Kamis, 09 Agustus 2018

UPACARA PEMELEPASAN PATUNG GARUDA WISNU KENCANA SEBAGAI MASKOT PARIWISATA BALI

NusanTaRa.Com
byFarhaMTukirmaN, 8/8/2018



Akhirnya  upacara Pemelepasan  dan Nyimpen Pedaging berdasarkan kepercayaan dalam Agama Hindu yang banyak dianut warga Bali  telah  dilaksanakan untuk  Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terletak di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung selesai dibangun, pada Rabu (8/8/2018).   Upacara pembersihan dalam Pemelepasan dan Nyimpen Pedaging secara tradisi Bali dipimpin tiga Sulinggih Tokoh agama Hindu dan  dihadiri oleh Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dan  Gubernur Bali Made Mangku Pastika.



Peresmian  Patung Garuda Wisnu Kencana  akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo  tanggal 22 September 2018 sebagaimana ungkap Pak Luhut,   "  Presiden sudah mengatakan akan meresmikan GWK tanggal 22 september ini. Saya pikir, ini (GWK) menjadi salah satu objek wisata yang sangat bagus lagi. Tadi saya sampaikan angka yang dikeluarkan hampir Rp 1,5 triliun untuk menyelasaikan proyek ini. Lahan di sini luasnya 60 hektare, dan nanti ada landscape atau pembangunan hotel bintang 5 dan sebagainya  ", Ujar SiDin Luhut Binsar Panjaitan Menko Mariti. 



Sebelumnya  Sabtu 4/8/2018 patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terletak Desa Ungasan, Kuta Selatan, Bali yang masa pembangunannya cukup lama 28 tahun, menjalani acara syukuran bertajuk Swardharma Ning Pertiwi  atas penyelesaian pembuatan patung tersebut.   "  Swadharma Ning Pertiwi berarti persembahan seseorang kepada tanah kelahirannya   ",   GWK  Karya seniman Nyoman Nuarta ini digagas tahun 1989 bersama Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi ketika itu Joop Ave, Menteri Pertambangan dan Energi IB Sudjana, dan Gubernur Bali Ida Bagus Oka.   Perayaan dan syukuran  ini patut dilakukan mengingat mengingat patung karya Nyoman Nuarta cukup berat, Panjang dan menjadi kebanggaan Nasional Indonesia.



Penantian panjang masyarakat Indonesia atas dibangunnya Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali akhirnya telah usai.   Menilik ke belakang, Patung GWK ini sudah dibangun sejak tahun 1990 di atas lahan seluas 67 hektar  dengan ketinggian  sekitar 121 meter , telah memakan waktu selama  kurang lebih 28 tahun untuk  penyelesaian patung  tersebut.    GWK menempati posisi kedua patung tertinggi di dunia sementara patung tertinggi pertama di dunia ada di Henan, China yang bernama Spring Temple Buddha dengan berat 1.000 ton.



Butuh waktu 28 tahun untuk menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana,  ini bermkna waktu  pembangunan GWK berlangsung dalam  era kepemimpinan presiden RI yaitu  Soeharto,   BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri,  Susilo Bambang Yudhoyono dan Jokowi.  Ide membangun GWK muncul tahun 1989 ketika Nyoman Nuarta bertemu dengan dua menteri di zaman Soeharto, yaitu Joop Ave dan IB Sujana, serta dan Gubernur Bali, Ida Bagus Oka kemudian pembangunan dimulai tahun 1990 setelah mendapat persetujuan Presiden Soeharto.  



Patung   GWK dapat dilihat dengan mudah sejauh 20 kilometer dari segala penjuru, bahkan diperkirakan dapat terlihat jelas dari pura tanah lot di kabupaten tabanan sampai daerah budugul di pegunungan bagian tengah pulau Bali.   Jika disandingkan dengan patung Liberty milik Amerika Serikat maka patung liberty akan terlihat mungil dibanding patung garuda wisnu kencana.    Patung ini juga nantinya seakan menjadi bentuk penyambutan wisatawan yang masuk ke pulau bali dari Bandara Internasional Ngurah Rai karena akan terlihat jelas saat pesawat akan mendarat dan akan menambah kesan mengagumkannya pulau Bali dimata wisatawan.



Setelah pemasangan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) rampung 100 persen, PT Alam Sutera Tbk selaku pengelola melaksanan upacara melaspas.   Pantauan di lapangan sejak Rabu (8/8/2018) pagi di areal pelataran gedung padestal patung GWK telah ramai oleh tamu undangan. Alunan gamelan juga mengiringi prosesi upacara.   

Nyoman Nuarta pembuat Patung GWK
Patung berdiri ditengah kota,  
Nyoman Nuarta seniman  Garuda Wisnu Kencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...