Sabtu, 04 Agustus 2018

FILM " SI DOEL THE MOVIE " GALA PREMIER DI BELANDA DAPAT DUA REKOR MURI

NusanTaRa.Com
byIndaHPalloranG, 4/8/2018



Dua rekor MURI diberikan kepada film “  Si Doel The Movie   besutan Rano Karno tersebut,  pertama sebagai film Indonesia pertama yang mengadakan gala premier di bioskop Belanda  dan kedua sebagai  film Indonesia pertama yang mengadakan gala premier domestik selama dua hari berturut-turut.     Rekor tersebut tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) yang diberikann pada  acara pemutaran film tersebut,  Piagam rekor ini diberikan  langsung  Ketua Umum MURI Jaya Suprana dalam hari kedua gala premier Si Doel di XXI Epicentrum Jakarta, Minggu sore, 29 Juli 2018

Pesta pemutaran perdana di Epicentrum memang digelar sejak,  Sabtu, 28 Juli 2018 hingga  Minggu, 29 Juli 2018 selama dua hari,   Pihak Falcon Pictures mengadakan delapan sesi pemutaran film bagi sekitar 8.000 orang, termasuk undangan.    Pertimbangan utama pemberian rekor bukanlah soal premier di Belanda atau dua hari, melainkan kembalinya Rano ke perfilman domestik setelah hampir 10 tahun absen  “, Ujar SiDin Jaya Suprana tersenyum.    "  Dengan kembalinya Mas Rano ke dunia perfilman, saya yakin dunia film akan semakin bergelora  ", Ujar SiDin lagi.  

Bagi Rano, gala premier di bioskop Pathe Tuschinski Belanda Senin 23 – 24 Juli 2018, adalah capaian penting. Dia bercerita betapa panjang proses mereka untuk bisa mengadakan pesta pemutaran perdana di bioskop itu. Pestanya pun digelar secara mewah.   "  Sambutan luar biasa, dua jam sebelum mulai, semua penonton di pinggir jalan. Kami di sana red carpet. Artinya, kami sajikan penampilan yang tidak memalukan bangsa, dengan red carpet, mobil Limosin, sekuriti, persiapan, penyambutan," kata Rano.

Film Si Doel The Movie yang telah di rilis dan tayang perdana di Belanda pada senin 23 – 24 Juli 2018. Pada saat akan tayangperdana di Belanda tersebut tampak Rano Karno dan semua orang yang terlibat di film tersebut mulai sibuk mempersiapkan gala premiere.    "  Ya persiapan tentu ada, maaf saya enggak (bisa menjelaskan banyak karena), ini kan pasti ada EO. Karena di sana ada ya istilahnya kita juga cukup menyambut, mungkin ada performance, mungkin ada tarian Indonesia ya  ", Ujar SiDin Rano Karno, bintang utama Si Doel The Movie saat dijumpai di kawasan Jalan Kapten Tendean, , Jum'at (13/7) dulu.

Untuk gala premier di Indonesia, Rano sendiri juga terkesan. Dia mempercayakan acara kepada pihak Falcon dan Ari Tulang. Selama dua hari, pesta ini menjadi semacam festival Betawi dengan sejumlah makanan, pertunjukan, serta dekorasi seperti opelet, teras rumah "Si Doel", dan ondel-ondel. Ada juga patung Si Doel Anak Betawi versi anak-anak.    Pada hari Jumat, mereka membuka tiga sesi pemutaran dari sore hingga malam. Pada hari kedua, lima sesi dibuka sejak siang. Bahkan ada satu sesi cadangan seandainya masih ada tamu yang ingin menonton filmnya sebelum dirilis resmi di bioskop.

Gala Premier di Jakarta oleh Rano Karno 57 tahun  tersebut digelar bertepatan dengan acara tahunan Tong Tong Fair  mengatakan kalau selain Abi, seluruh aktor dan SI DOEL THE MOVIE akan ikut semua, bermakna    "  Artinya kebetulan kan tiap tahun itu berkisar Mei, Juni, Juli itu ada yang namanya Tong Tong Fair. Tong tong Fair tuh kaya kita pasar malem ya, itu dari mulai pasar Gambir, kalau sekarang Jakarta Fair. Dulu udah ada basic-nya itu. Jadi sekarang tiap tahun tuh hampir semua pengusaha Belanda yang pernah di Indonesia dan mereka usaha (di Tong Tong Fair. Menarik sekali. Eemm hampir semua pemain di luar si Abi, semua berangkat termasuk Ahong berangkat. Ya kita kira-kira 8 orang berangkat  ", Ujar SiDin Rano Karno.

Menurut produser Frederica dari Falcon Pictures, perayaan di Jakarta dibuat demikian agar bisa menyaingi kemeriahan pesta di Belanda.    "  Kami melihatnya bahwa hype Jakarta jangan sampai kalah dengan Belanda. Kami tangkap ide itu dengan festival Betawi. Biar bagaimanapun, kami tidak mau ini sekadar gala premier, tetapi ini adalah perayaan pesta budaya ala Si Doel the Movie  ", Ujar SiGaluh  Frederica.

  Film Si Doel dapat disebut satu film Budaya Indonesia yang berkisah tentang keberadaan masyarakat khususnya warga Betawi dan film ini telah muncul sejak tahun 1970 an ketika itu saya menontongnya di daerah perbatasan Nunukan.  Kemudian film ini hampir simultan diproduksi dalam kurun waktu tertentu utamanya oleh Karnos Film jadi menurut saya film ini layak dikembangkan sebagai satu jati dir bangsa Indonesia dan gambaran dunia PerFilman Indonesia  “, Ujar SiDin LaPodding Legend pengamat FilmLegenD.

  Si Doel The Movie   diproduksi Karnos Films bersama Falcon akan dilakoni  Rano Karno yang akan  bermain bersama Maudy Koesnaedi dan Cornelia Agatha dan  Film ini akan dirilis di bioskop Kamis, 2 Agustus 2018. 


 Si Doel anak Betawi,  
Film yang berkisah kehidupan warga betawi.

1 komentar:

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...