Senin, 04 Februari 2019

RIZKA RAISA KOMIKER DENGAN KARYA “ CIPTA “ MERAIH KOMIK TERBAIK UNICEP PBB

NusanTaRa.Com
byIndaHPalloranG, 27/Januari/2019


  Aku ngalamin senioritas waktu baru masuk SMA, diteriakin, dibikin malu. Temanku pernah dilempar senior pakai gelas plastik berisi es  ”, Ujar SiGaluh Rizka Raisa.   Pengalaman dirisak ini mendorong Rizka Raisa Fatimah Ramli remaja 17 tahun asal Makassar Sulsel untuk menggambar sebagai ungkapan rasa kesal terhadap sesuatu yang dialaminya.      Saya lebih nyaman speak up lewat gambar. Kalau berhadapan langsung dengan orang lain, apalagi dengan yang tidak dekat, sulit sekali ngomong. Dengan gambar saya merasa lebih bebas bereskpresi  ”, Ujar SiGaluh  Rizka.

Siapa sangka kebiasaan positip mengekspresi segala kedongkolan atau sesuatu yang ia alami dalam wujut speak up telah mengatarkan Rizka Raisa sebagai JUARA  komik  dunia yang diselenggarakan badan kesejahteraan dan pendidikan anak Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB),  UNICEF dan Comics Uniting Nations.  Komik yang ia buat dengan Tajok “ CIPTA “ mampu mengalahkan lebih dari  3.600 karya dari sekitar 130 negara di dunia, oktober 2018 lalu.

Lomba Komik yang diselenggarakan UNICEP  diikuti anak-anak dari seluruh dunia ini, setiap peserta diwajibkan mmembuat komik dengan focus cerita karakter superhero yang bisa mengalahkan tokoh jahat, yang selalu membungkam anak-anak yang ingin berbicara melawan kekerasan di sekolah.  Rizka Raisa menciptakan  karakter superhero bernama “ Cipta  “ dengan buku Sketsa Ajaibnya yang mampu memberikan kekuatan super heronya menghidupkan dan mengontrol benda-benda yang digambar di buku sketsa ajaibnya dan diberikan kepada anak-anak yang takut bersuara melawan kekerasan di sekolah.


Komik “  CIPTA “ dibuat Rizka Raisa  berdasarkan pengalaman pribadinya, karakter superhero ini dibuat Rizka dengan mengambil inspirasi dari berbagai karakter kartun idolanya: di antaranya Velma dari Scooby Doo, Dora the Explorer serta Chara dan Frisk.     Inspirasinya berasal dari banyak sumber. Dari kecil saya suka main game, baca komik. Semua ingatan itu bergabung menjadi satu. Semuanya tercampur aduk  ”, Ujar SiGaluh Rizka Raisa.

Bagi Rizka Raisa dunia yang semakin komplik dengan beragam problem  yang dihadapi anak-anak seusianya membutuhkan  inspirasi dalam menghadapi tantangan hidup global,   terutama mereka yang seperti dirinya, yang suaranya jarang didengar atau terpaksa diam.     Kan nggak semua anak jago bicara. Ada anak pemalu, merasa nggak nyaman ngomong langsung. Mesti ada acara lain di mana mereka tak harus ngomong secara verbal  “ dan    Mereka bisa menggunakan berbagai macam media. Misalnya Cipta, dengan mengungkapkan perasaan lewat menggambar itu salah satu cara buat dia speak up setidaknya untuk dia sendiri  ”, Ujar SiGaluh Rizka Raisa.

Komik Super Hero “ CIPTA “  karya Rizka Raisa setelah dinyatakan sebagai pemenang,  maka karya itu harus dirampungkan seluruh jalan cerita dan ilustrasi komiknya yang kemudian akan dicetak pada Juli 2019.   Dari semua pekerjaan pembuatan komik ini bagi Rizka Raisa merupakan tantangan yang harus ia rampungkan sebelum dicetak daan dibagi-bagikan UNICEP,     Saya lebih suka menggambar. Yang paling susah itu menentukan ceritanya  ”, Ujar SiGaluh Rizka Raisa.

Kebanggaan lain yang akan diperoleh Rizka Raisa Fatimah Ramli dari karya Komik “ CIPTA “  tersebut, bahwa kemenangan tersebut akan membuatnya diperkenalkan  di markas Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di New York.   Bagaimana tidak, Juli 2019 komiknya tersebut akan dipamerkan di Forum Politik Tingkat Tinggi tentang Pembangunan Berkelanjutan di Markas Besar PBB, New York. Dan Rizka akan diterbangkan, ikut berada di sana.

Komik “ CIPTA “ karya Rizka Raisa akan dicetak UNICEP  dan disebarkan ke lebih dari 100.000 sekolah di seluruh dunia.   Prestasi ini adalah gerbang bagi Rizka untuk meraih cita-citanya sebagai illustrator, sehingga Rizka Raisa   ingin berkuliah di Insitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta atau Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB) agar bisa membuat bakat tersebut lebih baik dan lebih bermanfaat. Pilihan untuk berkuliah di luar negeri juga dipertimbangkannya.

Namun apa yang lebih penting dari semua prestasi tersebut bagi Rizka Raisa bahwa ia berharaf semua itu aka bermanfaat dan menginspirasi manusia untuuk hidup lebih manusia dan sukses.     Setelah komik Cipta keluar, semoga bisa menginspirasi teman-teman jadi kreatif. Karena mengekspresikan diri, selain bisa mengembangkan bakat juga bisa melepaskan stress. Saya juga berharap mereka bisa speak up buat diri mereka sendiri  ”, Ujar SiGaluh Rizka Raisa.

Rizka Raisa Fatimah Ramli  Kepada Tribun Timur, Sabtu (12/1/2019)  bercerita mengenai kegemaran dan keahliannya dalam menggambar komik.    Saya mulai suka menggambar dari SD dan serius pas SMP   ", Ujar SiGaluh Rizka Raisa dara kelahiran Makassar 22 Januari 2001.   Dara ini memiliki banyak karya komik yang ia buat sebelum mengikuti kejohanan Komik tersebut yang kemudian ia simpan kedalam Website pribadinya yang jarang diketahui sahabatnya.

Komik-komik yang diciptakannya berasal dari kisah kesehariannya dan kisah para sahabatnya yang kemudian secara spontan ia tuangkan dalam tulisan, sebagian besar karya – karya tersebut belum diberikannya judul.   Untuk menyempurnakan karya tersebut Rizka Raisa menambahkannya dengan gambar-gambar yang  biasanya  ia gambar dengan tangan dan laptop dengan aplikasi Medibang dan Photoshop.  Gambar itu biasa ia selesaikan dalam sehari kalau sederhana tapi kalau rumit bisa hingga satu hingga dua bulan.

Berikut biodata Riza  

Nama Lengkap :  Rizka Raisa Fatimah Ramli  
Nama Panggilan :  Rizka  
Tempat, Tanggal Lahir :  Makassar, 22 Januari 2001 
Agama :  Islam 
Status :  Pelajar SMA 2 Mks
Anak :  keempat dari empat bersaudara  
Nama Ayah :  Ramli Rajulang  
Nama Ibu :  Usmiati Usamah  
Alamat Rumah :  Minasa Upa  
Tinggi :  165  
Berat Badan :  67  
Hobi ;   Menggambar, tidur, baca komik  
 

Gambar Kartun bahasa Komik kreatip,
Komik CIPTA komik terbaik 2019 UNICEP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...