Minggu, 28 Juni 2020

FAJRIN RASYID DARI BUKALAPAK DITETAPKAN SEBAGAI DIREKTUR TELKOM


NusanTaRa.Com
byBambanGBiunG,                             27/06/2020


Muhammad Fajrin Rasyid akhirnya ditetapkan sebagai Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk menggantikan Faizal R. Djoemadi oleh Menteri BUMN Erick Thohir.    Di  usia yang belum genap 34 tahun  Fajrin  lulusan ITB menjadi  milenial pertama yang menduduki jabatan direksi Telkom, Fajrin pernah menjadi konsultan pada The Boston Consulting Group di tahun 2009 selama 1 tahun 6 bulan,  bertanggung jawab untuk memberikan masukan soal industri di Asia Tenggara.

M Fajrin Rasyid ini merupakan penggagas Bukalapak, bersama rekannya Ahmad Zaky pada 2010 lalu,  keduanya merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB).   Fajrin Rasyid sebelumnya berhasil membawa Bukalapak menjadi e-commerce yang memberdayakan lebih dari 5 juta pedagang online di seluruh Indonesia. Bukalapak juga memiliki lebih dari 70 juta pengguna di dalam negeri.   Muhamad Fajrin Rasyid ini merupakan penggagas Bukalapak, bersama rekannya Ahmad Zaky pada 2010 lalu. Keduanya merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dalam pelantikan tersebut posisi Direktur Utama Telkom masih tetap dijabat oleh Ririek Adriansyah sebagaimana ditetapkan dalam RUPST,  pelantikan ini  juga ditayangkan secara live di UseeTv.   Ririek Adriansyah sebagaimana kita ketahui telah menduduki posisi itu sejak dilantik  Erick Thohir  menjadi Dirut Telkom menggantikan Alex Sinaga pada RUPST Telkom, Jumat (24/5/2019)  yang  sebelumnya  menjabat sebagai  Dirut Telkomsel, anak usaha Telkom.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil keputusan  yang  disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Telkom yang digelar, Jumat (19/6/2020).    Usai penetapan ini, Fajrin akan menyerahkan tugas dan tanggung jawab fungsional harian sebagai Presiden Bukalapak pada Dewan Direksi dan Manajemen Bukalapak.   Dalam kesempatan ini Menteri Erick menyampaikan dengan tantangan yang semakin besar, semua jajaran direksi Telkom yang baru memiliki key performance indicator dalam pemilihan direksi BUMN.

Dia mengharapkan Fajrin dalam tugasnya temasuk pejabat baru lainnya  dapat berkontribusi untuk merubah dan memperkuat strategi bisnis perusahaan telekomunikasi milik negara tersebut,   "  Fajrin merupakan figur anak muda yang sudah teruji kiprah dan karyanya di bisnis digital. Dengan rekam jejak dan pengalaman meski masih berusia muda,Fajrin adalah figur yang tepat untuk memimpin pengembangan bisnis digital Telkom  ",  Ujar SiDin Erick Thohir,  Jumat (19/6/2020).

Dalam pelantikan tersebut posisi Direktur Utama Telkom masih tetap dijabat oleh Ririek Adriansyah sebagaimana ditetapkan dalam RUPST,  pelantikan ini  juga ditayangkan secara live di UseeTv.   Ririek Adriansyah sebagaimana kita ketahui telah menduduki posisi itu sejak dilantik  Erick Thohir  menjadi Dirut Telkom menggantikan Alex Sinaga pada RUPST Telkom, Jumat (24/5/2019)  yang  sebelumnya  menjabat sebagai  Dirut Telkomsel, anak usaha Telkom.

Masuknya Fajrin Rasyid ke Telkom menjadi  satu kabar mengejutkan,  karena selama ini  ia menjadi direksi termuda Telkom yaitu di  usia baru 34 tahun serta  hasil keputusan ini juga di luar kebiasan karena jarang pendiri startup besar hijrah ke perusahaan raksasa konvensional.   Fajrin Rasyid, Ahmad Zaky, dan Nugroho Herucahyono merupakan tiga sekawan pendiri Bukalapak,   mereka berhasil membawa Bukalapak menjadi salah satu startup unicorn dengan valuasi US$ 2,5 miliar.

Selama tujuh tahun Fajrin Rasyid menjabat sebagai Chief Finance Officer (CFO) dan pada 2018 ia diangkat sebagai President Bukalapak. Selaku co-founder, Fajrin Rasyid juga memegang sejumlah saham Bukalapak.  Pengangkatan  posisi direktur digital business seorang yang berjasa dalam pendirian  Bukalapak  yakni Muhammad Fajrin Rasyid.  Pengangkatannya dilakukan untuk mewujudkan rencana Telkom yang ingin bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital.

Berikut jajaran direksi Telkom setelah RUPS hari ini, 19 Juni.

Komisaris 

Komisaris Utama : Rhenald Kasali 
Komisaris : Alex Denni 
Komisaris :  Ismail.
Komisaris :  Marcelino Pandin.
Komisaris : Rizal Malarangeng.
Komisaris Independen :  Marsudi Wahyu Kisworo

Komisaris Independen:  Ahmad Fikri Assegaf 
Komisaris Independen : Wawan Iriawan

Komisaris Independen :   Candra   Arie Setiawan


Direksi

Direktur Utama : Ririek Adriansyah 

Direktur Keuangan :  Heri     Supriadi 
Direktur Consumer Service :  FM Venusiana R. 
Direktur Network & IT Solution :  Herlan Wijanarko 
Direktur Digital Business :  Muhammad Fajrin Rasyid
Direktur Strategic Portfolio :  Budi Setyawan Wijaya
Direktur Wholesale & International Service ("WINS") :  Dian Rachmawan
Direktur Human Capital Management ("HCM")  :   Afriwandi
Direktur Enterprise & Business Service  :  Edi Witjara.




Direktur milineal  lama di online berniaga,
Fajrin Bukalapak Direktur Telkomsel termuda.

1 komentar:

  1. Lebih sukses dukung kemampuan usaha BUMN milik negara hingga Go Internasional ........

    BalasHapus

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...