Minggu, 21 Juni 2020

JAMUR TUDUNG PENGANTIN BERSELIMUTKAN INDISUM TUMBUH DI ALAM INDONESIA.


NusanTaRa.Com
byMcDonalDBiunG,        20/04/2020


Jamur merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia dan beberapa di antara jenisnya dapat dikonsumsi sebagai bahan konsumsi  seperti jamur kancing, jamur  tiram,  jamur merang hingga jamur kuping.   Ada salah satu jenis jamur yang memiliki bentuk unik dan cantik serta langka,  tak dikonsumsi dan sering ditemukan ditempat teduh, lembab, daerah lapukan tumbuhan dan kurang cahaya, nama jamur tersebut     Jamur Tudung Pengantin  “.

Jamur Tudung Pengantin (Phallus indusiatus) memiliki  memiliki ciri khas yaitu jaring-jaring halus  disebut indisum berwarna putih atau kuningan yang membentuk layaknya tudung pengantin wanita atau  rok wanita atau bahkan tampak seperti wanita berkerudung atau rok wanita.   Ilmiahnya  jamur  ini  masuk ke dalam golongan  fungi., tubuhnya terdiri dari thalus (serat2 halus),  tidak memiliki zat hijau daun  bersifat heterotrof yaitu organisme hidup yang tidak memiliki kapasitas untuk memproduksi makanan sendiri dan hidup dari hancuran tumbuhan berupa humus. 

Penamaan jamur tersebut  tentunya tidak jauh dari bentuk atau wujud jamur yang serupa dengan  Tudung Pengantin  sehingga disebut Jamur Tudung Pengantin (Phallus Indusiatus) atau The Bridal Veil Mushroom.  Berdasarkan beberapa penemuan Jamur  Tudung Pengantin di Indonesia, ada dua variasi warna yang dimiliki Jamur Tudung Pengantin yakni warna putih dan yang berwarna  jingga. Meskipun memiliki bentuk yang cantik, namun usia hidup Jamur Tudung Pengantin ini tidak lama yakni 30 hari.

Tudung pengantin pada jamur tersebut merupakan bagian dari tubuh jamur yang tumbuh pada saat jamur sudah berusia matang,  jaring-jaring tersebut menjulur dari bawah kepala  jamur  yang berwrna hitam hingga kecoklatan  hingga  kebawah dan semakin ke bawah ukuran jaring tersebut semakin  melebar.  Ukuran jaring atau tudung tersebut  kisaran 12 cm dengan total tinggi jamur kisaran 20 hingga 25 cm.   Sedikit  beraroma  bau  seperti bangkai, baginya bau bangkai tersebut  berguna untuk menarik perhatian serangga seperti lalat atau ngengat agar hinggap dan membantu menyebarkan spora dan  bau tersebut dapat berbeda-beda sesuai dengan serangga yang dituju.

Sementara, srtuktur bagian Jamur Tudung Pengantin teridiri dari kepala jamur  berwarna coklat hingga kehitaman,  berbentuk menyerupai kerucut dengan lendir berwarna coklat kehijauan dengan aroma kurang sedap.   Lendir tersebut berfungsi sebagai daya tarik untuk serangga serta makanannya terutama lalat yang nantinya dapat membantu proses reproduksi Jamur Tudung Pengantin.  Penyebaran melalui spora spora yang terbawa oleh serangga baik termakan kemudian menjadi kotoran  atau  menempel pada pada serangga dimana spora itu dibuang atau melengket disitu ia tumbuh menyebar.  

Jamur Tudung Pengantin  tumbuh di lingkungan dengan suhu sekitar 25 hingga 30 derajat celcius dan dapat tumbuh di tempat-tempat lembab yang berkisar 45%-85%., Jamur ini juga  ditemukan di lingkungan perkotaan dan sangat cocok tumbuh di wilayah tropis dengan curah hujan yang tinggi.   Sebaran  Jamur Tudung Pengantin  ditemukan di beberapa negara  seperti  Mexico, Amerika Selatan,A Australia, Kongo, Nigeria, Uganda, Zaire, Brazil, Guyana, Venezuela, Kosta Rika, Tobago, India, Jepang, Brunai Darussalam, Timor Leste,  Hong Kong, Taiwan, Malaysia dan Indonesia, dengan kata lain hampir diseluruh permukaan bumi kecuali daerah dingin sokali kutub.

Kandungan yang terdapat di dalam Jamur Tudung Pengantin berdasarkan World Journal Of Agricultural Science 4 (2008) oleh Jonathan SG., Odebode AC. dan Bowo DDS yakni lemak, protein, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, kalium, sodium dan seng. Serta, jamur terebut jungan mengandung senyawa bioaktif yang memiliki sifat antimikroba, antioksidan, antivirus, antifungi, antibakteri dan anti tumor.   Sehingga, tidak heran jika negara Tiongkok memanfaatkan jamur tudung penggantin tersebut sebagai bahan obat-obatan.

Klasifikasi ilmiah  ;  Phallus indusiatus Vent. (1798)  :  
Kingdom :  Fungi,  Divisi  :  Basidiomycota,  Kelas  :  Agaricomycetes,  Ordo  :  Phallales,  Famili  :  Phallaceae,  Genus    :Phallus,  Spesies  :   P. Indusiatus  dan
Nama binomial  :   Phallus indusiatus  Vent. (1798).


Jamur indah terselimuti Jaring-jaring, 

Jamur Tudung Pengantin berwarna  jingga kuning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...