Senin, 03 September 2018

IKEE RIKAKO ATLIT RENANG JEPANG SEBAGAI ATLIT TERBAIK ASIAN GAMES 2018

NusanTaRa.Com
byAsnYSamandaK, 03/9/2018




Akhirnya Ikee Rikako 18 tahun  atlit renang Jepang ditetapkan Dewan Olimpiade Asia (OCA) secara resmi memilihnya  sebagai Most Valuable Player (MVP) alias atlet terbaik di Asian Games 2018.  Keputusan tersebut tak lepas dari prestasi impresifnya  yang dapat meraih medali Emas di kolam renang  dan  sikap terpujinya sebagai olah ragawan sejati selama mengikuti  pesta olahraga terbesar bangsa Asia yang dilangsungkan di Jakarta dan Palembang sejak 18 agustus hingga 02 September 2018.



Ikee Rikako,   Atlet renang putri  tersebut  oleh Wei Jizhong  dinobatkan menjadi MVP oleh Wakil Presiden Seumur Hidup Olympic Council of Asia (OCA),   di ruang konferensi pers Main Press Center (MPC), Senayan, Minggu (2/9/2018).   Perenang  usia 18 tahun  kelahiran  04 Juli 2000  selama kejohanan ini  sukses meraih  6 emas dari nomor 1.  perorangan 50 meter gaya bebas, 2.  perorangan 100 meter gaya bebas,  3.  perorangan 50 meter gaya kupu-kupu, 4.  perorangan 100 meter gaya kupu-kupu, 5.  gaya bebas estafet 4x100 meter putri dan  6.  gaya ganti estafet 4x100 meter putri.



Koleksi perolehan Medali yang diraih Ikee Rikako selama Asian Games 2018 sebanyak  6 Medali Emas,  cukup untuk  menjadikan perenang putri 18 tahun itu sebagai yang terbaik dari seluruh atlet yang turun di berbagai cabang olahraga Asian Games 2018.  Sebagai perbandingan, perenang putra terbaik Cina, Xu Jiayu "hanya" meraih lima medali emas.   "  Saya sangat senang dengan pencapaian ini. Sesungguhnya saya terkejut saat pertama kali mendengar OCA akan memberi penghargaan ini kepada saya  ", Ujar SiGaluh  Ikee Rikako di Media Press Center, Senayan, Jakarta, Minggu (02/09/2018).


 Meski Jepang gagal meraih  juara umum di Asian Games 2018,  tapi torehan prestasi Ikee Rikako selama  kejohanan dengan  6  Medali Emas dan  2 Medali Perak  sekaligus  menempatkannya sebagai Atlit terbaik Asian Games 2018 kiranya cukup menghibur.     Prestasi ini sekaligus mempertahankan tradisi atlit Jepang  di Asian Games sebagai atlit terbaik,  kali ini tentunya menjadi yang  keempat  bagi  Jepang  berhasil menyabet penghargaan untuk "Atlet Terbaik" (MPV) pada Asian Games.


Predikat atlet terbaik Asian Games 2018  juga menempatkan Ikee Rikako sebagai atlet putri pertama yang meraih gelar MVP dan  sekaligus menjadikannya sebagai atlet Jepang ke-empat yang mampu mendapatkan penghargaan serupa.   Karna sebelumnya sejak diadakan pertama kali pada 1998 silam, sesi penghargaan untuk atlet Asian Games telah dimenangkan oleh tiga atlet Jepang lainnya diantaranya adalah, Koji Ito (1998/atletik/Bangkok), Kosuke Kitajima (2002/renang), dan Kosuke Hagino (2014/renang/Incheon).



"  Indonesia telah menjadi salah satu negara yang memberi banyak kenangan indah bagi saya. Saya senang berada di sini. Dan malam ini saya akan menikmati hasil kerja keras ini sebelum kembali ke Jepang  ", Ujar SiGaluh  Ikee  setelah Clousing Ceremonial,   dan     "  Untuk Olimpiade dua tahun ke depan, saya sudah tahu apa yang harus saya lakukan. Apalagi Olimpiade akan berlangsung di negara saya (Jepang) jadi saya ingin memberikan performa terbaik nantinya  ", Ujar SiGaluh Ikee Rikako  menambahkan.



Atas anugerah sebagai  MPV  Ikee kelahiran Edogawa Tokyo pun berhak meraih  trophy kristal dan uang tunai sebesar 50.000 US dolar atau  Rp 736,5 juta  dan  menerima souvenir pin Asian Games mulai dari penyelenggaraan pertama pada 1951 di New Delhi, India hingga pelaksaaan ke-18  ini di Jakarta-Palembang.    Atlit  Jepang selalu berhasil mencetak atlit-atlit terbaik di even Asian Games selama ini dengan bakat muda dan pretesius  “, Ujar SiDin LaIgOLegenD pengamat olahraga Legend.



Di malam penganugerahan  MPV,  OCA juga memberikan penghargaan kepada para youtuber muda yang mengcover “ Theme Song “ Asian Games 2018 secara kreatip di  media sosial tersebut  yaitu  youtuber muda  berasal dari Thailand, India, Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan Arab.    Keenam youtuber muda tersebut  diberikan penghargaan berupa pin asian games mulai dari Asian Games pertama 1951 hingga Asian Games 2018 ini,  Pin tersebut yang  menurut Direktur OCA, Husain Al Musallam  bahwa Pin tersebut adalah sebuah sejarah untuk Asia.



Berolah Raga meraih Prestasi,
Semangat Juara dan Sportipitas dijunjung Tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...