Sabtu, 27 Juli 2024

SUNGAI TAMBORASI DI SULAWESI TENGGARA SUNGAI TERPENDEK DI DUNIA

NusaNTaRa.Com   

byBakuINunukaN,      J   u   m   a   t,    2    6       J      u      l       i       2   0   2   4                  

Sungai Tamborasi sungai terpendek di Dunia

Bercakap sungai terpanjang di dunia mungkin kita sudah biasa, bahkan sejak sekolah SMP kita sudah tahu bahwa itu pasti Sungai NIL di Benua Afrika.    Tapi kita pasti terbengung bila yang dipertanyakan adalah  Sungai TERPENDEK di Dunia apa ?.    Lantas bagaimana dengan sungai terpendek di dunia ?  Meski terheran kita akan mendapatkan  Jawaban  bahwa sungai terpendek di dunia ada di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.   Letak desa ini diapit oleh Pegunungan Tamborasi, di sisi teluk Bone. Anda akan melihat lanskap desa yang menawan di sini.

Sungai Tamborasi berada di Tamborasi   dapat terlihat langsung di sisi sebelah kiri jalan Trans Sulawesi saat menuju Kabupaten Kolaka Utara.   Panjang sungai ini diketahui hanya 20 meter saja dengan lebar 15 meter menjadi sungai terpendek di dunia ditetapkan  world Atlas,  air  sungai Tamborasi mengalir  hingga ke laut Flores yang bermuara di Teluk Bone.   Karena keindahan yang mengarah langsung ke laut Flores, diketahui Sungai Tamborasi menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal  dengan  tepian yang berbatu serta suasana hutan yang asri dan sejuk menjadi pemikat Sungai Tamborasi yang cocok untuk healing sekejap untuk para wisatawan.

Sungai Tamborasi bisa dijangkau dengan melakukan perjalanan darat sekitar 90 KM ke utara barat Kota Kolaka. Para wisatawan akan melewati jalan lintas provinsi beraspal mulus di ruas Ranteangin-Kolaka. Jika sudah sampai di sana, terdapat tulisan besar warna-warnin “Tamborasi Beach”  dengan latar langsung Laut Flores  setelah melintasi  Teluk Bone.

Sungai Tamborasi memiliki air yang begitu jernih hingga bisa melihat ikan hlngga ke dasar sungai sedalam 5 meter  dan  hulu sungai ini berada di sela-sela tebing kapur putih dengan suhu air yang dingin.   Namun, semakin mendekati muara di Laut Flores, suhu air berangsung hangat dan terasa asin  serta  tak jauh dari sungai, terbentang pantai pasir putih yang kerap dinamakan masyarakat setempat sebagai Pantai Tamborasi.

Sesampainya di sana, sekilas sungai ini justru lebih mirip danau karena saking kecilnya. Hanya saja, aliran airnya yang cukup deras, tidak seperti danau yang cenderung air menggenang, menguatkan bahwa ini memanglah sebuah sungai. Untuk bersantai, sepanjang perjalanan sungai 20 meter itu, Sungai Tamborasi akan menyuguhkan pemandangan menawan dari gunung marmer. Air jernihnya yang berwarna hijau tosca itu juga bisa langsung menghipnotis wisatawan karena tenangnya aliran sungai itu.

Selain sungai Tamborasi ada sunagi lain di dunia yang juga di nobatkan sebagai sungai terpendek di dunia. Sebut saja sungai di Kovasselva, Norwegia yang hanya memiliki panjang 22 meter. Lalu ada Sungai Reprua di Georgia dengan panjang 27 meter, Sungai Ombla di Kroasia dengan panjang 30 meter, Sungai Jezernica di Slovenia dengan panjang 55 meter, Sungai Roe di Amerika Serikat dengan panjang 61 meter, dan Sungai Rio de Los Patos di Republik Dominika dengan panjang 61 meter.

Hulu sungai terpendek di dunia ini akan tampak usai saat kita menyusuri jalan setapak sejauh 200 meter dari gerbang masuk  dan sebanyak delapan anak tangga akan menyambut kita menuju hulu sungai dengan air hijau toska jernih ini   dan akhir  tahun Anda akan disuguhkan pemandangan kawasan perbukitan di kaki Gunung Mekongga dan birunya air laut.   Pengelola juga menyewakan belasan ban yang diikat dengan, sehingga memungkinkan pengunjung untuk melakukan river tubing.

Untuk menuju ke sungai Tamborasi,  ada beberapa pilihan akses apabila akan ke tempat wisata Tamborasi ini. Yang pertama bisa melalui udara dengan rute perjalanan dari Bandara Sultan Hasanuddin Maros menuju Bandar Udara Sangia Nibandera Kabupaten Kolaka dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.   Dengan akses darat bisa menggunakan rute dari Kota Kendari ke Kolaka dengan memakan waktu 3-4 jam perjalanan  dan  dari pusat Kabupaten Kolaka ke Sungai Tamborasi membutuhkan waktu 1-2 jam lagi, dengan jarak sekitar 90 kilometer ke arah utara.

Sungai Tamborasi sulawesi Tenggara


Tamborasi berair jernih sungai terpendek di dunia bee. 

Hulu sungai dari celah bukit Kapur bermuara di Teluk Bone.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BANJIR BESAR MELANDA NEGERI MYANMAR TELAH MENELAN KORBAN 226 KORBAN

NusaNTaRa.Com       byPunGKadA,       J  u  m  a  t,    2   0     S   e   p   t   e   m   b   e   r     2   0   2   4 Banjir di Myanmar mene...