Selasa, 17 Maret 2020

PT PAL, INDONESIA NEGARA PERTAMA DI ASEAN “ PRODUKSI KAPAL SELAM “.


NusanTaRa.Com
byJoneDPringgoNDandI,    22/01/2020


PT. PAL INDONESIA (Persero)  yang bekerjasama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine ENGINEERING (DSME) berhasil dalam ujicoba Kapal Selam Alugoro  dalam uji menyelam di kedalaman 250 meter pada Senin (20/1/2020).   Alugoro merupakan kapal selam ketiga dari Batch Pertama kerjasama pembangunan kapal selam  kerja sama Indonesia dan Korea Selatan sebelumnya  KRI Ardadedali-404  rampung 2018 dan KRI Nagapasa 403  rampung 2017  yang pengerjaannya di Korsel. .  

Pembuatan Kapal selam  PT PAL Indonesia (Persero) KRI  Alugoro 405  mulai melakukan uji Sea Acceptance Test (SAT) sejak pertengahan Januari 2020 di Banyuwangi, Jawa Timur dan Laut Bali Utara. Kapal selam ini berhasil diproduksi di Indonesia dengan menggandeng Korea Selatan (Korsel).   Keberhasilan PT. PAL Indonesia memproduksi KRI Alugoro menjadikan Indonesia Negara pertama  di ASEAN yang berhasil produksi Kapal Selam,  "  Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu mengembangkan dan membangun teknologi kapal selam  ", Ujar tulisan dalam situs resmi  PT  PAL,  Selasa (21/01/2020).

Kapal selam ini termasuk jenis U209 Chang Bogo Class memiliki panjang 61,3 m dengan kecepatan mencapai 21 knot ketika berada di bawah air, mampu membawa 40 kru dengan kemampuan jelajah hingga 50 hari dan di desain dengan life time mencapai 30 tahun.   Bobot total kapal selam tersebut sebesar 1.460 ton saat muncul di permukaan dan 1.596 ton ketika menyelam di bawah permukaan.

Kapal selam tersebut sepenuhnya dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero). Dalam pengerjaan joint section PT PAL Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan dengan predikat zero defect. Launching atau peluncuran serta pemberian nama kapal dilakukan pada 11 April 2019 di Dermaga Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero).   Keunggulan utama KRI Alugoro 405 karena mampu masuk ke kedalam  laut yang cukup daalam 250 meter.   "  Kemarin sudah berhasil dites ke kedalaman 250 meter, itu sangat dalam. Dan ini bukan kedalaman maksimum. Jadi nanti ada pengetesan lagi lebih dalam  ", Ujar SiDin Utario Esna Plt. Kadep Humas PT PAL Indonesia (Persero), Selasa, (21/1/2020). 

Utario pun menyebut KRI 405 Alugoro sebagai kapal selam yang paling optimal selama dibuat oleh PT PAL. Salah satu indikator yang dibuat adalah cocok untuk menyisir perairan di Indonesia.   "  Karena setting-an (kapal selam ini) kan beda dengan kapal selam samudera lepas. Nanti malah sulit untuk bermanuver. Kapal selam ini manuver serta ability-nya cocok dengan kedalaman kepulauan di Indonesia. Itu yang terutama  ",  Ujar SiDin Utario laji. 

Kapal selam ini berjenis Diesel Electric Submarine U209 / 1400 (KSDE U209 Chang Bogo Class) pesanan TNI Angkatan Laut hasil kerja sama antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan, dalam skema transfer teknologi.   Indonesia memesan tiga kapal selam dari DSME, sebanyak dua unit sudah dibuat di Korea Selatan yaitu KRI Ardadedali 404 dan KRI Nagapasa 403. Sedangkan KRI 405 Alugoro diproduksi di galangan kapal PT PAL di Surabaya, Jawa Timur.

Kapal Selam yang dibuat PT PAL ini selesai diproduksi 11 April 2019 di galangan kapal milik PT PAL, Surabaya, Jawa Timur. Proses produksinnya memakan waktu sampai 4 tahun. Pada 6 April 2015, dimulai groundbreaking pembangunan infrastruktur kapal selam di PT PAL Indonesia (Persero).   Pada 20 Januari 2020, kapal selam Alugoro sukses menjalani tahapan Nominal Diving Depth (NDD) di Perairan Utara Pulau Bali dengan kedalaman yang berhasil ditembus mencapai 250 meter.


KRI Alugoro 405 jenis kapal selam,
 Indonesia Negara ASEAN pertama produksi Kapal Selam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...