Minggu, 11 Agustus 2019

KALANGAN LGBT INDONESIA KIBARKAN MERAH PUTIH DI PARADE LGBT NEW YORK PRIDE 2019.

NusanTaRa.Com
byLaDollaHBantA, 04/07/2019



LGBT Gay Pride 2019 Merupakan hari kebesaran kaum LGBT (Lesbian, Gay, Biseksisual dan Transgender) yang ke-50 yang hampir dirayakan di semua kota-kota besar di dunia, dimana mereka mengekspresikan kegembiraan mereka dan menyampaikan matlamat kehidupan mereka di masyarakat.  Tak heran bila di kota seperti New York, Mexico City, Rio De Jenerio, London, Johanes Burg dan kota lainnya di dunia diramaikan dengan parade, pesta kaum LGBT dengan meriah, bendera dan payung pelangi turut menghiasi kegembiraan Gay Pride.

Perayaan yang jatuh pada setiap 28 Juni  di New York City,  sekaligus menandai ulang tahun ke-50 pemberontakan Stonewall,  berawal ketika polisi menyerang sebuah bar atau kedai minuman kelompok gay di Manhattan yang disusul oleh kerusuhan dan demonstrasi selama berhari-hari.  Kerusahan ini kemudian menjadi sebuah hari perjuangan kebebasan LGBT yang langgeng. Parade pride di kota ini pada Minggu (30/6) juga melewati  tempat bar kelompok gay yang menjadi punca kerusuhan tersebut.
Puluhan ribu orang di berbagai kota di dunia berpartisipasi dalam pawai gay pride atau perayan hak-hak kelompok LGBT (lesbian,gay, biseksual dan transgender), termasuk sebuah pesta meriah di Meksiko,  pawai gay pride pertama di ibu kota Makedonia Utara, Skopje dan Parade LGBT di New York City yang meriah.   Di Meksiko Parade kelompok LGBT dalam rangka Gay Pridedi sepanjang Avenu Paseo de La Reforma berlangsung diikuti  Pasangan, keluarga, dan para aktivis LGBT berbondong-bondong turun ke jalan untuk menunjukkan keberagaman orientasi seksual yang ada di Meksiko.

LGBT Gay Pride 2019 Pernikahan sesama jenis secara sipil sudah sah di Mexico City sejak 2007, sementara perkawinan gay disahkan pada 2009. Sejumlah negara bagian Meksiko juga melegalisir pernikahan sesame jenis. Tetapi peserta pawai pride ini mengatakan, Meksiko masih panjang jalannya sebelum menjadi lebih toleran dan menerima kelompok LGBT sepenuhnya.

Indonesia sebagai Negara yang memiliki golongan LGBT  cukup banyak tentunya  peringatan 28 juni tidak luput dari perayaan golongan LGBT meski tidak sebesar di Negara-negra luar mengingat masih terbatas gerakan ini dengan berbagai kendala social, agama dan hukum yang ada.   Besarnya antusias LGBT Indonesia dalam menyambut perayaan ini terlihaat beberapa LGBT di Kota merayakannya meski dengan tertutup dengan kalangan mereka sendiri,  bahkan beberapa LGBT tanah air sampai datang ke kota-kota besar dunia seperti New York untuk merayakan bersama di sana.

Mungkin diantara kita masih ada yang masih mengingat dengan mantann artis cilik kita dahulu Renaldy yang kini telah dewasa dan berganti menjadi wanita dengan nama Dena Rachman,  Dena memilih untuk menjadi perempuan  dengan melakukan operasi kelamin di tahun 2014.   Dena Rachman  yang mantan artis cilik tersebut merupakan salah satu LGBT  Indonesia yang hadir dalam sebuah pagelaran New York Pride 2019, dalam akun instagram pribadinya  terlihat jika Dena selaku transgender membawa bendera Indonesia di acara parade New York.

Dalam barisan Parade LGBT Gay Prade tersebut  beberapa teman-temannya Dena dengan mengenakan pakaian semarak dengan warna-warni serta ada yang mengenakan pakaian ala adat Bali.  Dena sendiri dalam Parade itu mengenakan baju berwarna ungu panjang  dengan caption,  " Proud to be Indonesia Proud to be trans Proud to be human Happy #pridelovers!  “.

Penglibatan LGBT Indonesia inipun menuai pro dan kontra  dari kalangan netizen Indonesia, terlebih kehadiran mereka tidak sebagai utusan Negara sebagai ungkapan kalangan Kemenlu, melainkan inisiatip pribadi mereka masing-masing sebagai kaum LGBT dunia.  Ada akun bernama papah Edwan yang justru menuliskan komentar bangga. " SO proud of u @denarachman “ demikian dengan Aming selaku sahabat juga mem-posting gambar hati di kolom komentar tersebut.

Namun ada juga netizen yang beranggapan jika Dena seharusnya tidak usah membawa-bawa nama Indonesia di parade yang dikenal sebagai acara komunitas LGBT tersebut.  "  Tolong lah jangan bawa-bawa gituan pake nama Indonesia  ", Ujar SiDin  salah satu komentar yang kontra. 



Aming hidung lebar cantik juga,

LGBT Gay Pride lahir di New York  Amerika.

1 komentar:

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...