Minggu, 08 September 2024

GENG PEMUDA AMUK PAPUA NUGINI : 26 ORANG DIBANTAI DAN GADIS2 DIPERKOSA

NusaNTaRa.Com

bySolanaNEnembE,      M  i  n  g  g  u,    0   8      S  e  p  t  e  m  b  e  r      2   0   2   4

Geng pemuda mengamuk di beberapa desa di Papua Nugini. Sekitar 26 orang
ditemukan tewas dibantai, termasuk gadis-gadis yang telah diperkosa lebih dulu.

Pombantaian massal telah mengguncang publik Papua Nugini (PNG)  yang dilakukan Kelompok Geng Pomuda  atas trajodi tersebut sekitar 26 orang ditemukan Tewas  terbunuh,  dalam hal ini termasuk gadis - gadis muda  yang sebelumnya diperkosa  terlebih dahulu.  Tragedi ini terjadi di distrik  Angoram,  Sepik Timur  baru - baru ini, Jumat (26/7/2024), orang-orang di tiga desa yang tersebar di sepanjang Sungai Sepik tiba-tiba diserang kelompok geng pemuda bersenjatakan pistol, pisau, ketapel, parang, dan kapak. 

Sebuah Geng bergelar " I don't Care "  beranggotakan sekitar  33 orang dari geng pemuda,  berawal  aksi mereka membakar rumah-rumah dan membunuh seorang pria tua, dan seorang anak laki-laki berusia lima tahun di desa Angrumara sekitar pukul 04.00 pagi pada 17 Juli.   Pukul 05.00 pagi keesokan harinya, desa Tambari diserang turut diserang saat sebagian besar penduduk desa sedang tidur  diketemukan dalam trajedi itu  sejumlah pria dibunuh dan wanita serta gadis-gadis muda diperkosa dan dibunuh. 

Dari Pantauan  NusaNTaRa.Com dilapangan diketahui Jumlah korban tewas resmi adalah 26 orang, termasuk 16 anak-anak, namun ada kekhawatiran jumlahnya bisa meningkat menjadi 50 orang.   Atas trajodi yang mengerikan itu diporkirakan  lebih dari 200 orang melarikan diri dari desa-desa karena rumah mereka dibakar dan mencari keselamaan, untuk mencari perlindungan di sekitar stasiun Angorom. 

Desa ketiga, Tamara, juga diserang. 

Pelaksana Tugas (Plt) Komandan Polisi Provinsi Sepik Timur, Inspektur Senior James Baugen mengatakan kepada The Post Courier bahwa para ibu yang sedang menyusui bayi - bayi mereka  diketemukan dipenggal dan tubuh para korban dimutilasi,   “  Sebagian besar mayat ditemukan, kepala mereka dipenggal. Beberapa adalah ibu yang berusaha menyelamatkan anak-anak mereka dari pembantaian  ”,   Ujar SiDin James Baugen dengan Boneernya (Semangatnya). 

“  Tempat kejadian perkara membusuk dengan mayat-mayat. Beberapa mayat terlihat mengambang di Sungai Sepik dan dimakan buaya  ”,  Cakap Besarnya menambahkan Laji.  Seorang wanita menggambarkan bagaimana dia diam-diam berpegangan pada sebatang kayu, berusaha mati-matian untuk menghindari para penyerang.  “  Saya bisa mendengar wanita-wanita merintih kesakitan, anak-anak menangis. Saya beruntung para pria itu tidak melihat saya  ”,  Ujar SiGaluH  wanita dengan Rasa takut kepada wartawan diantaranya NusaNTaRa.Com. 

“  Tiga saudara perempuan saya diperkosa tetapi melarikan diri sementara tujuh lainnya hilang. Tiga ibu dengan bayi dibunuh dan bayi-bayinya dibawa pergi  ",   ” Pihak berwenang telah mengerahkan tim untuk menyediakan makanan dan tempat berteduh bagi para pengungsi dan satu regu bergerak akan dikerahkan dalam upaya untuk menghentikan kekerasan yang telah melanda daerah tersebut selama tujuh tahun terakhir  ",  Ujar SiGaluH dalam kejadian itu.   Pembantaian yang mengerikan itu juga turut dilaporkan oleh surat kabar besar di PNG. 

Kepala hak asasi manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Volker Turk mengatakan dalam sebuah pernyataan,   "  Saya merasa ngeri dengan pecahnya kekerasan mematikan yang mengejutkan di Papua Nugini, yang tampaknya sebagai akibat dari perselisihan atas kepemilikan tanah dan danau serta hak pengguna  ",   Ujar SiDin Volker Turk dengan Soppenger  (Jumawanya),   Volker Turk yang juga pengacara Austria, meminta otoritas PNG untuk melakukan investigasi yang cepat, tidak memihak dan transparan serta memastikan mereka yang bertanggung jawab dimintai pertanggungjawaban  dan   "  Sangat penting bagi para korban dan keluarga mereka untuk menerima ganti rugi, termasuk perumahan yang layak, perlindungan yang efektif terhadap serangan lebih lanjut, dan dukungan psikososial yang diperlukan  ",  Ujar SiDin Volker Turk dengan Cakap Besarnya.   

Tragodi konflik di antara 17 kelompok suku telah meningkat secara progresif sejak pemilihan umum tahun 2022 atas berbagai masalah termasuk sengketa tanah dan persaingan klan.   Maka terkait menyerukanpada pihak berwenang untuk bekerja di dan dengan masyarakat yang terkena dampak untuk mengatasi akar penyebab sengketa tanah dan danau  dan dengan demikian mencegah terulangnya kekerasan lebih lanjut.   Awal tahun ini, PBB mendesak PNG untuk mengatasi akar penyebab meningkatnya kekerasan suku di negara itu setelah puluhan orang tewas dalam bentrokan yang sangat keras antara suku-suku yang bertikai. 
Perang antar-suku guncang Papua Nugini, negara tetangga.
Sebanyak 53 orang tewas dibantai



Komplik antara Kelompok rentan di Papua Nugini.

Pembunuhan mudah terjadi meski masalah tanah misteri.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTALITA UNTUK MOTOR PENGGUNAANNYA, BISA DIGANTIKAN DENGAN ELPIJI 3 Kg CAKAP DOSEN UGM

NusaNTaRa.Com    byBatiSKambinG,            S    e    l    a    s     a,      1    7        S    e    p    t    e    m    b    e    r     ...