Kamis, 30 Agustus 2018

8 PATUNG TERTINGGI DI DUNIA TERMASUK GARUDA WISNU KENCANA DI BALI

NusanTaRa.Com
byFarhaMTukirmaN, 25/5/2018.


Patung sebuah bentuk  yang umumnya terbuat dari Batu, Kayu, Semen, bESI, plastik dan lainnya yang dibuat untuk hiasan dan sebagai tempat sembahan dalam ukuran yang relatip kecil hingga beberapa meter ketinggiannya.   Akan menjadi lain bila ia dibangunan dalam bentuk yang lebih  besar terbuat dari Batu, Semen dan Besi bahkan menjadi sebuah monument untuk memperingati sesuatu, Ikon Kota, sebagai pusat kunjungan wisatawan serta di dalamnya terdapat berbagai faslitas  kegiatan seperti Perpustakaan, Gedung dan pusat hiburan, tentunya bangunan demikian memerlukan biaya besar dan ketinggian bangunan hingga mencapai ratusan meter.   Berikut ini  di muat delapan Patung tertinggi di dunia persi NusanTaRa.Com  :



1.  Patung  Spring Temple Buddha berada di Lushan County  Heanan China  dibangun sejak 1997 sampai 2008 ini memiliki ketinggian 153 meter,   seberat 1.000 ton dan menggunakan  1.100 potongan tembaga.    Patung  berwarna keemasan  ini tertinggi di dunia  dengan ketinggian  153 meter termasuk 20 meter alas bunga teratai, dan 25 meter pondasi patung, setiap tahunnya bangunan ini banyak dikunjungi manusia dari merata dunia.  

2.  Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terletak di Pulau Dewata Bali daerah Badung selesai bulan Agustus 2018 dengan ketinggian 121 meter menjadi Patung tertinggi ke dua di dunia.   Monumen berupa Burung Garuda yang ditunggangi Dewa Wisnu awalnya merupakan Ide Seniman Bali    Nyoman Nuarta bersama Joop Ave    mantan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi RI.    Peletakan batu pertamanya dilaksanakan di kawasan taman kebudayaan di Bukit Ungasan, Jimbaran, pada tahun 1997 menjulang setinggi 121 meter,   material pembangunan patung  GWK dari beberapa negara seperti Jepang, negara-negara Eropa, hingga Amerika Latin.  


3.  Patung dengan ketinggian  116 meter, The Laykyun Sekkya Buddha,  terletak di Myanmar menempati urutan ke tiga tertinggi di dunia.  Patung ini terdiri dari dua patung satu berbaring dan satunya lagi berdiri  memiliki makna ritual agama masyarakat Myanmar, sangat menyedot perhatian masyarakat mancanedara dan lokal.   Patung Buddha Gautama dikawasan Reclining Buddha memiliki dasar bangunaan setinggi 14 meter.

4.  Patung  Ushiku Daibutsu Wajah Amida Nyorai yang lebih umum dikenal sebagai Sansekerta-Nya Amithaba, adalah patung tertinggi ke empat di dunia,   pembangunan patung yang terletak di Jepang ini berlangsung sejak 1995 hingga 2002.  Ushiku menjadi patung tertinggi keempat  di dunia dengan ketinggian 110 meter terletak di prefektur Ibaraki, berwarna  abu-abu gelap, patung ini jika diukur dari pondasinyya berupa Bunga Teratai tempatnya bediri setinggi 10 meter maka ketinggian totalnya 120 meter.

5.  Patung  Guan Yin of South Sea of Sanya atau Patung Dewi Kwan Imm  menghadap kelaut China Selatan.   Patung berada dipinggiran perairan sebagai lambang dari keberkahan dan perlindungan terhadap daerah di sekelilingnya.  Patung berwarna putih dengan tokoh yang digambarkan berada di atas teratai ini dibangun pada tahun 2005  tinggi total adalah 135 meter, tinggi Patung 108 meter pondasi teratai 27 meter.


6.  Patung berikutnya adalah Peter The Great yang berada di Rusia,  patung tersebut memiliki ukuran tinggi total 96 meter. Patung  ini pada saat malam hari akan diterangi sunar lampu yang membuatnya terlihat semakin magis dan menjadi salah satu kebanggaan warga Rusia khususnya kota Moskow dimana patung tersebut berada.     Patung Peter The Great dibangun pada tahun 1997 yang dibangun sebagai bentuk peringatan atas hari jadi angkatan laut Rusia yang ke-300. Namun patung tersebut awalnya mendapatkan banyak penolakan pasalnya diketahui bahwa desainnya adalah hasil modifikasi dari patung yang sejatinya akan digunakan sebagai peringatan 500 tahun pelayaran Christopher Columbus namun gagal diwujudkan.

7.  Patung Liberty Berada di New York, Amerika Serikat, patung Liberty memiliki tinggi 93 meter. Filosofi pembangunan patung ini adalah sebagai simbol kebebasan dan demokrasi oleh seniman dari Francis.  Selesai dibangun pada 1886 pada 1924 Liberty dinobatkan sebagai Monumen Nasional  Amerika Serorikat berdiri di siring muara sungai di New York. 

8.  The Motherland Calls Berdiri setinggi 85 meter, monumen ini merupakan tengara di Rusia. Bentuknya memperlihatkan seorang wanita bersayap yang memegang pedang tinggi-tinggi. Patung ini dibangun untuk memperingati pengorbanan tentara Soviet dalam Pertempuran Stalingrad pada Perang Dunia Kedua. 
Patung berdiri disudut Kota,
Patung megah kebesaran budaya bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...