Senin, 12 Agustus 2019

LAJI 72 PARUH BURUNG RANGKONG GADING TUJUAN HONGKONG GAGAL DISELUDUPKAN.

NusanTaRa.Com
byAsnISamandaK, 21/07/2019



TLC (48 tahun) inisial seorang ibu kurir yang cukup berani bersama barang bukti kejahatan berupa 72 paruh burung Rangkong Gading (Rhinoplax  vigil ) yang hendak dibawa ke Hong Kong, telah ditangkap pihak berkuasa Bandara Soekarno-Hatta. Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam [BKSDA] Jakarta bersama Aviation Security [Avsec] dan Balai Karantina Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menggagalkan penyelundupan Paruh burung rangkong gading yang akan ke HongKong, Rabu [17/7/2019].

Burung Rangkong gading, selain dilindungi berdasarkan  UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya,  Juga berdasarkan Permen LHK Nomor P/106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018,  daftar jenis tumbuhan dan satwa dilindungi di Indonesia.   Penyelundupan paruh rangkong gading terbanyak terjadi pada 3 Januari 2013, total 248 buah. Peristiwa terjadi di tempat yang sama, Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan tujuan sama, Hong Kong. Empat WNA ditangkap.

Penyelundupan ini menggunakan modus operandinya membungkus paruh rangkong dengan kertas alumunium foil, lalu dimasukan dalam kaleng biskuit. Kemudian, disamarkan dengan biskuit di atasnya. Enam kaleng itu dimasukkan dalam sebuah tas jinjing besar biru.     Saat pemeriksaan, petugas mencurigai isinya. Setelah diperiksa isinya 72 paruh rangkong gading. Atas temuan itu, petugas Avsec dan Karantina melaporkan ke BKSDA DKI Jakarta, lalu pelaku beserta barang bukti diserahkan ke Balai Gakkum Jabalnusra Seksi Wilayah I Jakarta untuk penyidikan  ”, Ujar SiDin Rasio Ridho Sani Dirjen Penegakan Hukum KLHK. 

Counter Wildlife Trafficing Specialist Wildlife Conservation Unit [WCU] Dwi Nugroho Adhiasto mengatakan, dilihat dari kasusnya, pelaku menggunakan modus seperti narkoba dan human trafficking. Diistilahkan layering. “  Ia menggunakan lapis pengaman untuk menutup informasi siapa pemain kunci, baik penerima atau pengirim barang. Ibu ini bagian dari jaringan, dia saya pikir telah di-brieffing dengan skenario kalau misalnya tertangkap. Karena Ibu kurir ini tidak bisa atau tidak mau menginformasikan siapa pengirim dan penerima barang  ”, Ujar SiDin Dwi Nugroho Adhiasto.

  Upaya pengamanan dan pemantauan aktivitas perdagangan satwa liar dilindungi di bandara, pelabuhan, dan terminal bus terus ditingkatkan untuk mencegah peredaran ilegal tumbuhan dan satwa liar dilindungi  ”, Ujar SiDin Rasio Ridho Sani.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam [BKSDA] Jakarta Ahmad Munawir, sebagaimana keterangan tertulisnya kepada media mengatakan, penyelundupan ini melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya. Ancaman pidana penjara maksimal lima tahun dan denda paling banyak Rp100 juta.   Kepala Resort Bandara Adam Mustofa menjelaskan, TLC mengaku hanya sebagai kurir, tidak lebih,     Pengakuannya masih didalami, kami telah berkoordinasi dengan Balai Gakkum untuk penanganan lebih lanjut  ”, Ujar SiDin Laji. 

Jaringan perburuan dan perdagangan ilegal masih aktif di Indonesia. Saya melihatnya semakin tertutup dan rapi. Kenapa ?  Permintaan masih ada dengan harga menggiurkan, low cost high profit.  Rangkong Indonesia mendapat informasi perburuan masih terjadi. Menariknya, disinyalir kasus ini memicu perburuan dan perdagangan ilegal jenis rangkong lainnya sebagai mana diungkapkan KadiRJanggOLegenD Pengamat lingkungan satwa.  

Rangkong, burung berukuran besar ini dijuluki petani hutan yang tangguh sebagaimana dikatakan Margaret F. Kinnaird dan Timothy G. O’Brien, peneliti rangkong dan hutan tropis dan memberi penghargaan setinggi itu kepada burung yang dikenal memiliki kesaktian menebar biji tumbuhan di alam. Dengan kemampuan terbangnya hingga rentang 100 kilometer persegi, burung ini dapat menebar biji sejauh jarak tempuh tersebut yang tanpa kita sadari, kegiatan meregenerasi hutan telah dilakukan oleh rangkong.

Khusus Indonesia, ada 13 jenis rangkong yang tersebar di Nusantara yang 3 jenisnya merupakan endemik Indonesia yaitu 2 jenis di Sulawesi; julang sulawesi (Ryhticeros cassidix) dan kangkareng sulawesi (Rhabdotorrhinus exarhatus); serta 1 jenis di Pulau Sumba yakni julang sumba (Ryhticeros everetti).   Rangkong merupakan burung yang masuk dalam keluarga Bucerotidae (julang, enggang, dan kangkareng), dengan spesipikasi tubuh berukuran dari 65 cm hingga 170 cm, berat bervariasi dari 290 hingga 4.200 gram,  paruhnya panjang dan ringan dengan kepakan sayap yang terdengar keras. Rangkong pun tersebar di Afrika, Asia wilayah tropis, serta Indonesia dan Papua Nugini.

Petugas belum bisa memastikan dari mana asal paruh yang diselundupkan berasal dan berharap penyidik dapat mengungkap kasus ini.   Kebutuhan data DNA Forensik Rangkong Gading penting untuk membantu penelurusan mendalam. Seperti sumber populasi, komposisi umur, dan jenis kelamin. Informasi ini sangat penting untuk mengetahui dampak populasi, yang kemudian diterjemahkan bagaimana aksi konservasi efektif.



Bijak berkata satu Jaminan,
Burung Enggang terancam karena ada pasaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...