Selasa, 29 Januari 2019

XI JINPING PRESIDEN SEUMUR HIDUP CHINA AFTER MAO SET TUNG.

NusanTaRa.Com
byLaDollaHBantA, 8/Januari/2019



Badan legislatif China secara resmi menghapuskan batas masa jabatan kepresidenan pada hari Minggu (11/3/2018), sebuah langkah yang mungkin didorong oleh ketakutan Presiden Xi Jinping terhadap pertikaian antarfaksi dan bahkan kudeta yang gagal di dalam Partai Komunis. Ini bermakna bahwa Xi Jinping yang dilantik sebagai presiden China pada Februari 2013 akan menempati posisi presiden hingga akhir hayatnya  atau seumur hidup.

Xi Jinping, yang tidak memiliki aliansi faksi, menjadi presiden lima tahun yang lalu setelah koalisi Jiang memiliki kontrol luas selama hampir dua dekade, menurut Sino Insider, sebuah firma konsultasi yang khusus mengamati kepemimpinan China.   "  Sejak menjabat pada tahun 2012, Xi  Jinping  telah terlibat dalam kontes hidup-dan-mati dengan faksi politik Jiang Zemin yang berpengaruh   ", Ujar SiDin Don Tse, CEO Sino Insider, dan Larry Ong, seorang analis senior dalam tulisan mereka di Business Insider.

Meski Partai Komunis China satu - satunya partai yang ada di China, realita menampakkan ada dua faksi berbeda.   Pertama Faksi koalisi populis dan  Kedua Faksi  yang namanya  sesuai nama mantan Presiden Jiang Zemin -  Elitis  dan terdiri dari 'princelings' atau pemimpin dari keluarga pejabat tinggi.   Pada tahun 2012 dan 2017 beredar rumor mengenai faksi Jiang yang telah merencanakan sebuah kudeta politik. Terlepas dari rumor yang tidak didasarkan pada informasi yang terbuka secara publik, Xi Jinping mengambil tindakan tegas.

Kepala badan pengawas sekuritas China, Liu Shiyu, mengonfirmasi posisi partai dalam kudeta di kongres tahunan negara bulan Oktober 2016  dengan mengatakan beberapa anggota partai  " merencanakan untuk merebut kepemimpinan partai tersebut dan merebut kekuasaan Negara ".  Kudeta di China yang dikuasai satu Partai secara ketat hampir muskil, mungkin retorika yang pas itu mrnggambarkan beta kerasnya tindakan antikorupsi Xi terhadap saingan polititnya dan ini memperngaruhi Xi untuk memperkuat posisinya di dalam perang antarfaksi.

Sementara itu, wakil direktur studi China di Center for Strategic and International Studies (CSIS), Scott Kennedy, mengatakan kepada CNBC International penghapusan batas masa jabatan presiden itu menggambarkan situasi baru di China di mana apa yang baik untuk Xi berarti juga baik untuk partai dan China secara keseluruhan.   "  Apa yang baik untuk China juga baik untuk dunia. Semua hal tersambung dan sangat berbeda dengan politik China [di era] Deng Xiaoping  ", Ujar SiDin Scott Kennedy. 

Presiden Cina Xi Jinping, disambut dengan tepuk tangan dalam pembukaan Kongres Nasional Partai Komunis Cina ke-19 di  di Beijing, Cina, 18 Oktober 2017. Xi Jinping mengatakan  China memasuki era baru Sosialisme dengan kekhasan-kekhasan Cina.    Xi diharapkan memantapkan kekuasaannya selama kongres ke-19 Partai Komunis  Oktober 2017 ini  berlangsung. Kongres ini merupakan acara lima tahunan, yang akan mengocok ulang susunan pemimpin generasi pada partai.

Posisi China saat ini lagi  menanjak naik ke panggung global dan Amerika Serikat fokus pada masalah domestik, para ahli meragukan apakah Xi bisa memimpin negaranya melewati masa-masa sulit di depan.   “ Xi mengepalai semua pusat kekuasaan yang penting mulai dari militer hingga ke kepresidenan. Xi menjadi pusat perhatian di ranah kepemimpinan China modern  ”, Ujar SiDin  Kerry Brown King,s College London.

Perbedaan kepemimpinan Xi yang sangat eklessife dan mencolok kala dia mengampanyekan anti Korupsi yang  berdampak langsung dengan pencopotan jabatan di segala tingkat pemerintahan dari mulai daerah hingga pusat. Sekitar 300.000 kasus korupsi terjaring pada tahun 2015. Para pelaku mendapat sanksi ringan hingga berat berupa hukuman penjara diatas sepuluh tahun.     Kampanye itu meningkatkan kepercayaan publik terhadap Partai Komunis China mengingat korupsi sudah menjadi masalah besar dalam sistem komunis sejak akhir Revolusi Budaya  ”, Ujar SiDin Li.   


Partai Komunis partai tunggal China,
Xi Jinping sejak 2018 presiden seumur Hidup di China.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...