Rabu, 20 Desember 2023

PEMAKAMAN DONI MONARDO MANTAN PANGDAM PATTIMURA DIPIMPIN PANGLIMA TNI AGUS SUBIYANTO

NusaNTaRa.Com

byBasruLDatUMabusunG,     S  e  n  i  n,    0   4    D  e  s  e  m  b  e  r    2   0   2   3

Jenazah Doni Monardo tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan
 pada Senin,  04 Desember 2023.

Jasad Letnan Jenderal (Purn) TNI Doni Monardo dimakamkan di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Senin, 4 Desember 2023,  ketika  jenazah Doni Monardo diturunkan ke liang  lahat,  ribuan orang hadir turut menyaksikan  pada  sekitar pukul 11.30 WIB.   Pemakaman Doni Monardo dilaksanakan secara upacara  militer  dengan  Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin langsung upacara pemakaman dengan bertindak sebagai inspektur upacara.

"  Saya Panglima TNI atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan ke Persada Ibu Pertiwi, jiwa, raga, dan jasa-jasa almarhum  ",   Ujar SiDin Agus Subiyanto  saat membacakan apel persada pemakaman Doni Monardo.   Apel persada adalah bentuk upacara penghormatan terakhir secara militer  terhadap figur yang dianggap berjasa kepada bangsa dan negara.

Dalam pembacaan apel tersebut,   Agus Subiyanto menyatakan bahwa Doni Mortado telah meninggal dunia demi kepentingan serta keluhuran negara dan bangsa pada hari Minggu, tanggal 1 Desember 2023.   "  Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya, dapat menjadi suri teladan bagi kita semuanya dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka  ",    Ujar Agus Subianto.  Upacara kemudian dilanjutkan dengan penguburan jasad Doni,  keluarga Doni turut menimbun liang kubur diiringi hormat senjata dari para Prajurit TNI.

Selain itu, Agus Subiyanto juga melakukan peletakan karangan bunga atas nama negara dan bangsa Indonesia di makam Doni Mortado.   Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Maruli Simanjuntak dijadwalkan untuk memimpin upacara pemakaman Doni Monardo kemudian  tugas tersebut  diambil alih langsung oleh Panglima TNI Agus Subiyanto.   Doni Monardo meninggal pada Ahad kemarin, 3 Desember 2023,   dikabarkan jatuh sakit dan menjalani proses perawatan intensif di rumah sakit sejak 22 September 2023.

Ganjar Pranomwo menyampaikan berbela sungkawa kepada keluarga Doni Monardo. Ia menyatakan kagum dengan mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) periode 2019-2021 itu. Ganjar menyebut Doni sebagai sebagai figur pekerja keras dan pencinta lingkungan,     Saya mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga besar Bapak Doni Monardo. Saya mengenal almarhum sebagai seorang pekerja keras dan pencinta lingkungan  ”,  Cakap SiDin Ganjar Pranowo dengan Ahmadernya (Manisnya).

Calon presiden Ganjar Pranowo mengaku pernah diajak almarhum Doni Monardo untuk mengambil bibit pohon dari Maluku,  namun  hingga akhir hayat Doni Monardo,  rencana itu belum terealisasi,    Beliau mengajak saya untuk mengambil satu benih, bibit pohon dari Maluku dan kami belum sempat melakukannya  ”,  Ujar SiDib  Ganjar Pranowo dengan Plabomoranya (Hebatnya),   Senin,   4  November 2023.

Doni Monardo kelahiran Cimahi Jawa Barat 10 m2i 1963 berdarah Minang,  pernaah bertugas sebagai  Pangdam Pattimura  pada  Juli 2015  hingga  Oktobeer 2017.   Sepanjang karirnya, Doni pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Diantaranya adalah menjadi Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19  serta  merupakan eks Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) periode 2019-2021.

Pada Maret 2023, Doni Monardo meraih penghargaan penanggulangan COVID-19 dari Presiden Jokowi.  Dia mendapatkan penghargaan berkat strategi Pentahelix yang menitikberatkan semangat kegotongroyongan seluruh sumber daya, meliputi kerja sama pemerintah daerah, masyarakat setempat, pakar, dan akademisi, media, serta sektor swasta. Akan tetapi Jokowi tak hadir dalam acara pemakaman Doni di TMP Kalibata hari ini.

Letnan Jengeral (Almarhum) Doni Mordano
Mantan Kepala BNPN  (2019-2021)

 

Doni Monardo mantan Pangdam Pattimura.

Almarhum Doni Monardo di kebumikan di Kalibata.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...