Selasa, 10 Maret 2020

KUNJUNGAN RAJA BELANDA MOHON KEMAAFAN ATAS KEKERASAN MASA SILAM.


NusanTaRa.Com
byBakkaranGNunukaN,  10/03/2020


Kunjungan kenegaraan Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3), disambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) di damping ibu Negara Iriana Jokowi.   Ketibaan keduanya pun disambut  barisan  pasukan berbaju Nusantara,  dilanjutkan dengan upacara penyambutan dan sesi foto bersama.

Dalam kesempatan tersebut Raja Belanda Willem Alexander  menyampaikan penyesalan dan permohonan maaf kepada Indonesia atas kekerasan berlebihan dari bangsa Belanda pada masa penjajahan.     Selaras dengan pernyataan pemerintahan saya sebelumnya, saya ingin menyampaikan penyesalan saya dan permohonan maaf untuk kekerasan yang berlebihan dari Belanda pada tahun-tahun tersebut  ”,  Ujar SiDin Raja Willem dalam pernyataan pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (10/3).


Memasuki 75 tahun usia Republik Indonesia, hubungan bilateral Indonesia-Belanda terus meningkat,  keduanya  saling menghormati dan mendapatkan keuntungan dari berbagai skema kerja sama.    Pada 2013, Joint Declaration on Comprehensive Partnership antara Presiden RI dan Perdana Menteri Belanda telah memuat secara eksplisit pengakuan moral serta politis Pemerintah Belanda atas Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.


Dalam pernyataan pers,  Raja Willem mengatakan, pada tahun-tahun setelah diumumkannya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terjadi sebuah perpisahan yang menyakitkan dan mengakibatkan banyak korban jiwa sehingga  pemerintahannya merasa perlu menyampaikan permohonan maaf,      Saya melakukan ini dengan kesadaran penuh bahwa rasa sakit dan kesedihan keluarga-keluarga yang terdampak masih dirasakan sampai saat ini  ”, Ujar SiDin Raja Willem.


Raja Belanda menambahkan, 75 tahun lalu pada 17 Agustus 1945, Indonesia mengumumkan proklamasi serta menuntut tempatnya di antara negara-negara yang bebas dan merdeka.     Pemerintah Belanda secara tegas telah mengakui hal ini, baik secara politik maupun secara moral, 15 tahun yang lalu. Hari ini kami dengan penuh kehangatan mengucapkan selamat pada rakyat Indonesia pada saat perayaan 75 tahun kemerdekaan  ”, Ujar SiDin Raja Willem dan menjadi hal yang sangat mesra bila kedua pihak  dapat menjalin hubungan yang makin erat dan mengembangkan sebuah hubungan baru berdasarkan rasa hormat, saling percaya, dan persahabatan.


  Ikatan di antara kita semakin erat dan beragam. Ini sungguh menggembirakan saya. Saya tahu di Belanda banyak yang merasakan hal yang sama. Banyak orang di Belanda merasakan ikatan yang kuat dengan Indonesia  ”, Ujar SiDin Raja Willem.  Dalam kunjungan ini diharapkan memberikan hubungan yang baik,      Kunjungan kami mempunyai program yang menarik dan berorientasi ke masa depan. Pada saat yang bersamaan, merupakan sesuatu yang baik bila kita tetap menghadapi sejarah kita. Masa lalu tidak bisa dihapus dan perlu diakui setiap generasi pada waktunya  ”, Ujar SiDin Laji. 

Kunjungan Raja Williem Alexander ke Indonesia kali ini,  ia menyerahkan Keris KIAI NOGO SILUMAN milik Pangeran Diponegoro yang diperoleh pada masa penjajahan Belanda yang  diserahkan kepada Presiden Jokowi atas nama raakyat Indonsia,  sebagai Milik Sah Rakyat Indonesia dan berhak untuk memiliki dan merawatnya, Selasa 10 Maret 2020 di Istana Bogor.
  
Raja dan Ratu Belanda melakukan kunjungan kenegaraan khusus ke Indonesia pada 9-13 Maret 2020 dengan disertai rombongan pengusaha dalam jumlah cukup besar yaitu 200 orang.    Saat di Indonesia, Raja Willem-Alexander akan mengunjungi Jakarta, Yogyakarta, Palangkaraya, dan Danau Toba.  Dalam kunjungan ini, Raja Willem-Alexander akan didampingi oleh Ratu Maxima, tiga menteri, dan hampir 200 pengusaha.  Kunjungan kenegaraan Belanda terakhir kali dilakukan pada 1995 oleh Ratu Beatrix, dan pada saat itu, Willem-Alexander turut mendampingi sebagai Putra Mahkota.


Raja Willem Alexander Raja Belanda,

Raja Willem Ratu Maxima perbaiki hubungan ke  Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...