Sabtu, 23 Desember 2023

QUARTARARO PEWAWANCARA MINTA MAAF, KALAU NASI GORENG LEBIH KHAS INDONESIA

NusaNTaRa.Com

byBambanGBiunG,      S  e  l  a  s  a,    1   9    D  e  s  e  m  b  e  r    2  0  2  3     

Momen Fabio Quartararo saat berlibur di Bali

Setelah ramai unggahan Fabio Quartararo yang ditanya bahwa nasi goreng berasal dari Malaysia, sang pewawancara mengakui kesalahannya.    Sang pewawancara ialah Fran Wyld  menjabat  sebagai MotoGP Communications Manager,    dalam bio di akun instagram resminya,  dia mengakui bahwa nasi goreng berasal dari  negeri  Indonesia,    "  Kesalahan pada saya.  Saya tahu nasi goreng dari Indonesia  ",  Tulis Fran Wyld sambil memberikan emotikon tanda hati  dan mimik orang bingung dan kelelahan,   Minggu   (17/12/2023).

Setelah ramai unggahan Fabio Quartararo yang ditanya bahwa nasi goreng berasal dari Malaysia, sang pewawancara mengakui kesalahannya. Sang pewawancara ialah Fran Wyld menjabat sebagai MotoGP Communications Manager. Dalam bio di akun instagram resminya, dia mengakui bahwa nasi goreng berasal dari Indonesia.  Sayang akunnya digembok jadi tidak bisa melihat isi postingan di dalamnya,   ditengarai permintaan maaf itu karena dia  "digeruduk"  oleh sebagian netizen asal Indonesia yang tak terima nasi goreng disebut dari Malaysia.   Dalam video yang viral sebelumnya, awalnya Quartararo ditanya apa makanan Malaysia favoritnya jelang MotoGP Malaysia 2023.   Karena juara dunia MotoGP 2021 itu tidak tahu, sang pewawancara menanyakan apakah dia suka nasi goreng karena nasi goreng dari Malaysia, kemudian Quartararo bertanya bukannya itu dari Indonesia.

Berikut petikannya wawancaranya  :    Pewawancara  :  Apa makanan Malaysia favorit kamu ?,   Quartararo   :  Kamu ada saran tidak ? saya kurang tahu nama-namanya.    Pewawancara  :   Nasi goreng adalah makanan klasik Malaysia,   Quartararo  :   Bukannya itu dari Indonesia.    Pewawancara  :   Ya, dan sepertinya dari Malaysia juga,   Quartararo  :   Ya, saya pilih itu saja.  Satu-satunya yang saya tahu cuma manggo sticky rice dan saya juga tidak tahu itu dari Malaysia atau bukan.  Saya takut salah, tapi memang kalau nasi goreng.

Bila melihat sejarahnya,  sang pewawancara tersebut sebetulnya tidak salah jika mengatakan nasi goreng juga merupakan penganan dari Malaysia.   Namun diksi nasi goreng lebih lekat dan dipakai di Bahasa Indonesia.    Nasi goreng lahir dari ide mendaur ulang sisa dapur meski tak ada kepastian mengenai siapa yang pertama kali menggoreng nasi dan menciptakan nasi goreng. Lihat Foto Fabio Quartararo saat menjalani sesi tes Valencia MotoGP 2024(@mj_photogp)

Fabio Quartararo saat menjalani sesi tes Valencia MotoGP 2024

Namun masyarakat China yakin bahwa nasi goreng awalnya lahir di selatan China  dan kemudian dengan cepat menyebar di seluruh China termasuk keluar negeri karena banyak warganya yang merantau.    Disebutkan bahwa konsep awal nasi goreng ialah menggoreng nasi sisa kemarin yang dibumbui sederhana dengan bawang putih dan kecap asin, bumbu yang selalu ada di dapur-dapur masyarakat China.   Disebutkan Mashed, para sejarawan lain meyakini nasi goreng sudah lahir sejak abad keenam, tepatnya di Dinasti Sui.

Bisa dipastikan hampir semua orang mengenal bahkan menyukai yang namanya nasi goring dadi heran kalau ene yang tak Nasi Goreng ?.   Nasi goreng adalah salah satu sajian nasi yang dimasak kembali dengan cara digoreng dengan berbagai bumbu dan bahan makanan lain seperti telur, ikan asin, daging, sayuran dan masih banyak lagi.   Terlebih Warga Indonesia  dan  Malaysia  menjadikan Nasi goreng menjadi salah satu sajian khas Indonesia yang kelezatannya tersohor ke berbagai negara di dunia.   Meski selama ini nasi goreng dikenal sebagai makanan khas Indonesia, nasi goreng ternyata bukan makanan asli dari Indonesia.   Lantas, dari mana nasi goreng berasal   ?.

Nasi goreng adalah makanan yang berasal dari negeri China dan mendapat banyak modifikasi di Indonesia  karena Nasi goreng sudah ada sejak dulu bahkan sejak 4000 tahun sebelum Masehi sebagai makanan tradisional masyarakat Tionghoa atau China.   Masyarakat China tidak suka dengan nasi yang sudah dingin dahulu,   kemudian memasak lagi nasi tersebut menjadi nasi goreng dengan berbagai bumbu dan rempah dadine enak.   Sejak saat itulah, nasi goreng menjadi makanan yang  digemari,  selain rasanya  enak,  metode  nasi goreng membuat masyarakat mengurangi pemborosan beras karena nasi goreng terbuat dari nasi dingin atau bahkan nasi sisa.

Nasi Goreng yang udah kekinian banget


Sejatinya Nasi Goreng Khas dari selatan China.

Nasi Goreng lebih Populer sebagai menu Indonesia.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...