasetio  juga  menambahkan, hasil pemilihan wagub ini akan disampaikan pimpinan DPRD DKI ke presiden melalui Kemendagri untuk dilantik.   Hasil  pemilihan ini menandakan  selesainya tugas  DPRD DKI Jakarta memilih wagub DKI pengganti  Sandiaga Uno yang  mengundurkan diri untuk mencalonkan diri sebagai calon wakil Presiden RI  2019  mendampingi   Agus Harimurti  Yudoyono dan sempat tertunda lebih dari setahun lamanya.

Anggota Panitia pemilihan Andyka S,  menegaskan bahwa  komitmen panita dan pimpinan DPRD DKI melanjutkan pemilihan wagub ini sebagai ikhtiar dan kerja politik dan kebutuhan kinerja pejabat Pomda.    Upaya ini tetap dilakukan agar gubernur segera memiliki wakil untuk mendampingi beliau dalam tugas terutama perkembangan  penanganan Corona Covid-19  yang menghebohkan dan diharapkan bisa lebih cepat tertangani dengan adanya bantuan dari wagub.


Berat tugas di Kota Jukarta,

Ahmad Riza Patria terpilih Wagub DKI Jukarta.

1 komentar:

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...