Sabtu, 13 Juli 2019

PUTRI OTONOMI DAERAH 2019 TABITHA VIVI WIJAYANTI, " SAYA INGIN MEMBAWA PERUBAHAN ".

NusanTaRa.Com
byRaisALembuduT, 07/07/2019



Tabitha Vivi Wijayanti dari Kabupaten Kutai Barat  terpilih menjadi Putri Otonomi 2019 yang digelar Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dalam ajang  Otonomi Expo pada 5 Juli lalu. Gadis kelahiran 24  April 2003 ini meningkatkan prestasinya setelah menangkan-Duta Wisata Kutai Barat 2018.  Dara yang masih duduk di bangku SMA ini menyabet Juara Harapan 1 Penyuluhan Narkoba tingkat kabupaten Kutai Barat dan Juara 2 fashion show STB 2018.  Prestasi yang membanggakan di usia remaja.

Berikut hasil wawancara dengan Tabitha melalui pada Sabtu (6/7/2019) ;

Bagaimana komentar Tabitha terpilih sebagai Putri Otonomi Daearah 2019, sekaligus menjadi duta Apkasi?

Saya sangat bersyukur dan senang menjadi Putri Otonomi Daerah.  Bisa berada di antara wanita-wanita cantik dan cerdas dari seluruh Indonesia hal yang tidak terbayangkan.  Ternyata juri memilih saya itu benar-benar  sesuatu yang luar biasa .

Ajang ini adalah ajang yang diikuti oleh kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia. Saya berharap melalui ajang ini saya dapat berkontribusi lebih untuk memperkenalkan potensi yang ada di Kabupaten Kutai Barat kepada daerah-daerah lain yang ada di seluruh Indonesia.

Bagaimana persiapannya?

Persiapan khusus sebenarnya tidak ada. Saya hanya berusaha untuk menampilkan yang terbaik. Saya sadar saya tampil tidak atas nama saya sendiri tapi atas nama seluruh warga Kutai barat. Yang membuat saya bisa menampilkan semuanya dengan maksimal adalah karena banyaknya dukungan dari orang-orang  disekitar terkhusus keluarga, juga Kak Albert,  Kak Titin dan Kak joe yang selalu mendampingi, mendorong dan memberikan saran. Dan yang terakhir saya selalu berdoa dan tidak menjadikan lomba ini sebagai beban.

Otonomi daerah itu apa menurut Tabitha ?

Menurut saya otonomi daerah itu adalah kesempatan bagi putra putri daerah untuk mengembangkan kearifan lokalnya karena merekalah yang lebih memahami potensi yang ada di daerah mereka.

 Apa Rencana Anda sebagai Putri Otonomi Daerah ?

Saya  berharap dapat melakukan hal baru dan hal besar dengan tanggung jawab saya.  Saya menyadari punya keterbatasan sebagai seorang pelajar.  Maka hal-hal pokok yang dapat saya lakukan  mengoptimalkan promosi melalui teknologi digital , mempengaruhi generasi muda lainnya agar punya kesadaran untuk mengembangkan potensinya dalam berbagai kegiatan postitif.

Karena sekarang saya mempunyai banyak teman-teman hebat dari seluruh Indonesia. saya harap nantinya kami dapat bekerja bersama-sama, berbagi perkembangan daerah masing-masing. Sehingga kami bisa tahu apa yang menjadi kekurangan di daerah masing-masing.

Sebelumnya, Tabitha  Duta Wisata Kutai Barat, apa pengalaman yang didapat ?

Saya banyak belajar lebih tentang pariwisata Kubar dan tidak hanya itu.  Melalui duta wisata saya lebih dikenal orang dan banyak dipercayakan untuk ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang menambah wawasan saya. Yang menjadi bekal saya mengikuti putri otonomi.

Apa tempat wisata favorit  Tabitha di Kutai Barat apa ?

Ada banyak tempat wisata dikubar dan semuanya menarik.  Namun yang paling saya suka adalah Jantur Inar.  Saya suka karena legendanya menarik dan air terjun tersebut merupakan air terjun tertinggi di Kubar. Dari jauh kita bisa merasakan banyak percikan air yang sejuk dan di bawah air terjun kita bisa melihat banyak pelangi akibat pembiasan cahaya dan air terjunnya.
Jantur Inar-Foto: Dokumen Pribadi/Instagram.

Kuliner favorit Kutai Barat yang Tabitha suka apa ?  Apa istimewanya ?

Tempoyak durian adalah yang paling saya suka. Makanan ini adalah hasil fermentasi durian dan bisa dimasak dengan ikan, saya sangat suka rasanya yang unik dan hanya bisa dimakan saat musim durian. Saya sendiri tidak terlalu suka makan durian langsung, tapi jika dijadikan tempoyak saya sangat suka.

Produk kesenian kutai Barat yang menarik apa ?  Bisa cerita ?

Ada banyak produk kesenian Kubar yang menarik sebenarnya namun yang paling saya suka adalah tenun Doyo, tenun ini terbuat dari serat daun Doyo, sejenis pandan namun lebih lebar, tenun ini sangat cantik, pewarnanya juga alami.

Cita cita Tabitha sebetulnya apa ?

Saya ingin jadi seorang enterpreneur karena saya ingin menjadi seorang tokoh inspiratif yang mampu membawa perubahan dan saya rasa impian saya bisa terwujud melalui bidang enterpreneurship seperti tokoh-tokoh idola saya yaitu Oprah Winfrey, Robert Kiyosaki dan sebagainya.
DrMajalaHPeluanG, 06/07/2019

Burung Enggang diangkasa mengitari umah,
Tabitha dari merak 2019 jadi Putri otonomi daerah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...