Minggu, 09 September 2018

PASUKAN PERDAMAIAN INDONESIA DILEPAS JOKOWI MENUJU KONGO DAN LIBANON

NusanTaRa.Com
byLaSikUAgaY, 01/9/2018



Presiden Joko Widodo melepas  sebanyak 960 personel TNI di Lapangan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP), Sentul  Kabupaten Bogor, jumat (31/08/2018) yang ditugaskan  untuk menjalankan  misi perdamaian dan ketertiban  yang ditugaskan dari badan UNO di negara Kongo dan Lebanon.   Mereka berasal dari  anggota Satgas RDB Kontingen Garuda XXXIX-A Congo dan Satgas MTF Kontingen Garuda XXVIII-K Lebanon yang merupakan satuan tugas batalion gerak cepat dan satuan tugas maritim TNI. 

Dalam acara tersebut Jokowi didampingi Menkopulhukam Wiranto, Menlu Retno Marsudi, Menhub Budi Karya, Setkab Pramono Anung, Panglima TNI  Hadi Tjanjanto dan Pejabat Gubernur Jawa Barat Moochamad Iriawan.  "Dengan keberangkatan ini maka pasukan Indonesia yang bertugas (secara bersamaan) saat ini berjumlah 3.532 personel. Artinya, kita telah mencapai 88,3 persen dari target 4.000 personel yang kita canangkan. Saya instruksikan agar target 4.000 segera tercapai," ujar Jokowi seperti dikutip dalam laman Presidenri.go.id.

Indonesia memiliki sejarah panjang dalam misi perdamaian dunia. Kontingen Garuda telah berada di Sinai sejak tahun 1957 atau hanya satu dekade dari kemerdekaan Indonesia. Di tahun itu pula Indonesia telah mengirimkan lebih dari 38 ribu pasukan penjaga perdamaian PBB. Saat ini Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar negara pengirim pasukan perdamaian dunia terbanyak.

"  Kontribusi Indonesia tidak terbantahkan. Indonesia memiliki kredensial, rekam jejak, dan sejarah panjang. Sekali lagi, ini adalah kepercayaan terhadap bangsa Indonesia sekaligus amanah yang harus kita pikul dan tunaikan bersama  ",  tutur Jokowi.  Keterlibatan Pasukan dalam perdamaian dunia sebagai Pasukan LegenD  kala dahulu berhasil membawa kedamaian dunia dan ketentraman dimana saja mereka ditugaskan dengan baik tugas, relawan LamberTLegenD.

Jokowi menyampaikan bahwa bangsa Indonesia saat ini sedang berbangga, bukan hanya karena prestasi atlet di ajang Asian Games 2018,  tetapi Indonesia juga bangga melepas kontingen Garuda untuk misi perdamaian di Kongo dan Libanon sebagai satu wujut turut menjaga perdamaian dunia.  "  Indonesia bangga turut menjaga perdamaian dan ketertiban dunia, yang itu adalah amanat konstitusi kita sebagai wujud kontribusi Indonesia untuk dunia, sekaligus ingin mengharumkan nama, baik bangsa dan negara  ", Ujar SiDin  Jokowi.

"  Kita juga patut berbangga kiprah Kontingen Garuda di berbagai misi PBB selalu diterima dan dihargai oleh masyarakat setempat, Garuda Indonesia selalu dapat berbaur dengan masyarakat sekitar, menghormati adat istiadat masyarakat lokal  ",  Ujar SiDin  Jokowi.  "  Menggunakan alutsista buatan anak bangsa ini sekaligus menjadi etalase bagi keandalan industri produk strategis Indonesia  ",  Ujar SiDin  Jokowi, sebagaimana diketahi bahwa sebagian kelengkapan dan persenjataan di sediakan PT. pindat perusahaan BUMN. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menjelaskan, kontribusi Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia tidak terbantahkan  dan  semakin mendapat kepercayaan dunia,  kepercayaan dan peran serta Indonesia di dalam menjaga perdamaian dunia   semakin membaik sehingga Indonesia  akhirnya  melalui pemilihan terpilih menjadi anggota tidak tetap DK PBB periode 2019-2020. 

Kepercayaan dunia terhadap kontribusi Indonesia dalam menjaga perdamaian dan ketertiban dunia  semakin besar, ini terbukti saat Indonesia memperjuangkan kemerdekaan Palestina, mendorong proses perdamaian di Myanmar dan di Afganistan. Selain itu Indonesia juga terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.   "  Saya berpesan kepada pasukan Garuda diseluruh dunia jagalah nama baik bangsa, patuhi hukum setempat dan selalu ikuti prosedur, jaga sikap, disiplin, dedikasi dan loyalitas  ", Ujar SiDin  Jokowi mengakhiri.  


Hidup damai dimuka Bumi,
Menjaga perdamaian dunia tuntunan mukaddimah UUD45 .

1 komentar:

  1. Jadikan Indonesia warga dunia yang mesra dan berpartisipasi dalam kedamaian.

    BalasHapus

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...