Senin, 17 September 2018

ARMIDA ALISJAHBANA KARTINI INDONESIA DIPERCAYA SEKJEN PBB MENJABAT ESCAP.

NusanTaRa.Com
byRaisALembuduT, 16/9/2018



Sekjen PBB Antonio Guterres, Kamis (13/9) mengumumkan penunjukkan Armida Salsiah Alisjahbana sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial PBB Untuk Asia dan Pasifik (ESCAP).   Berdasarkan keterangan di situs resmi PBB, Armida akan menggantikan Shamshad Akhtar dari Pakistan yang akan berakhir masa tugasnya.   "  Sebelum serah terima jabatan, posisi sekretaris eksekutif akan dijabat sementara oleh Hongjoo Hahm dari Korea Solata sebagai pelaksana tugas  ", Ujar SiDin  Guterres, Sabtu, 15 September 2018.

Banyak pihak yang menyambut gembira atas penunjukan Armida Alisjahbana tersebut ,    Turut bangga melihat putri terbaik bangsa dipercayakan tanggung jawab besar di PBB  “, Ujar SiDin DT. Djani Duta Besar Indonesia untuk PBB.    Armida Alisjahbana yang pernah  dianugerahi  Bintang Mahaputra Adipradana dan  Brevet Kehormatan Hiu Kencana  dari Angkatan Laut dan Wing Penerbangan Kehormatan dari  Angkatan Udara Indonesia,  meraih gelar sarjana dari Universitas Indonesia kemudian  studinya di Northwestern University dan University of Washington di Amerika. 

Armida Alisjahbana,  kelahiran  Bandung, 16 Agustus 1960 merupan satu tokoh tokoh Indonesia dengan sederet jabatan penting yang pernah ia emban.  Profesor  tahun 2005 di Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran  Bandung,  Dua tahun lalu Armida diangkat menjadi Direktur Pusat Studi Tujuan Pembangunan Berkesinambungan di UNPAD  dan menjadi wakil ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, anggota dewan pengurus Institut Penelitian Ekonomi Untuk ASEAN dan Asia Timur (ERIA), anggota Forum Masyarakat Statistik, dan beberapa organisasi terkemuka lainnya.

Dalam Kabinet Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudoyono,    Armida Alisjahbana pernah menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia ke-10  22 Oktober 2009 – 20 Oktober 2014,  Pelaksana Tugas,  Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Masa jabatan 1 Oktober 2014 – 20 Oktober 2014.   Selama menjabat sebagai Menteri Bappenas 2009-2014 beliau juga dipercaya mengetuai Global Partnership for Effective Development Cooperation pada 2012-2014.  Pada tahun 2016  Ekonom ini pernah menjabat  sebagai gubernur pengganti di Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia, dan pada tahun 2016 lalu menjadi anggota tim independen untuk mendukung Dialog ECOSOC.

Putri Kartini ini juga telah terlibat Beragam proyek penelitian dan konsultasi juga pernah digelutinya, antara lain di United Nations University/Institute for Advanced Study di Tokyo, Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia, Departemen Urusan Luar Negeri dan Perdagangan Australia, Australian Agency for International Development AUSAID, Komisi Eropa dan Organisasi Buruh Internasional ILO.   "  Beliau pantas untuk menjabat posisi ini karena wawasan dan pengalaman beliau  cukup kuat  ", Ujar SiDin LahabinGLegenD.

Prof. Dr. Armida Salsiah Alisjahbana, S.E., M.A.,  kelahiran  Bandung, Jawa Barat, 16 Agustus 1960,  terlahir sebagai Armida Salsiah Kusumaatmadja anak dari Prof.  Mochtar Kusumaatmadja mantan Menteri Luar negeri di era Soeharto.  Beliau juga  Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan   Saat ini  juga menjabat sebagai Direktur Utama Center for Sustainable Development Goals Studies, Universitas Padjadjaran (SDGs Center Unpad).



Kartini putri Indonesia,
Kartini menjabat ESCAP PBB 2018 Armida Alisjahbana.

1 komentar:

  1. Buah tak jauh dari pokonya, serasa pepatah Melayu itu ada benarnya juga.

    BalasHapus

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...