Jumat, 20 Maret 2020

IJTIMA ULAMA DUNIA ZONA ASIA 2020 DIHADIRI 7.000 DI GOWA DI TUNDA KARENA CORONA.


NusanTaRa.Com
byMuhammaDBakrI,     20/03/2020


Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengungkapkan, ada ribuan warga negara Indonesia (WNI) dan ratusan warga negara asing (WNA) yang berkumpul di Desa Pakkatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa  untuk mengikuti Ijtima Ulama Dunia 2020 Zona Asia.      Sebanyak 7.000-an orang (WNI) yang hadir dalam acara Ijtima Dunia 2020 Zona Asia. Ada 745  orang WNA yang sudah datang  ”,  Ujar SiDin Nurdin Abdullah, Rabu (18/3/2020).

Pelaksanaan Ijtima Ulama Dunia 2020  Zona Asia  berlangsung ditengah Epidemi Virus Corona covid-19 di dunia termasuk wilayah Sulawesi Selatan, sehingga penerapan Social Distance berupa pembatasan pertemuan umum demi mencegah penyebaran Virus Corona.   Maka para peserta  ijtima Ulama Dunia  sudah diminta tidak keluar dari lokasi berlangsung acara,     Telah disiagakan tim kesehatan di sana untuk mengawasi. Sampai sekarang belum ada laporan suspect virus corona  ”, Ujar SiDin Nurdin. 

Dia juga sudah menghubungi panitia Ijtima Ulama Dunia 2020 yang akan berlangsung pada 20 – 22 Maret 2020 untuk menunda acara hingga tanggap darurat penyebaran virus corona berakhir,   "  Kita minta, semua peserta pulang ke daerahnya masing-masing pada tanggal 20 Maret 2020 mendatang  ”, Ujar SiDin penuh harap.   Sebelumnya Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pada Kamis, (12/3/2020) telah meminta agar acara itu ditunda domi  mencegah penyebaran virus corona.

Sekitar  745  warga negara asing dari 11  negara  sudah berada di Kabupaten Gowa, mereka tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.  Peserta Malaysia umumnya terbang langsung dari ngaranya  sementara WNA asal Thailand dan Bangladesh transit ke Malaysia sebelum tiba di Makassar.    Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar Andi Pallawarukka membenarkan, sejak akhir Februari, WNA tersebut masuk ke Makassar,   "  Yang dari Malaysia itu melalui Bandara Sultan Hasanuddin beberapa hari yang lalu sebelum ada lockdown dari pemerintah Malaysia  ", Ujar SiDin Pallawarukka, Rabu (18/3/2020) malam. 

Sebagian besar peserta Warga negara asing  terutama dari Syria dan Turkie  terlebih dahulu tiba di Bandara Soekarno Hatta Tangerang lalu kemudian melanjutkan perjalanan ke Makassar sehingga mereka tidak tercatat di keimigrasian Makassar meski demikian mereka sudah melalui proses pemeriksaan dari petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar dan tidak ditemukan adanya gejala  awal penyakit virus corona. 

 Pallawarukka mengungkapkan, pihak panitia sebelumnya memang telah mendatangi kantor imigrasi untuk menjelaskan pelaksanaan acara yang bakal diikuti 48 negara ini.   WNA yang sudah ada di Makassar datang dari Pakistan, Timor Leste, Yaman, Nigeria, Marokko, Bosnia, Turki, Prancis, Syria, India, Brunei Darussalam, Ethopia, Bangladesh, Filipina, Malaysia, dan Thailand.

Hasil rapat Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan sebelumnya,  Kamis (12/3/2020) memohon pembatalan cara Ijtima Ulama Dunia zona Asia 2020 guna mengantisipasi penyebaran virus corona.   Demi antisipasi hala yang sama Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan hingga saat ini tidak menerbitkan izin keramaian dalam acara Ijtima Ulama Dunia 2020.

Menurut Ibrahim, Polda Sulsel sudah membuat maklumat tentang imbauan kepada masyarakat, peserta, dan panitia untuk tidak menghadiri acara tersebut bahkan sudah berusaha memberikan pemahaman kepada para peserta ijtima tersebut,  "  Kita monitor dan sudah melarang giatnya namun panitianya menyampaikan bahwa keputusan ada pada Dewan Syuronya  ", Ujar SiDin Ibrahim.   Ibrahim pun berharap Dewan Syuro Ijtima Ulama tersebut  bisa memenuhi permintaan Polda Sulsel terlebih izin acaranyapun belum  terkeluarkan.

Pemprov SulSel Menyusun pemulangan Peserta Ijtima Ulama SeDunia Zona Asia 2020, WNA ke negaranya.




Berdoa bersama mengharap  rahmat Yang Kuasa,

Ijtima Ulama Se Asia 2020 di Gowa karena corona ditunda.






NusanTaRa.Com
melayani pemasangan iklan
Sila Dail Talian 08125856599

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...