Selasa, 16 Juli 2024

44 WARGA BANGLADESH DAN MYANMAR YANG AKAN KE AUSTRALIA TERDAMPAR DI ROTE NDAO NTT, DIAMANKAN

NusaNTaRa.Com 

byGreaTBritteN,         S   e   l   a   s   a,    0   9      J    u    l    i      2   0   2   4

Sejumlah WNA yang ditemukan Timpora Rote ndao saat ditampung dalam bus untuk dibawa ke Mapolres Rote Ndao, Senin (8/7/2024).

Warga negara asing (WNA)  berjumlah 44 orang yang berasal dari Bangladesh dan Myanmar terdampar di pesisir pantai kabupaten tersebut,  TIMPORA  (Tim Pengawasan Orang Asing) Kabupaten Rote Ndao,  Provinsi Nusa Tenggara berhasil menemukan dan mengamankan.   Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) NTT Dian Lestary Raynilda Lenggu mengatakan, saat ini 44 orang WNA tersebut masih ditahan di Mapolres Rote Ndao,   "  Betul, sekarang mereka masih ditahan di Polres Rote Ndao  ",  Ujar SiGaluH Dian LR Lenggu dengan Plabomoranya (Hebatnya) di Kupang, Selasa,  09  Juli  2024.

Dia mengatakan dari hasil pemeriksaan sementara diketahui bahwa mereka yang berkewarganegaraan Bangladesh berjumlah 36 orang, sementara sisanya berjumlah  08  orang  dari Myanmar.    Aparat Kepolisian Resor Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), pun turut  mengamankan ke 36 warga negara Bangladesh dan  08  warga negara Myanmar dari etnis Rohingya,   mereka diamankan di perairan Pulau Rote  pada  Senin  (08/07/2024) saat sedang menuju Australia.

Kapal yang ditumpangi 44 imigran gelap itu rusak dan membuat mereka terdampar di pesisir Pantai Fufuno, Desa Sonimanu, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao.    "  Mereka kita amankan Senin  (8/7/2024)  kemarin   ",   Ujar Cakap Besar Kepala Kepolisian Resor Rote Ndao Ajun Komisaris Besar Polisi Mardiono saat dikonfirmasi waartawan  melalui sambungan telepon,  pada  Selasa   (09/07/2024).

Penemuan WNA itu bermula dari laporan dari Penjabat Kepala Desa Sonimanu yang menyampaikan bahwa pada Senin kemarin terdapat sebuah kapal yang terdampar di pesisir pantai desa tersebut.   Saat diperiksa ditemukan ada 22 orang warga negara asing yang ada di dalam kapal tersebut,  semua  teridentifikasi  berjenis kelamin pria dan berasal dari Bangladesh.   Tak berselang lama, kata dia, ada pula laporan yang masuk yang menyatakan bahwa ditemukan ada lima WNA yang menghadang sebuah mobil pick up yang hendak menuju pelabuhan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) di wilayah itu.

"  Kendaraan yang dikendarai oleh warga bernama Roy Tudunga dihadang di jalan tepatnya di Dusun Pokobatun Desa Pengodua di Kecamatan Rote Timur dan mereka meminta tumpangan   ",   Ujar Dian LR Lenggu dengan Boneernya (Semangatnya).   Lima WNA tersebut semuanya berjenis kelamin laki-laki dan mengaku dari Rohingya Myanmar.Saat ini kelimanya sudah di Mapolres Rote Ndao.

Laporan kembali muncul, kata Dian Lestary Raynilda Lenggu , ditemukan lagi kapal terdampar di pesisir pantai Dusun Danolon, Desa Mukekuku, Kecamatan Rote Timur, dengan jumlah WNA 17 orang.    Belasan orang itu terdiri dari dua orang WNA asal Myanmar dan sisanya dari Bangladesh.   Menurut pengakuan dari seorang WNA asal Myanmar Muhammad Aziz bahwa mereka sudah masuk ke wilayah perairan Australia, kemudian dihadang oleh Australia Border Force dan menyuruh untuk kembali.

"  Mereka lalu diberikan makanan, berupa air mineral dan lifejacket untuk kembali ke Indonesia  ",    Ujar SiDin  M Aziz dengan  Soppengernya (Jumawanya).   Untuk proses selanjutnya akan diproses oleh pihak Imigrasi Kupang dan Polres setempat seperti pemeriksaan dan kebutuhan lainnya. Selanjutnya lagi menanti keputusan apa yang akan diberikan kepada mereka terkait pelanggaran yang telah mereka lakoni di  Tanah air.    Saat diamankan, para imigran dengan tujuan Australia ini tidak memiliki dokumen perjalanan dan identitas apa pun,   "  Mereka saat ini diamankan di Mapolres  ",   Ujar SiDin Mardiono.

Perahu yang digunakan WN Bangladesh dan Myanmar 
yang akan ke Australia dan tertangkap (satu dari dua perahu)


44 WN Bangladesh dan Myanmar  di amankan di NTT.

Berperahu illegal di usir Keamanan Laut Australia ke NTT.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BANJIR BESAR MELANDA NEGERI MYANMAR TELAH MENELAN KORBAN 226 KORBAN

NusaNTaRa.Com       byPunGKadA,       J  u  m  a  t,    2   0     S   e   p   t   e   m   b   e   r     2   0   2   4 Banjir di Myanmar mene...