Kamis, 14 Februari 2019

UNTUK MELINDUNGI KOLONINYA SEMUT HEROIK INI MELEDAKAN DIRINYA

NusanTaRa.Com
byMuhammaDBakkaranG, 26/4/2018


Meledakkan diri mungkin akan mengingatkan kita pada peperangan terutama yang dilakoni para Teroris untuk memperjuangkan tuntutannya,  Mngkin hal ini menjadi lain jika aksi meledakkan diri itu dilakoni oleh sekumpulan semut di kehidupannya untuk membela diri !!!.  Fenomena ini  akan kita temukan pada dunia  semut jenis Colobopsis explodens yang rela meledakkan tubuhnya sendiri ketika melihat predator atau musuhnya akan menyerang atau membahayakan koloninya.

Keberadaan  semut yang memiliki kemampuan untuk   meledakkan dirinya sendiri telah ditemukan bahkan telah ditulis dalam literatur penelitian di awal 1900-an, namun sejak  tahun1935 para imuwan tidak pernah lagi menemukan spesies baru tersebut.  Untuk meyakinkan para ahli tentang spesies tersebut serta memberikan info terkininya, para  tim peneliti dari berbagai bidang keahlian, seperti ahli serangga, ahli botani, ahli mikrobilogi dan ahli kimia yang berasal dari Austria, Thailand, dan Indonesia tergerak untuk meneliti ulang keberadaan spesies tersebut dan mereka memutuskan  menjelajahi hutan di Asia Tenggara.  Selama penelitian tersebut mereka melakukan lima perjalanan terpisah selama 30 hari antara tahun 2014 hingga 2016.

Ternyata perjalanan panjang dan memakan waktu tersebut bagi para peneliti tidak sia-sia, karena dibeberapa lokasi observasi mereka menemukan si Semut pemberani dan mulia itu sebagai bukti baru untuk menguatkan tentang gambaran lalu mengenai semut tersebut yang disebut  semut Colobpsis explodens, ini tentunya akan memberikan tambahan baru tentang kehidupannya.

Selama observasi itu mereka mengamati dengan seksama tentang kehidupannya dan habitatnya dialam yang sangat menyenangi lingkungan yang bertumbuhan seperti hutan dan semak karena  mudah  mendapatkan  makanan dan kehidupan sehari-hari.   Apa yang lebih menarik bahwa para peneliti tersebut mengamati sikapnya yang sangat heroik bahwa ia berani meledakkan dirinya untuk melindungi koloninya.   Mereka menemukan bagaimana semut  Heroik yang kecil ini yang bertebaran dari lantai hutan hingga kanopi dengan spontan meledakkan dengan  mencabik-cabik dirinya ketika menemukan Predator atau musuh yang ditemui akan merusak dan mengganggu rekannya dalam satu koloni. 

Para ahli mengungkapkan, saat koloni terancam maka semut pekerja kecil akan mencabik tubuh mereka sendiri,  sehingga hal tersebut  membuat semut pekerja tewas dan meledak hingga mengeluarkan cairan khusus yang dapat membahayakan bagi predator.    Cairan yang keluar dari tubuh mereka itu ternyata lengket dan beracun yang mampu membunuh atau mengusir predator dari sarang,  dilansir dari New Atlas, Senin (23/04/2018). Dengan kata lain, semut ini meledakkan dirinya sendiri agar koloninya selamat dari pemangsa yang akan mengancam. 

Observasi ini tidak  hanya menemukan semut pekerja yang meledakkan diri tapi anggota semut lainnya juga menunjukkan perilaku aneh ketika berhadapan dengan predator.   Saat para semut pekerja berkorban, semut pekerja yang lebih besar membentuk barikade dengan kepala mereka yang lebih besar dan berbentuk bilah-bilah. Ini mungkin bertujuan agar agar predator tidak masuk ke sarang.   Seperti diketahui, semut memang merupakan salah satu hewan berkoloni dengan kemampuan kerjasama yang luar biasa kompak dan disiplinya.

 Penelitian tersebut sudah terbit di Jurnal Zookeys, dan penelitian tersebut membuat Colobpsis explodens menjadi dasar pengamatan para ahli untuk meneliti tentang semut dan keunikan koloni mereka.   Harapan lain para  ahli  bahwa mereka masih berharap akan segera dapat  menemukan sejumlah lain semut yang memiliki kemampuan rela meledakkan dirinya tersebut.
dr,KompasCom25/4/2018, MichaelHangga Wismabrata


Enjit - enjit Semut,
Kelompok yang kompak akan tenang dan Selamat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...