Sabtu, 29 Juni 2019

PRESIDEN JOKO WIDODO BANJIR UCAPAN SELAMAT DARI KEPALA NEGARA PESERTA G20 OSAKA.

NusanTaRa.Com
byMcDonalDBiunG, 30/06/2019     



Hampir semua kepala Negara yang bertemu Presiden Jokowi dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang. Jumat (28/6/2019) menyampaikan ucapan selamat kepadanya karena terpilih kembali sebagai Presiden Republik Indonesia dalam Pemilihan Presiden 2019.  Hal tersebut disampaikan Kepala Protokol Negara Andri Hadi yang mendampingi dan berada dekat dengan Presiden Joko Widodo,  " Congratulation, congratulation ", Ujar SiDin Andri Hadi menirukan ucapan para kepala negara tersebut. 

Menurut Andri, ucapan tersebut disampaikan dalam berbagai kesempatan di sela perhelatan KTT G20, seperti pada saat menunggu "official welcome" dan "family photo", maupun ketika para kepala negara/kepala pemerintahan akan memulai "Leader's Side Event".   Kepala Negara  itu di antaranya Presiden Amerika Serikat Donald Trump, PM Jepang Shinzo Abe, Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, PM Kanada Justin Trudeau.   Selain itu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, PM Australia Scott Morrison, PM Belanda Mark Rutte, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Italia Giuseppe Conte, PM Inggris Theresa May, PM India Narendra Modi dan Presiden Spanyol Pedrosan Chez.

Turut pula memberikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi adalah Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.  Pertemuan bilateral RI dan China maupun RI dan Korea Selatan, kedua pemimpin negara itu juga mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi,  Pertama Presiden China Xi Jinping menyampaikan selamat atas terpilihnya Jokowi Sebagai Presiden RI periode 2019-2024 di pertemuan bilateral, kemudian Presiden Korsel Mon Jae-in juga mengucapkan selamat atas terpilihnya dan ulang tahun kepada Presiden.

KTT G20 merupakan forum bagi para pemimpin ekonomi terbesar dunia untuk membahas situasi dan dinamika global yang terjadi saat ini. Dalam KTT G-20 ini, Presiden Joko Widodo akan berbicara tentang dua hal.     Pertama berkaitan dengan inovasi di bidang digital economy dan juga yang kedua berkaitan dengan upaya mengatasi kesenjangan  ”, Ujar SiDin Jokowi Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta ketika hendak bertolak, Kamis (27/6) malam.

Presiden juga akan mengingatkan para kepala negara/kepala pemerintahan G20 terkait situasi dunia yang saat ini banyak dipenuhi ketidak pastian dan dibayangi isu perang dagang.     Saya juga ingin mengingatkan kepada kolega-kolega kita yang hadir, baik perdana menteri, presiden, maupun raja di G-20 terkait situasi dunia yang saat ini dipenuhi ketidakpastian dan dibayangi dengan isu perang dagang  ", Ujar SiDin Jokowi Laji.

Presiden dan Ibu Iriana disambut Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Toshiko Abe dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif.   Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong menyambut Presiden dan Ibu Iriana di lobi hotel tempat menginap selama berada di Osaka.

Agenda yang dijalani Prsiden Joko Widodo di hari pertama kunjungan menghadiri G20 di Osaka Jumat (28/06/2019), bertempat di INTEX Osaka penyambutan PM Jepang Shinzo Abe dan Foto bersama para pemimpin Negara G20.  Saat sesi foto bersama, Presiden Jokowi berdiri di antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Prancis Emmanuel Macron,  menghadiri Leader's Side Event dengan tema " Digital Economy ", antara dua sesi working lunch Presiden akan menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Dalam sesi pertama working lunch, tema yang diangkat adalah  " Digital Economy & Trade and Investment " dan sesi kedua mengangkat tema " Innovation on Digital Economy and Artificial Intelligence ".

  
G20 negara ekonomi kuat,
G20 Osaka solusi Digital economy, Trade and Investment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...