Jumat, 22 Desember 2023

BERBAGAI TANGGAPAN WARGANET TENTANG LAGU “SAUP SANGKOL” YANG SEMPAT MELEJIT DI PENGGEMARNYA

NusaNTaRa.Com  

byRaisALembuduT,     S  e  n  I  n,    1   8     D  e  s  e  m  b  e  r     2  0  2  3

Made Gunawan penyanyi Lokal Bali yang populer lewat lagu  "SAUP SANGKOL"

Made Gunawan New Entri Singer yang tengah merasakan Popularitasnya  meski  tak terlepas dari pro dan kontra,  “Song Saup Sangkol “  lagu yang telah mengangkat elektabilitasnya kariernya memang tengah menikmati masa kejayaan sebab lagu tersebut saat ini tengah di gemari oleh penikmat musik Bali.    Di tengah ketenaran lagu Saup Sangkol ternyata  tak terhindar  dari kritikan warganet,  sebagaimana komentar warganet  melalui fanspage Koran Bali Express yang mengunggah pemberitaan  berjudul ‘Penyanyi Pendatang Baru Made Gunawan jadi Perbincangan, Lagu Saup Sangkol Ditonton Hingga 2,4 Juta Kali’,   Sabtu    (16/12/2023).

Dalam unggahan terdapat beragam respon dari warganet,   sebagian warganet memberikan apresiasi  kepada musisi Bali yang telah menciptakan karya dan mampu diterima di telinga masyarakat.   Namun ada juga warganet yang mengaku suka dengan lagu Saup Sangkol, hanya saja tidak paham dengan liriknya karena dinilai tidak nyambung,     Lagunya bagus enak didengar Cuma agak bingung bercerita tentang apa, aampura  ”,  Ujar tulisan SiDin  Subadi  dalam akunne.

  Suba pang molas coba puter puter, tetap bingung ajak maksud lagune (sudah lima belas kali diputar, tetap bingung dengan maksud lagunya)  ”,   tulis akun Made Sudiana Angler dengan dialek Baline.   Meski mendapat berbagai kritikan namun banyak juga warganet yang memberi dukungan dan memuji suara yang dimiliki oleh Made Gunawan  seperti  suara Made Gunawan sangat mirip dengan penyanyi Bali papan atas Anak Agung Raka Sidan,    Awalnya mendengar vocal Made Gunawan, jujur saya kira vocalnya Raka Sidan, setelah lama baru ngeh  ”,   Tulis akun I Wayan Gede Sukarata pula.

  Kalau didengar lagunya tanpa lihat penyanyinya, saya rasa semuanya akan mengira AA Raka Sidan yang membawakan lagunya, hehe tetap berkarya  ”,  Ujar tulisam akun Gede Pasek.dengan Soppengernya (Jumawanya).  Melihat komentar pro dan kontra yang terjadi dimasyarakat, akhirnya pencipta lagu Saup Sangkol pun angkat bicara. Melalui kolom komentar, pencipta lagu Saup Sangkol Gede Prana Jaya menyebut bahwa lagu Saup Sangkol adalah jawaban dari lagu Salip di Pengkolan yang dipopulerkan oleh Gus Jody.

  Makanya tyang bikin jawabannya yang berjudul Saup Sangkol yang dibawakan Made Gunawan. Biar semeton ten paling nike, suksma  ”,  Tulis Prana Jaya pula,  Senin   (18/12/2023).   Sebelumnya, Nama Made Gunawan menjadi perbincangan usai merilis lagu yang berjudul Saup Sangkol. karena merupakan penyanyi Pop Bali pendatang baru,  tapi popularitas nama Made Gunawan melejit hanya dalam sekojap.

Lagu Saup Sangkol yang diciptakan Prana Jaya ini merupakan lagu kelanjutan dari Salip di Pengkolan yang dipopulerkan oleh Gus Jody  dan  terlihat kedua lagu tersebut sama-sama diciptakan oleh Prana Jaya dan dalam liriknya pun ada kalimat  “apang tusing salip di pengkolan”.     Dikutip dari Bali Music, penyanyi asal Desa Blantih Kintamani, Bangli ini mengaku suka bernyanyi sejak kecil dan ngaku ora  anayongko bisa rekaman dan karyanya di terima dengan baik oleh masyarakat.

Pria yang saat ini merantau di Denpasar ini mengatakan bahwa awal ia kenal dengan Gede Prana Jaya saat dirinya mengunggah videonya bernyanyi di akun media sosial Tiktok  dan video tersebut dilihat oleh Gede Prana Jaya kemudian ia dihubungi untuk diajak rekaman.   Kini lagu Saup Sangkol mulai ramai digunakan sebagai backsong dalam berbagai media sosial seperti Instagram dan Tiktok.  bahkan lagu ini pun mendapat respon yang baik dari penikmat music Bali. 

Bagaimana tidak, lagu Saup Sangkol yang dirilis  melalui Youtube Dewata Production, 23 Oktober 2023 mampu bersaing dengan lagu-lagu pop Bali yang dibawakan oleh penyanyi Pop Senior lainnya.   Terbukti, sejak video musiknya di rilis, lagu Saup Sangkol ini telah ditonton sebanyak 2,4 juta kali. Bahkan lagu ciptaan Prana Jaya ini pemilih dan popularitasnya  masuk dalam top music video sa Bali Ngono.

Made Gunawan penyanyi lokal BALI

 

Saup Songkol lagu baru di dunia hiburan Bali.

Popularitas Saup Songkol  bagi Made Gunawan memberi hoki.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...