Rabu, 10 Juni 2020

PONDOK PASANTREN NUSANTARA MADANI PONPES PERTAMA DI AMERIKA DI BANGUN YAYASAN INDONESIA.


NusanTaRa.Com
byMuhammaDNunukaN,       28/05/2020


Jika Allah mengizinkan tak lama lagi di Amerika akan berdiri pondok pasantren yang dibangun oleh kalangan Indonesia yang digagas Nusantara Foundation dan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani di kota Moodus Connecticut, Amerika Serikat.  Hal tersebut disampaikan Imam Shamsi Ali, Imam Islamic Center of New York  bahwa pembangunan masjid tersebut di atas tanah seluas 7,5 hektar dan mulai dibangun pada bulan Juni 2020, dengan estimasi waktu dua tahun proses pembangunan masjid dan pesantren.


Imam Shamsi mengatakan bahwa desain Masjid dan master plan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani telah selesai didesain oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan team Urbane Indonesia yang diharapkan dapat memberikan gambaran desain Islam dan sedikit budaya Indonesia.   "  Saya pribadi secara khusus meminta pada teman saya Ridwan Kamil yang mendesain karena kedekatan persaudaraan dan karena beliau pernah tinggal di sana  ",  sambung Imam Shamsi Ali.

"  InsyaAllah jika Allah mudahkan, proses peletakan batu pertama pembangunan Masjid di area pesantren akan dimulai pada bulan Juni 2020. Saat ini sudah ada 4 gedung yang sudah rampung direnovasi  ",  Ujar SiDin Imam Shamsi di hotel Grandhika, Jakarta Selatan, Kamis (16/01/2020).   Dalam proses pembuatannya Nusantara Foundation mengadakan penggalangan dana sampai kini masih ada target dana yang belum dicapai yaitu sebesar $18,750  dan dana itu dikumpulkan sampai April 2020.

Di lokasi yang sama Tim dari Ridwan Kamil, Angga Latif mengatakan bahwa desain dari pesantren dan masjid yang akan dibangun nantinya akan menggambarkan wajah Indonesia.   "  Pertama waktu diminta, yang ada dibenak kita yang mau ditunjukan dari masterplan itu ke indonesian, terpikir seperti archipelago jadi akan kita buat seperti taman mini kecil di sana  ", Ujar SiDin Angga dan Imam Shamsi  mengatakan akan ada sudut di tempat pesantren itu yang akan dibuat untuk masyarakat Amerika yang ingin menjadi mualaf.

Menurut Shamsi, pembangunan Ponpes Inka Nusantara merupakan bagian dari upaya memperkenalkan salah satu sistem pendidikan Islam di Indonesia,     (Ponpes ini akan) menghadirkan Islam yang ramah ala Indonesia sehingga juga diberi nama Nusantara  ”, Ujar SiDin Imam Shamsi Ali.   Sementara Mensos Agus Gumiwang dalam pertemuannya dengan Nusantara Foundation dan Ponpes Inka Nusantara 27/05/20202, mengapresiasi rencana pembangunan ponpes khas Indonesia itu dan memberikan dukungan serta menilai  kehadiran ponpes pertama di AS dapat memperkenalkan warna keislaman khas Indonesia kepada dunia internasional.

"  Rencananya pesantren pertama di Amerika, karena memang belum ada pesantren di sana, rencana ini merupakan rencana lama saya untuk merespon kesalahpahaman tentang Islam, bahwa Islam itu anti modernitas, anti barat, seolah-olah Islam itu sangat membahayakan kemajuan, nah, saya ingin menampilkan Islam indonesia ini, dan saya rasa Islam Indonesia itu ada di pesantren  ",  Ujar SiDin Shamsi Ali kepada wartawan di sela acara buka bersama dan galang dana, di Jakarta, Jumat (24/5).

Dititurkan Shamsi Ali, Pesantren itu adalah sistem pendidikan yang mengkombinasikan dunia akhirat, di mana kita belajar bahasa Arab, kita juga belajar bahasa Inggris, dan ketika kita belajar matematika, di sisi lain kita juga belajar ilmu fikih.   "  Itu merupakan sistem pendidikan yang komprehensif, saya kira ini adalah jawaban langsung terhadap kesalahpahaman Islam itu agama terbelakang, agama kemiskinan  ",   Shamsi.

Imam Shamsi Ali menambahkan bahwa pendirian pesantren ini merupakan jawaban nyata terhadap stigma-stigma Islam yang dianggap bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi, tidak menghormati HAM, dan tidak menghormati wanita.   Saat ini ia sedang berjuang melakukan fundraising sebisanya dana utama dari Indonesia, meski ia mengakui mempunyai koneksi di beberapa negara Timur Tengah alias negara kaya tapi ia sengaja tidak mengutamakan dana dari sana. 

"  Saya tidak melakukan galang dana ke Timur Tengah karena saya ingin pesantren ini diakui bahwa ini kontribusi Indonesia, lho, jangan ada proyek Islam kok Saudi yang tampil, Quwait, Qatar, ya kapan Indonesia, Indonesia kan negara Muslim terbesar. Jangan sampai kota ini besar tapi kok tidak punya isi  ", Ujar SiDin Imam Shamsi Ali tegas.

lokasi pembangunan Ponpes Nur Inka Nusantara Madani USA

Bangun Ponpes di Amerika jawaban Islam,

Ponpes Nusantara Madani pertama di Paman Sam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...