Rabu, 06 Desember 2023

KERETA WISATA DI INDONESIA SEMAKIN BERKEMBANG DAN DIMINATI

NusaNTaRa.Com

byLaCappotttA,      S  e  n  i  n,    2   3     O  k  t  o  b  e  r     2   0   2   3

PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Api "Joglosemarkerto"
menghubungkan kota di Jateng dan Jogyakarta.

Buat para wisatawan yang mencari  moda transportasi yang lebih murah dari posawat  maka Kereta api termasuk pilihan terbaik.  Sebagaimana  diakui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf),  terlebih setelah pandemi Covid-19 berlalu,  pariwisata Indonesia memasuki babak lebih dinamis.  Berwisata dengan kereta Api sejauh ini semakin diminati wisatawan untuk mendapatkan pengalaman perjalanan wisata yang unik dan tak terlupakan, inipun terukur dari meningkatnya jumlah penumpang Kereta Wisata sejak Jan 2023 - Sept 2023  sebanyak  65.300 orang dan  perjalanan Kereta Wisata lebih 2.580 perjalanan.

"  Tentunya, pemanfaatan moda transportasi ini perlu untuk terus dipromosikan dan digaungkan demi tercapainya target sebanyak 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara di tahun 2023  ",  Ujar SiGaluH Dwi Marhen Yono, S.STP, M.Si  Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf.   Menurutnya, untuk perjalanan wisata menuju daya tarik wisata yang lokasinya dekat dengan stasiun kereta api semakin diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara seperti kawasan wisata Malioboro di Yogyakarta dan Kota Tua di Jakarta  yang dekat dengan stasiun.

Dalam rangka meningkatkan minat wisatawan untuk melakukan perjalanan dengan kereta api, saat ini pihak KAI Wisata bersama dengan Kemenprekraf, Dinas Pariwisata dan Asosiasi Pariwisata terus melakukan koordinasi guna membuat paket wisata menarik, dengan memasukkan daya tarik wisata seperti atraksi wisata dan wisata kuliner yang lokasinya dekat dengan stasiun kereta, sehingga dapat meningkatkan lama tinggal dan pengeluaran wisatawan di destinasi wisata.

Menpar Naik Kereta Wisata Retro ke Bandung

Dalam mendukung bangga berwisata #DiIndonesiaAja, meningkatkan kunjungan destinasi wisata di Indonesia, serta mempromosikan Kereta Wisata, Kemenpaekraf berkolaborasi dengan Dinas-dinas Pariwisata Kota dan Kabupaten turut menggandeng KAI Wisata untuk membuat ragam paket wisata kereta.   "  Contohnya, kita ada paket seperti Tur Ijen 2 Hari 1 Malam, Tur Bromo Midnight, Tur Banyuwangi 3 Hari 2 Malam, dan lainnya. Selain itu, KAI Wisata juga menjalin kerjasama dengan para mitra CoBranding Kemenparekraf serta para travel agent  ",   Ujar SiGaluH Dwi Marhen Yono.

Ada berbagai keunggulan berwisata dengan kereta yang membuatnya lebuh unggul dibandingkan moda transportasi lainnya. Salah satunya, di kereta wisata biasanya memiliki tematik desain interior sesuai dengan destinasi wisata di Indonesia, yaitu tematik Bali, Jawa, Toraja, Sumatera, Nusantara, dan lain-lain.   "  Contoh lainnya adalah Kereta Panoramic yang menawarkan panorama alam dari balik jendela tembus pandang berukuran besar di kedua sisinya. Tentunya, ini dapat memberikan sensasi yang luar biasa dan perjalanan ke destinasi wisata yang terasa semakin efektif.. Wisatawan juga bisa mendapatkan ragam fasilitas selama perjalanan  ”,   Ujar SiGaluH Dwi Marhen Yono.

Kemenparekraf juga mengapresiasi keberadaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dipercaya dapat menjadi game changer bagi sektor pariwisata,   "  Kami bisa melihat akan banyak tercipta peluang-peluang yang dapat terus berkembang, apalagi banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang sangat gemar berwisata ke Bandung untuk mengisi libur di akhir pekan, libur nasional, dan cuti bersama  ",   Ujar SiDin Sandiago Uno dengan  Soppengernya  (Jumawanya).   Perencanaan wisata sendiri termasuk dengan menyusun jadwal perjalanan, akomodasi, dan transportasi yang akan digunakan di destinasi tujuan.

Keunggulan berwisata kereta juga dikatakan pengamat pariwisata sekaligus akademisi Robert Alexander Moningka. Pria yang disapa Bob  mengatakan, selain lebih murah dari  pesawat, ketepatan waktu dinilai jadi keunggulan utama kereta. Meski lebih lama dari pesawat, naik kereta jelas  lebih cepat dibandingkan angkutan darat lainnya seperti bus karena bebas macet dan bisa memprediksi waktu.   "  Kalau kita naik kereta, jam berangkat dan kedatangan kan jelas dan  selalu tepat waktu, kecuali ada faktor tak terduga yang  juga jarang terjadi. Masalah waktu ini sangat penting bagi para traveler sekarang ini  ",   Ujar SiDin Bob serius.

Bertambahnya minat berwisata dengan kereta Api  diakui PT Kereta Api Indonesa Wisata atau KAI Wisata. Minat Masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan Kereta Wisata di Indonesia terus meningkat dengan  rute favorit sejauh ini adalah, Gambir – Yogyakarta, Gambir – Bandung dan Gambir - Surabaya.   "  Dengan kereta wisata, wisatawan bisa mendapatkan fasilitas mewah selama perjalanan dengan Kereta Wisata, seperti layanan F&B buffet/prasmanan untuk Kereta Wisata Pola Carter, fasilitas entertainment karaoke, wifi dan movies yang membuat perjalanan wisata semakin seru  ",  Tagas Cakap M Ilud Siregar Humas KAI Wisata, Kamis   (19/10/2023).

"  Kereta wisata juga melakuka pelayanan professional dan ramah dari para Train Attendant Kereta Wisata serta toilet yang nyaman serta VIP Boarding Service dan VIP Room sebelum berangkat dengan Kereta Wisata  ",  Cakap Tagas M Ilud Siregas dengan Plabomoranya (Hebatnya).   Dalam Pengembangan lini usaha dan mendukung program pemerintah meningkatkan kunjungan destinasi wisata di Indonesia juga mempromosikan Kereta Wisata, KAI Wisata berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Dinas-dinas Pariwisata Kota dan Kabupaten serta para travel agent.

Salah-satu Desain service Kereta Api Wisata 


Kereta Api dapat menghibur,  bukan sekedar sampai.

Kereta Api wisata menjadi semakin diminati.

 

      NusaNTaRa.Com  Adverstesment 

                                   Melayani pemasangan Iklan 

                                                  Sila Dail Talian  0821 5385 8932 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...