Senin, 08 Juli 2019

ALI MAZI BERDAYAKAN ASPAL BUTON BAGI KEMAJUAN INDONESIA

NusanTaRa.Com
byMuhammaDBakkaranG, 30/05/2019   



Gubernur Sultra  Ali Mazi menjelaskan, setelah uji lapangan aspal Buton merupakan aspal terbaik di dunia dengan kandungan deposit sekitar 663 juta ton, bernilai uang Rp 331 Triliun dengan jangka waktu pengolahan 100 tahun.     Hasil uji tersebut menunggu dikeluarkan SNI dari perindustrian dan BPPT  ”, Ujar SiDin Ali Mazi.   Sebagai pimpinan daerah  Ali Mazi mengaku bahagia,  penggunaan aspal Buton tidak saja berarti memanfaatkan Sumber Daya Alam Sultra yang melimpah,  tetapi akan menumbuhkan sektor-sektor kehidupan lainnya yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Sultra. 

Politisi Partai Nasdem  Ali Mazi, pihak Kementerian ESDM juga memaparkan bila aspal Buton penting segera diolah untuk mengurangi nilai impor Indonesia sebesar 75 % aspal  yakni 1,3 juta ton hingga 1,7 juta ton per tahun atau 500 juta USD impor per tahun.     Ditarget dalam kurun waktu 2 tahun aspal Buton telah digunakan seluruh pembangunan infrastruktur jalan di seluruh Indonesia dengan sasaran Indonesia mengurangi signifikan impor aspal  ”, Ujar SiDin Luhut Binsar Panjaitan.    

Menko Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan  dalam rangka pemanfaatan penggunaan aspal Buton, meminta segera menggelar rapat teknis perhitungan berapa kebutuhan impor atau permintaan dalam negeri seperti aspal jalan negara, aspal provinsi, kabupaten, dan jalan desa. Rencananya kata Luhut, rapat teknis itu akan digelar pada 3 Juni 2019 mendatang.

  Mari berdoa bersama agar Sulawesi Tenggara akan menjadi provinsi yang maju sejahtera dan bermartabat.  Semoga Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa mengabulkan doa-doa kita, Amin  ”, Ujar SiDin Ali Mazhi. Setelah beliau mengikuti  Rapat Koordinasi  (Rakor),  Senin (27/5/2019) di Kantor Kemenko Maritim Jakarta yang dipimpin langsung oleh Menko Kemaritiman RI.

Luhut Panjaitan dan Ali Mazi rakor Aspal Buton
Kata Luhut, penggunaan aspal Buton secara bertahap bisa mengurangi impor secara signifikan, bahkan bisa mencapai 50%.    Ya bertahap secara bertahap akan bisa nanti sebanyak itu (impor berkurang 50%) mungkin sampai US$ 500 juta ya, kan lumayan jadi CAD kita itu jadi mengecil. Kan semua kita lagi sisir nih mana-mana yang impor tidak perlu bisa dibuat dalam negeri   ”, Ujar SiDin  Luhut . 

Wakil Ketua DPD KNPI Kabupaten Buton, Muhammad Risman ikut mengapresiasi langkah Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan  meminta agar aspal Buton secepatnya dioptimalkan.     Kami minta secepatnya pemerintah mengoptimalkan aspal Buton  ”,  Ujar Risman, Sabtu (4/5/2019).   Menurut Risman, optimalisasi aspal Buton selain untuk meningkatkan pendapatan negara juga berdampak pada peningkatan pendapatan di daerah seperti di Kabupaten Buton sendiri.

Kata Risman, aspal di Buton sudah diolah puluhan tahun. Namun ternyata hingga kini aspal Buton belum dijadikan sebagai bahan baku pembangunan jalan di seluruh wilayah Indonesia. Ini berarti tidak ada regulasi yang baik.   Maka, disarankan Pemerintah Pusat melalui Keputusan Presiden (Kepres) segera membuat regulasi tentang penggunaan aspal Buton yang bakal dijadikan bahan baku pembangunan jalan di seluruh Indonesia.

  Jangan kemudian pemerintah hanya heran mengenai aspal impor tetapi harus sikapi untuk selesaikan dan putuskan, segera dibuatkan regulasi terkait aspal Buton ini  ”, Ujar SiDin Risman.      Dan kemudian pabriknya jangan di Jatim tetapi harus di Buton, ini aspal Buton pabrik nya di jatim. Ada apa, begitu?  ”, Sambung Risman. 

Gubernur Sutra Ali Mazi
LaRata  penjual  besi Tua,
Pemanfaatan  aspal Buton memajukan Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...