Sabtu, 27 Juli 2024

TEMUAN IKAN LELE RAKSASA DUNIA DAN CATATAN REKOR DUNIANYA

NusaNTaRa.Com    

byBakuINunukaN,             J   u   m   a   t,       2    6      J    u    l    i      2    0    2    4

Alessandro Biancardi menemukan Lelel Raksasa di Sungai PO Italia seberat 137 kg

Lele atau ikan keli  adalah  sejenis  ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki 2 kumis yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya. Ikan ini banyak dikonsumsi karena rasanya yang enak jika dimasak dan biasanya digoreng atau dibakar.   Penangkapan ikan raksasa tentunya akan  menarik perhatian, terutama jika ikan-ikan tersebut lebih dikenal masyarakat  umum  dalam ukuran kecil dan biasa dikonsumsi, contohnya ikan lele.

Ikan  Lele dikembangbiakkan di Indonesia untuk konsumsi dan juga untuk menjaga kualitas air yang tercemar,  tapi dialam Ikan Lelenya banyak ditemukan di Sungai dan Rawa.   Seringkali lele ditaruh di tempat-tempat yang tercemar karena bisa menghilangkan kotoran-kotoran. Lele yang ditaruh di tempat-tempat yang kotor harus diberok terlebih dahulu sebelum siap untuk dikonsumsi. Diberok maksudnya adalah dipelihara pada air yang mengalir selama beberapa hari dengan maksud untuk membersihkan saluran pencernaannya.

Ikan-ikan keluarga  Clariidae dikenali dari tubuhnya yang licin memanjang tak bersisik, dengan sirip punggung dan sirip anus yang juga panjang, yang kadang-kadang menyatu dengan sirip ekor.   Lele memiliki tubuh yang lonjong seperti torpedo atau sangat panjang seperti sidat pendek.   Kepalanya keras menulang di bagian atas, dengan mata yang kecil dan mulut lebar yang terletak di ujung moncong, dilengkapi dengan empat pasang sungut peraba (barbels) yang amat berguna untuk bergerak di air yang gelap.   Beberapa spesies lele tidak bisa melihat.

Namun kali ini NusaNTaRa.Com  merangkum ikan lele yang dalam bahasa latingnya  Clarias batrachus sp yang tertangkap dalam ukuran Jumbo (besar)  karena   antara ikan lele berukuran besar yang ditemukan ini, ada yang memiliki ukuran luar biasa besar  bahkan bobotnya hampir seberat sapi.   Berikut adalah Lima rekor dunia ikan lele terbesar yang pernah ditangkap masyarakat di dunia adalah  : 

 

1. Lele Raksasa Mekong

Di Thailand bagian utara,  seekor ikan lele Mekong raksasa memiliki berat yang mencengangkan sebesar 293 kg nyaris seberat sapi hasil persilangan.   Ikan ini ditangkap pada tahun 2005  dan mencetak rekor dunia untuk ikan air tawar terbesar yang pernah ditangkap pada saat itu.   Pada 2024, seorang pemancing asal Inggris berhasil menangkap Lele raksasa Mekong dengan berat nyaris 200 kilogram setelah berjuang selama satu setengah jam di Sungai Mekong.

Lele raksasa Mekong hidup di sistem sungai Mekong yang melintasi berbagai negara seperti Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Spesies tersebut saat ini terancam punah karena berbagai faktor, termasuk penangkapan berlebihan dan kerusakan habitat.

 

2. Ikan Lele Wels di Sungai Po, Italia

Ikan lele Wels berhasil ditangkap di Sungai Po, Italia,  12  April  2023, oleh seorang pemancing bernama Alessandro Biancardi,  Ikan raksasa ini memiliki panjang sekitar 2,81 meter dan berat 137 kg.    "  Lele Wels dilepas di Sungai Po sekitar tahun 2000. Ketika spesies ikan (seperti lele wels) dilepas ke lingkungan baru yang cocok, pertumbuhannya tinggi  ",  Ujar SiDin Per Larsson  dengan Boneernya (Semangatnya),  beliau  tercatat sebagai  seorang profesor tamu di Universitas Linnaeus di Swedia yang mempelajari ikan predator.

Makanan ikan lele Wels sangat beragam tergantung habitatnya  ia dapat  memakan ikan, amfibi, bahkan burung kecil.  Kombinasi ukuran, kekuatan, dan  nafsu makannya yang rakus menjadikannya tangkapan berharga di kalangan pemancing yang mencari sensasi pertarungan yang menantang.

 

3. Ikan Lele Piraiba Amazon

Lembah Sungai Amazon di Amerika Selatan, dengan perairan sungainya yang besar  dan  yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya,  menjadi rumah bagi ikan lele Piraiba dengan berat 155 kg yang ditangkap pada 2009.   Piraiba adalah hewan karnivor dan dikenal biasa bermigrasi sejauh 4.000 km setiap masa reproduksinya tiba,   ikan ini memiliki kemampuan adaptasi yang baik dan dapat bertahan hidup di berbagai kondisi perairan di Sungai Amazon.

 

4. Lele Raksasa di Sungai Ebro, Spanyol

Di Sungai Ebro, Spanyol, pemancing melaporkan penangkapan lele Wels yang beratnya mencapai 113 kg dan panjangnya hampir 2,4 meter.   Meskipun tidak ada catatan resmi untuk tangkapan ini, cerita dari pemancing lokal menunjukkan bahwa lele-lele di Sungai Ebro dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar.

 

5. Lele Raksasa di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, terutama di Sungai Mississippi, penampakan lele raksasa juga sering dilaporkan. Salah satu tangkapan terbesar yang tercatat adalah lele biru dengan berat 130 kilogram dan panjang lebih dari 1,5 meter.

Keberadaan ikan lele raksasa ini menunjukkan betapa luar biasanya keanekaragaman spesies ikan air tawar dan kemampuan mereka untuk tumbuh dalam kondisi yang tepat.   Tangkapan-tangkapan ini tidak hanya menarik bagi para pemancing tetapi juga memberikan wawasan penting bagi para ilmuwan yang mempelajari ekosistem air tawar dan spesies ikan yang menghuninya.

Alessandro Biancardi pemancing Italia

 

Ikan Lele berkulit licin,  berkumis  dan  mulut lebar.

Umum berukuran kecil diketemukan juga berukuran besar.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BANJIR BESAR MELANDA NEGERI MYANMAR TELAH MENELAN KORBAN 226 KORBAN

NusaNTaRa.Com       byPunGKadA,       J  u  m  a  t,    2   0     S   e   p   t   e   m   b   e   r     2   0   2   4 Banjir di Myanmar mene...