Minggu, 09 Juni 2019

MERAUKE EKSPOR BERAS DAN JADI LUMBUNG PADI TAPI TANAMAN SAGU TETAP DI LESTARIKAN.

NusanTaRa.Com
byFarhaMTukirmaN, 08/02/2019



Berkat kerja keras pemerintah daerah dalam intensifikasi di bidang pertanian khususnay beras,  maka  sebanyak 15 ton beras yang berasal dari kota diujung timur negeri Indonesia Merauke berhasil dilepas eksport  menuju negara Papua Nugini.   Selain itu ada juga ekspor plywood 6.126 m3 ke Oman dan UEA.    Kementerian Pertanian (Kementan) bersama pemerintah Kabupaten Merauke bersinergi tingkatkan ekspor non migas terutama berbagai komoditas pertanian yang potensial.

Kepala Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanan (Barantan) Sriyanto, yang mewakili Kepala Barantan menyampaikan bahwa Merauke adalah salah satu lumbung padi di tanah cendrawasih.   "  Diawali saat pak Mentan ekapor perdana beras ke Papua Nugini pada 2017, produksi padi di Merauke terus meningkat  ", Ujar SiDin  Sriyanto saat acara pelepasan komoditas beras tersebut di Merauke, Kamis (28/3/2019).

Sebagai mana diketahui bahwa Kementerian Pertanian  giat melaksanakan cetak sawah baru di Kabupaten Merauke sejak ditetapkan sebagai sentra produksi beras di Propinsi Papua. Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) Indah Megahwati mengatakan sejak 2015 hingga saat ini, Kementan telah mencetak lahan sawah baru di Kabupaten Merauke  mendekati 8 ribu Hektare. Rinciannya adalah pada 2015 seluas 2.115 hektare, 2016 seluas 2 ribu hektare, 2017 seluas 3.000  hektare, dan 2018 seluas 800 hektare.

  Lahan yang sesuai untuk pengembangan padi sawah sekitar 2,69 juta hektare, masing-masing cukup sesuai (S2) 1,24 juta hektare dan sisanya sesuai marginal (S3) sekitar 1,45 juta hectare  ", Ujar SiDin kata Yiyi Sulaiman Peneliti BB Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), Senin (30/7).   Yiyi menjelaskan lahan tersebut terletak di kawasan areal penggunaan lain (APL) sekitar 285,58 ribu hektare, hutan produksi (HP) sekitar 755,34 ribu hektare, hutan produksi konversi (HPK) sekitar 827,21 ribu hektare, dan kawasan hutan lainnya sekitar 826,84 ribu hektare.

Program ekstensifikasi pertanian Padi telah merubah Hutan sagu berganti sawah, dampak selanjutnya  orang Marind penduduk asli Merauke yang mengolah lahan tradisional mereka Sagu dan lainnya menjadi beras. Bukan itu saja, Ketua Forum Peduli Port Numbay Green (FPPNG) Fredy Wanda  ini khawatir, proyek canangan Presiden Joko Widodo seluas 1,2 juta hektar dengan menghadirkan proyek Merauke Integrited Food and Energy Estate (MIFEE) ini juga  akan mengubah daerah ini jadi  “ hutan ” sawit.

Menurut Sriyanto, dari data yang tercatat di Barantan, selain padi, Merauke juga memiliki produk unggulan ekspor lain, diantaranya adalah gambir, kopra dan gaharu.   Tercatat pada 2018m ekspor gambir sebesar 2.646,15 ton atau senilai Rp 66 miliar. Sementara itu ekpsor kopra dalam triwulan pertama tahun 2019, tercatat 89 ton dengan nilai Rp 3,1 miliar,  sementara  ekspor gaharu pada triwulan pertama tercatat sebanyak 6,9 ton dengan nilai ekonomi sebesar Rp 2 miliar.


Pohon SAGU
Menurut data Kementan pada 2018 Provinsi Papua telah melakukan ekspor komoditas pertanian dengan nilai 8,2 juta dollar atau sekitar Rp 114,81 miliar.   Berupa komoditas  kelapa sawit, gandum, biji moster, susu, kacang mede, lemak, pakan hewan, gula tebu, kakao, kedelai, tomat, cabai, jagung dan umbi.   Kepala Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian Sriyanto memberikan serifikat pelatihan Argo Gemilang kepada calon eksportir di Merauke, Papua, Kamis (28/3/2019).

Lebih lanjut Sriyanti mengatakan, Barantan lewat program Ayo Galakkan Ekspor (Agro) Generasi Millenial Bangsa (Gemilang) juga membantu para calon eksportir agar dapat menyiapakan komoditasnya sesuai persyaratan sanitary dan phytosanitary (SPS) dari negara tujuan.   "  Para calon eksportir dapat mengikuti berbagai pelatihan menyiapkan komoditas yang sesuai dengan persyaratan negara tujuan  ", Ujar SiGaluh Sriyanti kepala Brantan. 

Penyelenggaraan  pelatihan yang dilakukan bersifat terbuka dan tidak dipungut biaya,  bahkan ia juga menjelaskan jika ada calon eksportir yang membutuhkan bimbingan khusus dapat juga melakukannya secara mandiri ke petugas atau kantor Karantina Merauke.   "  Sesuai arahan bapak menteri, kami siap memberikan informasi dan bimbingan agar komoditas daerah ini bisa memberi manfaat dan nilai tambah untuk kita semua  ", Ujar SiDin  Muhammad Musdar Kepala Stasiun Karantina Kelas I Merauke.

  
John Wengkei Suebu joo kencing berdiri, 

Meski Beras sudah di ekspor,  sagu harus lestari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...