Sabtu, 09 Desember 2023

JOKO WIDADA MERESMIKAN BANDAR UDARA DI NABIRE DAN FAKFAK SERTA TUGU PANCASILA TANAMA

NusaNTaRa.Com 

byLaSikUAgaY,      S  a  b  t  u,    2   5     N  o  v  e  m  b  e  r     2   0   2   3 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Siboru di Kab Fakfak, Papua Barat 

dan Bandara Douw Aturure atau Bandara Nabire Baru di Kabupaten Nabire, Papua Tengah

Hari ini  dua bandara udara baru  di Papua akan dirosmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (23/11/2023) ini,  kedua  bandara tersebut yakni Bandara Douw Aturure di Nabire Papua Tengah dan Bandara  Siboru di Fakfak Papua Barat.   Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dua bandara tersebut adalah Bandara Douw Aturure di Nabire Papua Tengah dan Bandara Siboru di Fakfak Papua Barat,   "  Kami sudah membangun bandara yang cantik dan keren di Papua.  Inshaallah sudah siap diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi besok (Kamis, 23/11/2023)   ",   Ujar SiDin Budi Karya dengan Plabomoranya (Hebatnya),   Rabu   (22/11/2023).

Budi Karya juga  mengatakan dua bandara yang masuk Strategis Nasional (PSN) itu merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk saling melengkapi dalam memenuhi standar transportasi nasional.  Dalam kolaborasi itu, kata Budi,  pemerintah daerah menyediakan lahannya untuk lokasi pembangunan kepada pemerintah pusat,  sementara pihak  pemerintah pusat yang  akan melakukan pembangunan bandara baik terminal,  runway  dan fasilitas lainnya.

Di Fakfak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) selain meresmikan  Bandara  juga meresmikan Tugu Pancasila Kampung Tanama di Kab. Fakfak, Papua Barat,  peresmian dilakukan dengan pembubuhan tanda tangan ditugu  oleh Jokowi.   Tugu itu berbentuk burung Garuda Pancasila yang mengepakkan sayap. Burung itu berdiri di atas kubus berwarna merah-putih,  "  Presiden Jokowi menandatangani prasasti Tugu Pancasila Kampung Tanama yang merupakan bentuk pengingat perjuangan para pahlawan yang berasal dari Kampung Tanama  ",   dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Jumat (24/11/2023).

Dalam peresmian itu, Jokowi didampingi pejabat setempat seperti Bupati Fakfak Untung Tamsil, Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, dan Kepala Kampung Tanama Sukur Weripih.   Sukur  Weripih menjelaskan Tugu Pancasila Kampung Tanama didirikan untuk mengingat para pejuang. Dia berharap masyarakat Papua Barat mengingat perjuangan para pahlawan dan bersama membangun bangsa,  "  Saya mengajak masyarakat mari menghindari persoalan untuk membangun negeri  ",  Cakap Besar Sukur Weripih dengan Ahmadernya (Manisnya).

Joko Widada meresmikan Tugu PANCASILA di 
Kamp Tanama Nabire

Jokowi mengatakan pembangunan bandar di Papua penting untuk memenuhi sstandar transportasi dan komunikasi yang terasa masih sulik, karena masih banyat daerah-daerah di Papua sulit terjangkau.   Padahal, saat ini Papua sudah semakin berkembang dan  Jokowi mengatakan aktivitas ekonomi di wilayah tersebut makin bergeliat,  "  Bandara Siboru dan Bandara Douw Aturure yang kita resmikan hari ini akan meningkatkan konektivitas di Papua, meningkatkan mobilitas orang, meningkatkan mobilitas barang, dan membuka banyak peluang untuk memicu tumbuhnya ekonomi-ekonomi baru, usaha baru  ",  Ujar  SiDin Joko Widada dengan Soppengernya (Jumawanya).

Joko Widada  juga menuturkan kedua bandara baru tadi bisa menjadi jembatan udara di wilayah Timur Indonesia tersebut,  iapun menguraikan kalau  Bandara Siboru akan menghubungkan Fakfak, Sorong, Timika, Kaimana, Amahai, Babo, Dobo, hingga Bintuni.   Sementara Bandara Douw Aturure di Nabire Papua Tengah, menghubungkan beberapa kota di Papua, seperti Timika, Manokwari, dan Jayapura.

"  Saya minta pemerintah daerah, masyarakat, bisa memanfaatkan bandara ini sebaik-baiknya, memanfaatkan akses yang semakin terbuka untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di daerah kita ini, memperkenalkan destinasi-destinasi wisata yang ada dan meningkatkan wisatawan ke Papua  ",  Cakap SiDin Joko Widada.

Budi Karya pula  berharap kehadiran dua bandara ini dapat semakin melancarkan mobilitas masyarakat dari dan ke Papua, baik ke Nabire maupun Fakfak,  "  Kami mohon dukungan pemerintah daerah untuk melakukan upaya-upaya untuk memasarkan bandara ini agar penumpang dan penerbangannya semakin ramai  ",   Ucap SiDin Budi Karya Laji.   Bandara Siboru di  Fakfak  dibangun mulai 2020 sampai dengan 2023 demikian juga dengan  masa pembangunan   Bandara Douw Aturure di Nabire Baru dibangun mulai 2020 hingga 2022. 

Peresmian Bandara Douw Aturure Nabire secara virtual, dihadiri 

Plh Sekretaris Daerah Papua Tengah, Anwar Harun Damanik, Kepala 

Kantor UPBU Nabire, Setyani Mahendra, Kapolres Nabire AKBP I 

Ketut Suarnaya, dan pimpinan Forkopimda Papua Tengah dan Nabire.  


 

Dipuncak gunung Papua terasa berada di angkasa.

Jokowi resmikan Bandara udara Nabire–Fakfak  Papua.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...