Sabtu, 31 Agustus 2019

ASN JAKARTA TOLAK PEMINDAHAN IBU KOTA NEGARA DAN TAK MUTLAK SEMUA ASN HARUS PINDAH.

NusanTaRa.Com
byMuhammaDBakkaranG, 30/08/2019



Pada tahap pertama,  pemerintah merencanakan memindahkan sekitar 200 ribu kepala Keluarg (KK) Aparatur Sipil Negara (ASN), pernyataan ini dikeluarkan pasca merilis gambaran desain ibu kota baru sehubungan rencana pemindahan ibu kota Negara Jakarta ke Kalimantan yang dalam tahap pembahasan.   Sebagaimana diungkapkan  Ketua Tim Kajian Pemindahan Ibu Kota Negara, Imron Bulkin  mengenai target pemindahan ASN ke Kalimantan dan ini diperkirakan akan diikuti sekitar 1,5 juta pendatang di kota tersebut.

Target pemindahan ASN ke ibukota Negara RI yang baru di Kalimantan sebanyak 200 ribu KK serta 1,5 jiwa  non ASN, maka Indonesia Development Monitoring (IDM) menjalankan survey dikalangan ASN Jakarta terkait rencana ini.  Hasilnya Mayoritas Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) menolak rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Pulau Kalimantan yang berdampak  pada kepindahan mereka. 
Desain Ibu kota negra Baru di Semboja jar.
Harly Prasetyo direktur Eksekutif IDM  dalam keterangannya menyebutkan, survei dalam bentuk tanya jawab dilakukan terhadap 1.225 responden ASN   mewakili 800 ribu PNS yang bertugas di pemerintahan pusat.  Survei IDM yang digelar  7 hingga 20 Agustus 2019 lalu, terkait pemindahan pusat pemerintahan dan ibu kota Negara ke Kalimantan,  terungkap  94,7 persen ASN menolak ibu kota dan pusat pemerintahan dipindahkan ke Kalimantan.   “ Hasilnya sebanyak 94,7 persen ASN menolak ibu kota dan pusat pemerintahan dipindahkan ke Kalimantan. Sebanyak 3,9 persen setuju, sisanya abstain ”, Ujar SiDin Harly.

Alasan penolakan responden diantaranya  93,7 persen menyatakan khawatir dengan fasilitas kesehatan dan pendidikan anak yang kurang bermutu,  Sebab sarana yang berkualitas banyak di DKI Jakarta.   “ Sebanyak 92,6 persen ASN menyatakan gaji dan pendapatan mereka tidak akan mencukupi biaya hidup mereka di ibu kota baru  ”, Ujar SiDin Harly.   Sebanyak 78,3 persen akan mengajukan pension dini dari tugas, 19,8 persen akan ikut pindah dan sisanya menjawab tidak tahu.

Menanggapi kemungkinan banyaknya ASN  Jakarta yang keberatan untuk dipindahkan ibukota Negara baru di Kalimantan (Samboja jar),  Ketua Tim Kajian Pemindahan Ibu Kota Negara, Imron Bulkin menyatakan pemberian insentif awal  dan pembangunan   rumah vertikal alias apartemen yang berstatus pinjaman kepada ASN yang pindah.     Perumahan dinas, dipinjamkan, sampai tugas dinasnya selesai  ”, Ujar SiDin Imran. 

Untuk lebih memudahkan mengantsipasi kesulitan pemindahan ASN dari Jakarta tersebut, Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta pemerintah menentukan kementerian mana yang akan dipindahkan ke ibu kota baru,   Saat ini ada sekitar 4,3 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menanti keputusan apakah akan terkena transmigrasi atau tidak sehingga memudahkan dalam perhitungan sikap.     Jadi, ini bukan masalah kotanya. Misalnya pindah, itu kementerian mana saja yang wajib pindah, mana yang tidak wajib pindah  ”, Ujar SiDin Haria Wibisana Kepala BKN  di Jakarta, Senin (19/8/2019).

  Kami sih sudah mencoba mengantisipasi, kira-kira yang ini harus pindah, yang ini bisa di daerah. Tapi, nanti dalam jabatan seperti apa, kalau semuanya satu direktorat ke sana, atau bisa sebagian saja, dan sebagian lain bisa terkoneksi dengan internet, secara digital, itu masih dalam pertimbangan  ”, Ujar SiDin Bima Haria.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Syafruddin menuturkan, pihaknya sudah mengantongi perkiraan awal data terkait dengan pemindahan ASN itu yang diperkirakan sekitar 800 ribu orang.    Tinggal ibu kotanya di mana, tinggal pindah  ”,  Ujar  SiDin Syafruddin.   Semua ASN yang akan bertugas ke Kalimantan (Semboja jar) harus sipa pindah karena ini tugas, meski diperkirakan ada beberapa ASN tidak pindah karena  bertugas untuk urusan layanan publik  di Jakarta ujar Bima Haria.

  
Tari Condet  di gelar di Semboja,

Banyak ASN keberatan ibu kota pindah dari Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...